Sonora.ID - Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 34, 35 kurikulum Merdeka untuk disimak.
Pada halaman 34 dan 35 buku Bahasa Indonesia kelas 8, siswa/i akan mendapatkan soal terkait iklan media cetak.
Siswa/i dapat menjawab soal-soal yang ada terlebih dahulu dan menggunakan kunci jawaban untuk mengoreksi.
Berikut Sonora ID bagikan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 34, 35 kurikulum Merdeka yang dapat kamu simak.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 20, Kurikulum Merdeka
Bagian A
Soal
A. Perhatikanlah iklan berikut. Kemudian, jawablah soal-soal di bawahnya secara berdiskusi!
a. Hal apakah yang ditawarkan dalam iklan itu?
b. Siapakah pihak yang mengiklankan/menawarkan jasa tersebut?
c. Pesan apa yang terdapat dalam iklan tersebut?
d. Di manakah iklan seperti itu biasanya dipajang?
e. Bagimana bentuk respons yang diharapkan dari khalayak dengan pemasang iklan tersebut?
Jawaban
a. Hal yang ditawarkan dalam iklan itu adalah pelayanan kesehatan terpadu untuk balita.
b. Dinas kesehatan.
c. Pesan dalam iklan tersebut adalah agar masyarakat selalu membawa putri-putri mereka yang berusia balita (di bawah lima tahun) ke posyandu untuk dilakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatannya.
d. Iklan tersebut biasanya dipajang di tempat-tempat umum yang sering dilalui masyarakat seperti balai desa, kecamatan dan kelurahan.
e. Dengan adanya iklan tersebut, diharapkan masyarakat membawa putra-putrinya yang berusia balita ke posyandu secara teratur.
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 34 dan 35 Bagian B (Buku Bahasa Indonesia)
Bagian B
Soal
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 33: Bentuk Akar
1. Pilihlah sekurang-kurangnya dua buah iklan dari media cetak!
2. Jelaskan maksud umum dari iklan dengan memperhatikan keenam unsur pembentuk iklan tersebut!
Jawaban
1. Judul Iklan : Floridina
Penjelasan:
- Sumbernya adalah dari Wingsfood
- Pesan yang disampaikan adalah untuk memasarkan produk floridina kepada konsumen
- Media yang digunakan adalah media elektronik (karena melihat di internet)
- Penerima adalah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
- Efek yang diharapkan terjadi adalah konsumen dapat menerima produk ini
- umpan balik adalah konsumen dapat membeli produk yang ditawarkan
2. Judul Iklan : Executive Travel dan Car Rental
Jelaskanlah maksud umum dari iklan tersebut dengan memperhatikan keenam unsur pembentuk iklan tersebut
- Sumber iklan dari Agung rent, dengan menampilkan no. Hp yang bisa dihubungi serta email dan website dari Agung Rent
- Pesan yang disampaikan adalah untuk pemberitahuan kepada konsumen jika memerlukan jasa sewa kendaraan
- Media yang digunakan adalah media elektronik karena dipasang di internet
- Penerima adalah masyarakat di kawasan Pekanbaru, Duri, Dumai, Sungai Pakning, atau Tembilahan
- Efek yang diharapkan adalah para konsumen dapat menggunakan jasa ini
- Umpan baliknya adalah konsumen menggunakan jasa sehingga laku di pasaran.
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.