Lindungi Kesehatan Ibu dan Anak, BKKBN Ingatkan Pentingnya KB Pascapersalinan

27 Juni 2024 23:07 WIB
Kegiatan Harganas 2024 di Semarang, Jawa Tengah
Kegiatan Harganas 2024 di Semarang, Jawa Tengah ( Dok BKKBN)

Semarang,Sonora.Id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berupaya setiap ibu pascapersalinan sebelum pulang dari fasilitas kesehatan sudah di pasang kontrasepsi.

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Dr. Drs. Wahidin, M.Kes, dalam kegiatan Apresiasi KB Pasca Persalinan “ASIK KBPP-Bidan”, Selasa (25/06/2024).

"BKKBN terus berupaya dan berharap, Ibu setelah melahirkan sebelum pulang dari fasilitas kesehatan atau rumah bersalin berkenan untuk dipasang alat kontrasepsi, dengan KB pascapersalinan (KBPP) memberikan jeda yang cukup antar kehamilan. Sehingga kondisi kesehatan ibu bisa pulih sepenuhnya dan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dengan ASI eksklusif," ujarnya.

Saat ini, menurutnya, masih banyak ditemui ibu setelah melahirkan menolak dipasang kontrasepsi. Alasan menunggu 40 hari, atau takut dengan mitos-mitos terkait penggunaan kontrasepsi. Padahal bila tidak segera pasang kontrasepsi risikonya bisa terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. 

Berdasarkan laporan hasil pelayanan kontrasepsi tahun 2021 menunjukkan cakupan pelayanan KBPP masih sangat rendah, hanya sebesar 30,23% persen dari total persalinan. Pada 2022 mencapai 18,44% dari total persalinan dan pada tahun 2023 sebesar 49,1%. Capaian tersebut masih jauh dari target KBPP sebesar 70% pada tahun 2024.

"Salah satu kendala utama rendahnya capaian KBPP adalah adanya persepsi negatif terhadap KBPP yang dipengaruhi oleh norma-norma budaya, nilai-nilai agama, dan stigma sosial. Sehingga sangat diperlukan edukasi yang komprehensif dan mudah diakses oleh pasangan usia subur, ibu hamil dan ibu bersalin," ujar Wahidin.

Menurutnya, bidan dapat menjadi salah satu subjek penting dalam melaksanakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) KBPP kepada masyarakat. Adapun proporsi bidan saat ini cukup besar, menduduki urutan  kedua dari seluruh tenaga kesehatan di Indonesia.

"Bidan dapat memainkan peran penting dalam memberikan KIE kesehatan reproduksi dan KBPP yang berkualitas. Juga dalam memberikan pemahaman yang komprehensif serta mengubah persepsi Pasangan Usia Subur (PUS), ibu hamil, dan ibu pascasalin," urainya.

● *Sosial Media, Alternatif Sarana KIE KBPP*

Bidan Yuyun Beti Budiersih yang juga penggiat sosial media Tiktok @bidan ganteng, saat menjadi narasumber dalam Talkshow Kespro & KB Pascapersalinan dan Pengumuman Apresiasi KB Pasca Persalinan “ASIK KBPP-Bidan” mengungkapkan, bidan dapat menjadi ujung tombak dalam membantu BKKBN meningkatkan capaian pelayanan KBPP.

Melalui konten di Tiktok yang telah ditekuni selama lima tahun, bidan Yuyun berharap mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya terkait dengan kesehatan ibu dan anak. Ia juga berusaha menjawab mitos-mitos yang terlanjur berkembang di masyarakat, misalnya terkait penggunaan kontrasepsi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm