Materi MPLS SMA/SMK 2024 Resmi dari Kemdikbud RI dan Link Unduh (PDF)

10 Juli 2024 12:33 WIB
Materi MPLS SMA/SMK 2024 resmi dari Kemdikbud RI lengkap dengan link untuk mengunduh materinya (PDF).
Materi MPLS SMA/SMK 2024 resmi dari Kemdikbud RI lengkap dengan link untuk mengunduh materinya (PDF). ( KOMPAS TV)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan materi MPLS SMA/SMK 2024 resmi dari Kemdikbud RI lengkap dengan link untuk mengunduh materinya (PDF).

Apa itu MPLS? MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan program orientasi siswa baru yang diadakan oleh sekolah sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar. 

Tujuan diadakannya MPLS ini adalah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah; memperkenalkan berbagai hal yang perlu diketahui selama mereka berada di sekolah, seperti peraturan sekolah, sistem penilaian, dan fasilitas yang tersedia di sekolah.

Untuk MPLS PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK di tahun 2024 ini Kemdikbud RI mengangkat tema Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

Berikut ini materi MPLS SMA/SMK 2024 resmi dari Kemdikbud RI.

Baca Juga: 200 Teka-Teki OSPEK 2023 dan Jawaban: Makanan, Snack, Minuman, Barang

Linimasa Aktivitas

  • Mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking: 10 menit.
  • Mengajak peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua: 25 menit.
  • Mengajak siswa untuk menonton bareng film pendek pencegahan kekerasan: 20 menit.
  • Memainkan permainan Mitos dan Fakta: 5 menit.
  • Mengembangkan komitmen dan harapan melalui Kotak Harapan: 15 menit.
  • Memasang poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah: 15 menit.
  • Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan: 30 menit.
  • Sebarkan aksimu melalui kampanye Media Sosial: 15 menit.

Catatan:

  • Aktivitas kreatif ini dapat dilakukan secara berurutan dalam waktu 135 menit (3 JP).
  • Setiap aktivitas di atas bisa dilakukan sewaktu-waktu menyesuaikan program MPLS yang sudah disiapkan Satuan Pendidikan. 
  • Setiap aktivitas dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk proses belajar mengajar di kelas.

Materi MPLS SMA/SMK 2024 Resmi dari Kemdikbud RI

(1) Rekomendasi Ice Breaking Jenjang SMA/SMK

Garis Kehidupan

Durasi 15-20 Menit

Tujuan:

Mengajarkan siswa untuk belajar memahami apa yang terjadi kepada orang lain dan menumbuhkan rasa empati atas apa yang terjadi kepada orang lain.

Aktivitas:

  1. Guru membagi kelas menjadi dua kelompok besar.
  2. Setiap kelompok diberi satu garis berhadapan, dan siswa berdiri di belakang garis.
  3. Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan dengan melangkah ke depan garis.
  4. Guru dapat memulai pertanyaan dari hal yang umum sebelum mulai masuk ke hal yang lebih spesifik dan personal.
  5. Beberapa contoh pertanyaan, misalnya sebagai berikut.
  • Apakah kamu pernah memakan makanan kadaluarsa?
  • Apakah kamu pernah terjatuh dari motor?
  • Apakah kamu pernah menangis di tempat umum?
  • Apakah kamu pernah membantu temanmu yang mengalami kesulitan?
  • Apakah kamu pernah kehilangan uang?
  • Apakah kamu pernah kehilangan hewan peliharaan?
  • Apakah kamu memiliki uang tabungan?
  • Apakah kamu pernah tersesat?
  • Apakah kamu pernah dibantu orang yang tidak kamu kenal?
  • Apakah kamu pernah membantu gurumu?
  • Ketika mulai masuk ke pertanyaan yang bersifat lebih personal, guru meminta siswa untuk melihat ke sekeliling mereka dan menyadari bahwa banyak teman-teman yang mungkin mengalami hal yang sama dan berbeda dengan mereka.
  • Guru bisa meminta beberapa siswa untuk berbagi mengenai pengalaman hidupnya sehingga siswa lain bisa lebih memahami cerita dan pengalaman siswa tersebut.
  • Permainan dapat dilanjutkan sampai beberapa pertanyaan dijawab dan dilanjutkan dengan diskusi dari aktivitas yang saja dilakukan.
  • Ilustrasi aktivitas dapat dilihat pada bagan di halaman selanjutnya.

Unduh berbagai contoh ide ice breaking lainnya pada tautan: https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/jenjang-sma-smk/

Diskusi

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang dapat kamu pelajari dari kegiatan tersebut? 
  2. Apa yang kamu rasakan ketika melihat beberapa teman mengalami hal yang sama denganmu?
  3. Apa yang kamu rasakan ketika melihat beberapa teman mengalami hal yang berbeda denganmu?

Jawaban yang diharapkan: 

  1. Siswa memahami bahwa setiap manusia memiliki pengalaman hidup masing-masing sehingga siswa menyadari beberapa pengalaman hidup mungkin sama dan berbeda satu sama lain.
  2. Siswa memahami bahwa apapun pengalaman hidup yang dialami, siswa harus belajar menghargai orang lain.
  3. Siswa belajar untuk mendengarkan kisah dari teman-teman mereka dan mengerti bahwa mendengarkan adalah salah satu langkah awal untuk memahami orang lain.

(2) Membuka dengan Menyanyikan Lagu Profil Pelajar Pancasila Bersama

Tautan lagu Profil Pelajar Pancasila:

https://bit.ly/laguprofilpelajarpancasila

Novia Bachmid, Alffy Rev, Tri Adinata - Lagu Profil Pelajar Pancasila

(3) Mengajak Siswa untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif Berkebinekaan dan Aman bagi Semua

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 ada 6 bentuk kekerasan yang mungkin terjadi di lingkungan satuan pendidikan.

  • Kekerasan Fisik,
  • Kekerasan Psikis,
  • Perundungan,
  • Kekerasan Seksual,
  • Diskriminasi dan Intoleransi,
  • Kebijakan yang mengandung kekerasan.

Bapak dan Ibu Guru dapat menjelaskan bentuk-bentuk kekerasan ini kepada peserta didik baru sambil menayangkan video berikut:

https://bit.ly/video6bentukkekerasan

Paparan tentang bentuk-bentuk kekerasan dapat diunduh pada:

https://bit.ly/materimplsppksp-sma-smk

Dalam aktivitas ini sekolah juga bisa berkolaborasi dengan pihak terkait yang berfokus pada perlindungan.

(4) Permainan Mitos dan Fakta

Contoh soal: Perundungan sama seperti bercanda.

Contoh jawaban: Mitos.

Sebuah gurauan atau candaan biasanya tidak menimbulkan kerugian atau sampai menyakiti seseorang. 

Apabila menimbulkan kerugian atau luka fisik, psikologis, atau ekonomi, maka hal ini adalah bentuk kekerasan. 

Apabila itu terjadi secara berulang, dengan intensi menyakiti, serta terdapat relasi kuasa yang timbang, maka sudah termasuk perundungan.

Unduh contoh soal mitos dan fakta lainnya:

https://bit.ly/mitosfaktappksp

(5) Aktivitas Nonton Bareng (Nobar) Konten PPKSP

Peserta didik baru menonton bersama video-video pencegahan kekerasan di sekolah yang dapat dipilih melalui playlist berikut. 

Jenjang SMA/SMK: https://www.youtube.com/playlist?list=PLR7mmuJt

(6) Ulas Film Bersama dengan Pertanyaan Pemantik Diskusi

  • Apakah menurutmu ada kekerasan yang terjadi dalam video tersebut?
  • Jika iya, bentuk kekerasan apa yang ada dalam video tersebut?
  • Dampak kekerasan apa yang dirasakan oleh korban?
  • Bagaimana jika hal ini terjadi di sekolahmu? Apa yang dapat kamu lakukan?

(7) Aktivitas Mengembangkan Komitmen dan Harapan

  • Guru menyiapkan kotak/papan/pohon harapan sesuai dengan kreativitas sekolah.
  • Guru meminta peserta didik untuk menuliskan harapan-harapan sekolah yang aman dan nyaman bebas dari kekerasan.
  • Guru meminta peserta didik memasukkan/menempel tulisan mereka ke dalam kotak/papan/pohon harapan.

Tujuan: Membuat peserta didik untuk mampu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di sekolah.

Contoh kotak harapan daring: https://bit.ly/kotakharapan

Contoh Isi Kotak Harapan: 

  • “Saya tidak suka ketika ada siswa yang dikucilkan karena mereka berasal dari keluarga kurang mampu.”
  • “Saya ingin setiap siswa merasa aman ketika mereka berada di sekolah.“
  • “Sebagai siswa disabilitas saya berharap ada jalur khusus untuk kursi roda saya.”
  • “Saya ingin lampu di toilet sekolah saya selalu terang.”

(8) Memasang Poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah

Ajak peserta didik baru untuk bersama-sama memasang poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di sekolah.

Unduh poster sesuai jenjang sekolah dan ikuti panduannya pada laman:

https://merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id/konten-ppksp/

(9) Deklarasi Anti Kekerasan

Kepala sekolah, bapak dan ibu guru, bersama orang tua peserta didik baru dapat membuat deklarasi antikekerasan yang disuarakan.

Contoh Aktivitas:

“Tanda tangan Deklarasi Anti Kekerasan”

Sekolah dapat menyediakan spanduk, kain putih, kertas karton, atau banner, agar seluruh elemen sekolah dapat bertanda tangan di spanduk tersebut sebagai wujud deklarasi atau kesepakatan bersama terkait perilaku anti kekerasan.

(10) Bagikan di Media Sosial

Bapak dan Ibu Guru dapat membagikan aktivitas-aktivitas tersebut di media sosial Instagram, TikTok, atau media sosial lainnya.

Jangan lupa gunakan tagar #SekolahkuSekolahAman #MerdekaBeragamSetara dan tag serta follow Instagram @cerdasberkarakter.kemdikbudri, dan @direktorat.sma, dan

@direktorat.smk, atau TikTok @cerdasberkarakter.

Link PDF Materi MPLS SMA/SMK Resmi dari Kemdikbud RI

Untuk mengunduh materi di atas, Anda dapat klik tautan di bawah ini.

Link PDF Materi MPLS SMA/SMK Resmi dari Kemdikbud RI

Sekian paparan mengenai materi MPLS SMA/SMK tahun 2024 resmi dari Kemdikbud RI lengkap dengan link unduhnya (PDF).

Baca Juga: Materi MPLS SMP 2024 Resmi dari Kemdikbud RI dan Link Unduh (PDF)

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm