Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21 Kurikulum Merdeka

9 Agustus 2024 14:00 WIB
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21 Kurikulum Merdeka ( )

Sonora.ID - Simak kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 21 kurikulum merdeka berikut ini.

Sebelum melihat kunci jawaban berikut ini, sebaiknya siswa sudah mengerjakan sendiri soal-soal tersebut.

Selain itu, ada baiknya kunci jawaban berikut ini digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak dan hanya digunakan sebagai referensi belajar.

Berikut ini Sonora.ID merangkum kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 21 kurikulum merdeka, simak:

Membandingkan

1. Bandingkanlah antara pertumbuhan primer dengan sekunder.

Jawaban: Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan panjang pertama pada tanaman yang disebabkan oleh pembelahan sel di ujung-ujung akar dan batang tanaman.

Pertumbuhan primer terutama terjadi pada daerah tumbuh aktif tanaman seperti ujung tunas dan ujung akar. Pertumbuhan ini mengakibatkan peningkatan tinggi tanaman.

Sementara itu, pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan tebal pada tanaman yang disebabkan oleh aktivitas kambium yang berada di antara xilem dan floem pada batang dan akar.

Kambium ini menghasilkan lapisan kayu sekunder (xilem sekunder) ke dalam dan lapisan kulit kayu sekunder (floem sekunder) ke luar.

Pertumbuhan sekunder menyebabkan peningkatan diameter batang dan akar pada tanaman.

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 26, Menjelaskan Surat Pendek

Mengaplikasikan

2. Jika suatu tanaman tidak memiliki kambium, apakah tanaman tersebut mengalami pertumbuhan sekunder? Jelaskan.

Jawaban: Jika suatu tanaman tidak memiliki kambium, maka tanaman tersebut tidak akan mengalami pertumbuhan sekunder.

Kambium adalah jaringan meristematik yang memungkinkan tanaman untuk melakukan pembelahan sel dan menghasilkan jaringan sekunder seperti xilem sekunder dan floem sekunder.

Tanaman yang tidak memiliki kambium tidak dapat memproduksi jaringan sekunder, sehingga hanya akan mengalami pertumbuhan primer, yaitu pertumbuhan panjang saja.

3. Apakah yang terjadi jika tanaman terlalu banyak menyerap air?

Jawaban: Jika tanaman terlalu banyak menyerap air, kondisi ini disebut sebagai overwatering (penyiraman berlebihan).

Dampak overwatering pada tanaman di antaranya:

a. Akar Mati

Akar tanaman membutuhkan oksigen untuk bernapas. Jika tanaman terlalu tergenang air, akar tidak akan mendapatkan cukup oksigen dan akar dapat mati karena kekurangan oksigen.

b. Pembusukan Akar

Kelebihan air juga dapat menyebabkan akar menjadi terlalu lembab, menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan akar.

c. Penyakit

Tanaman yang terlalu banyak terkena air dapat menjadi lebih rentan terhadap penyakit, terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

d. Daun Layu

Overwatering dapat menyebabkan daun tanaman menjadi layu karena akar tidak dapat menyerap air secara efisien.

e. Pertumbuhan Terhambat

Meskipun air adalah faktor penting untuk pertumbuhan tanaman, kelebihan air dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan nutrisi dan mineral tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman dapat terhambat.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 29 Kurikulum Merdeka

Membaca Data

Gunakanlah data di bawah ini untuk menjawab pertanyaan no. 4.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21 Kurikulum Merdeka
Soal IPA Kelas 9 Halaman 21 Kurikulum Merdeka Nomor 4.

4. Berdasarkan data di atas, adakah pengaruh air terhadap tinggi tanaman? Jelaskan dengan menggunakan data yang ada pada grafik.

Jawaban: Berdasarkan data yang diberikan tentang pengaruh banyaknya air pada tinggi tanaman, kita dapat mengamati bahwa terdapat korelasi antara banyaknya air yang diberikan dengan tinggi tanaman.

Semakin banyak air yang diberikan pada tanaman, tinggi tanaman cenderung meningkat.

Data menunjukkan bahwa dengan peningkatan jumlah air yang diberikan, tinggi tanaman juga meningkat secara bertahap.

Hal itu menandakan bahwa air memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan tanaman dalam percobaan ini.

Namun, perlu diingat bahwa data yang diberikan hanya berupa pengamatan pada tinggi tanaman dalam situasi tertentu.

Untuk membuat kesimpulan yang lebih kuat, diperlukan percobaan yang lebih komprehensif dan faktor-faktor lain juga perlu dipertimbangkan, seperti jenis tanaman, jenis tanah, dan lingkungan tumbuh lainnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 54 Kurikulum Merdeka

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm