Sonora.ID - Kesan dan pesan MPLS yang menarik bisa diberikan oleh peserta kepada kakak OSIS maupun kepada guru.
MPLS merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang digelar setiap tahun ajaran baru, kali ini adalah tahun 2024-2025.
Ini adalah momen di mana siswa-siswi mengenal lingkungan tempat belajarnya yang baru dan diikuti oleh kelas 1 SD, 7 SMP dan 10 SMA yang bertujuan untuk memudahkan siswa baru beradaptasi.
Dalam pelaksanaannya, siswa akan diberikan beberapa materi hingga diminta untuk mengerjakan tugas oleh panitia.
Salah satu tugasnya adalah menuliskan kesan dan pesan MMPLS yang menarik dan penuh semangat.
Baca Juga: 40 Alasan Masuk SMA untuk MPLS yang Menarik dan Penuh Semangat
Kesan: Saya merasa sangat antusias dalam mengikuti MPLS, karena ini adalah awal perjalanan di sekolah baru.
Pesan: OSIS dan panitia harus menyambut peserta MPLS dengan hangat dan ramah agar mereka merasa diterima di lingkungan sekolah baru.
Kesan: Saya merasa penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang lingkungan sekolah, fasilitas, guru, dan teman sekelas.
Pesan: Sampaikan informasi dengan jelas dan terperinci tentang jadwal, kegiatan, aturan, dan prosedur yang berlaku di sekolah.
Kesan: MPLS memberikan kesan keterbukaan dan sambutan yang hangat dari panitia dan siswa lainnya, membuat saya merasa nyaman dan diterima.
Pesan: Berikan bimbingan kepada peserta dalam menjelajahi fasilitas sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, dan area olahraga.
Kesan: Saya merasa semangat kebersamaan selama MPLS, di mana kami bisa saling berinteraksi, bekerja sama, dan berbagi pengalaman.
Pesan: Dorong peserta untuk berinteraksi dan saling kenal dengan teman sekelas dan siswa lainnya untuk membangun persahabatan baru.
Kesan: MPLS membantu saya meningkatkan rasa percaya diri dalam kegiatan yang menantang, dan memberikan kesempatan untuk tampil di depan orang lain.
Pesan: Berikan pengenalan tentang guru dan staf sekolah, sehingga peserta merasa lebih dekat dan dapat meminta bantuan jika diperlukan.
30 Kesan dan Pesan MPLS yang Menarik untuk Kakak OSIS dan Guru
Kesan: Saya merasa termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri setelah mendapatkan inspirasi dari kakak OSIS, atau guru yang terlibat dalam MPLS.
Pesan: OSIS dan panitia harus melibatkan peserta dalam kegiatan kolaboratif. Seperti tugas kelompok, diskusi, atau presentasi, untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerja sama.
Kesan: Saya merasa nyaman dalam lingkungan sekolah baru setelah mengikuti MPLS, karena telah diperkenalkan dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.
Pesan: Berikan pemahaman tentang pentingnya kedisiplinan dan etika di sekolah, serta konsekuensi dari pelanggaran aturan yang berlaku.
Kesan: MPLS memberikan kesempatan bagi saya untuk menjalin persahabatan baru dengan teman sekelas dan siswa lainnya.
Pesan: Kenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah dan dorong peserta untuk mengikuti kegiatan yang sesuai dengan minat mereka.
Kesan: Saya merasa lebih memahami aturan dan kebijakan sekolah setelah mengikuti MPLS, membantu saya beradaptasi dengan lingkungan baru.
Pesan: Ajarkan nilai-nilai positif, seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan, agar peserta membangun karakter yang baik.
Kesan: Saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya sekolah, tradisi, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi.
Pesan: Berikan informasi tentang layanan dan fasilitas pendukung di sekolah, seperti konselor, perpustakaan, dan ruang studi, agar peserta tahu di mana mencari bantuan jika diperlukan.
Kesan: Saya merasa didukung oleh panitia MPLS dan guru dalam menjawab pertanyaan, serta membantu saya menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
Pesan: Berikan pemahaman tentang keamanan di lingkungan sekolah, termasuk protokol kebakaran, evakuasi, dan tindakan darurat lainnya.
Kesan: Saya merasa senang dengan kesempatan yang diberikan dalam MPLS untuk menjelajahi fasilitas sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, dan area olahraga.
Pesan: OSIS dan panitia harus mendorong peserta untuk menjaga lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman, dengan mempraktikkan kebiasaan hidup sehat dan menjaga kebersihan.
Kesan: Saya memperoleh informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah, membuka peluang untuk bergabung dan mengembangkan minat mereka di luar kurikulum.
Pesan: Berikan penekanan pada pentingnya keseimbangan antara akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan waktu luang agar peserta memiliki pengalaman yang seimbang di sekolah.
Kesan: Saya mendapatkan pemahaman awal tentang kurikulum sekolah, mata pelajaran yang akan dipelajari, dan cara penilaian yang digunakan.
Pesan: Saya merasa didorong untuk bekerja sama dalam MPLS. Baik dalam tugas kelompok maupun dalam kegiatan lainnya.
Kesan: Saya merasa bahwa lingkungan pembelajaran di MPLS sangat mendukung, dengan guru dan OSIS yang peduli dan membantu mereka merasa termotivasi.
Pesan: OSIS dan panitia harus menyampaikan harapan dan ekspektasi yang jelas kepada peserta mengenai tingkah laku, kinerja akademik, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah.
Kesan: Saya mendapatkan gambaran awal tentang pilihan karier dan jalur pendidikan yang tersedia di sekolah, membantu mereka dalam mempersiapkan masa depan.
Pesan: Dorong peserta untuk aktif bertanya dan mengungkapkan pendapat mereka dalam lingkungan pembelajaran agar mereka merasa dihargai dan terlibat.
Kesan: Saya merasa lebih memahami peran sebagai siswa dan bagaimana dapat berpartisipasi dalam kehidupan sekolah.
Pesan: OSIS dan panitia harus memberikan dorongan kepada peserta untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang akademik, seni, olahraga, atau kegiatan lainnya.
Kesan: Saya melihat adanya penghargaan terhadap keberagaman dalam MPLS, dengan menghormati perbedaan budaya, agama, dan latar belakang peserta.
Pesan: Ingatkan peserta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dengan menjalani gaya hidup sehat, termasuk olahraga, makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.
Kesan: Saya merasa termotivasi untuk mencapai kesuksesan akademik dan non-akademik setelah mengikuti MPLS, karena melihat contoh dan mendapatkan dorongan dari OSIS dan panitia.
Pesan: Dorong peserta untuk menghormati perbedaan, baik itu budaya, agama, atau latar belakang lainnya, dan membangun lingkungan yang inklusif.