3 Khutbah Jumat Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, Menyentuh Hati!

27 Juni 2024 17:39 WIB
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, Menyentuh Hati!
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, Menyentuh Hati! ( )

Sonora.ID – Berikut beberapa teks khutbah Jumat menyambut tahun baru Islam 1446 H menyentuh hati, yang bisa dijadikan referensi bagi yang membutuhkan.

Tidak lama lagi umat muslim akan merayakan momen pergantian Tahun Baru Islam.

Tahun baru hijriyah atau disebut juga tahun baru Islam merupakan salah satu hari penting bagi umat muslim.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 terbitan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah atau 1 Muharam jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Tahun baru hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil i'tibar (pelajaran) dari peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.
 

Dalam peristiwa hijrah tersebut, umat muslim hendaknya mengambil makna dan pesan yang terkandung. Terutama dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.
 
Maka dari itu, khutbah Jumat tahun baru Islam 1446 H merupakan tema yang pas untuk disampaikan oleh para khatib.
 
Khutbah Jumat menyambut tahun baru Islam 1446 H bisa menjadi salah satu jalan agar umat muslim bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT menyambut Tahun Baru Islam 2024.
 
1. Khutbah Jumat Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَوَّرَ قُلُوْبَ أَوْلِيَائِهِ بِأَنْوَارِ الْوِفَاقِ، وَرَفَعَ قَدْرَ أَصْفِيَائِهِ فِيْ الْأَفَاقِ، وَطَيَّبَ أَسْرَارَ الْقَاصِدِيْنَ بِطِيْبِ ثَنَائِهِ فِيْ الدِّيْنِ وَفَاقَ، وَسَقَى أَرْبَابَ مُعَامَلَاتِهِ مِنْ لَذِيْذِ مُنَاجَتِهِ شَرَابًا عَذْبَ الْمَذَاقِ، فَأَقْبَلُوْا لِطَلَبِ مَرَاضِيْهِ عَلَى أَقْدَامِ السَّبَاقِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْبَرَرَةِ السَّبَاقِ، صَلَاةً وَسَلَامًا اِلَى يَوْمِ التَّلَاقِ

أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةً صَفَا مَوْرِدُهَا وَرَاقَ، نَرْجُوْ بِهَا النَّجَاَةَ مِنْ نَارٍ شَدِيْدَةِ الْإِحْرَاقِ، وَأَنْ يَهُوْنَ بِهَا عَلَيْنَا كُرْبُ السِّيَاقِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَشْرَفُ الْخَلْقِ عَلَى الْاِطْلَاقِ، اَلَّذِيْ أُسْرِيَ بِهِ عَلَى الْبُرَاقِ، حَتَّى جَاوَزَ السَّبْعَ الطِبَاقَ

أَمَّا بَعْدُ، أَيُّهَا الْاِخْوَانُ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ، بِامْتِثَالِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. وَقَالَ أَيْضًا: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Ma’asyiral muslimin hafidhakumullâh.....

Dalam mengawali khutbah Jumat ini, khotib berpesan kepada diri sendiri dan seluruh jamaah agar selalu menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Jelang akhir tahun 1445 H, khotib juga mengajak untuk selalu meningkatkan rasa iman dan takwa dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Jamaah Jumat, hafidhakumullâh.....

Tahun baru Islam akan segera berganti. Setelah menikmati 1445 H yang penuh dengan kemuliaan, umat Islam bakal memasuki era baru, yakni tahun 1446 Hijriah yang dimulai hari Minggu, 7 Juli 2024.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm