Menparekraf Kunjungi Pulau Kakaban, Apresiasi Pemkab untuk Jaga Danau Ubur-Ubur Tetap Lestari

6 Juli 2024 11:06 WIB
( )

Maratua, Sonora.ID - Setelah mengunjungi Pulau Derwan, Menteri Kemenparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati Berau Gamalis berkunjung dan melihat langsung pesona Pulau Kakaban, Kecamatan Maratua, pada Selasa (2/7/2024) sore.

Menjadi salah satu destinasi unggulan di kepulauan Maratua, Pulau Kakaban memiliki destinasi wisata yang didalamnya terdapat Ubur-Ubur tanpa sengat.

Di Danau Kakaban ada empat macam spesies Ubur-ubur tanpa sengat ini, yakni Ubur-ubur Bulan (Aurelia Aurita), Ubur-ubur Totol (Mastigias Cf Papua), Ubur-ubur Kotak (Tripedalia Cystophora), dan Ubur-ubur Terbalik (Cassiopea Ornata). Ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik paling banyak ditemui.

Mentri Sandiaga Uno, menyampaikan Pulau Kakaban akan menjadi ikon wisata dari Kabupaten Berau. Karena memiliki daya tarik tersendiri dan tidak dapat ditemui selain di Kabupaten Berau.

"Wisata ini memiliki fenomena Ubur-Ubur yang tidak menyengat," ungkap Mas Mentri sapaan akrab beliau.

Menurut informasi yang didapatkannya, Ubur-ubur tanpa sengat in memiliki empat spesies dan selama enam bulan terakhir keberadaannya menghilang.

"Menurut laporan dari pengelola, hal itu diduga akibat dari "over tourism" atau kelebihan wisatawan," ucapnya.

Sandiaga juga menghimbau kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, jika ingin menikmati alam di Danau Kakaban tidak berenang menggunakan make up ataupun skincare yang mengandung bahan kimia. Sebab, Ubur-Ubur ini sangat rentan terhadap bahan kimia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Berikan Apresiasi Tinggi kepada Pelaku UMKM dalam Mendukung Kemajuan Wisata di Berau

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm