Sonora.ID - Berikut ini adalah kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 21 kurikulum merdeka lengkap yang bisa dijadikan bahan belajar.
Dikutip dari buku Persatuan dalam Perbedaan, Anggari, dkk. (2018: 21), halaman tersebut memuat dua bagan yang tampak seperti peta pikiran. Bagan pertama memiliki judul "Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri".
Untuk lebih memahami materi, siswa akan diminta mengerjakan tugas oleh guru setelah kegiatan belajar mengajar di kelas usai.
Sebagai pengingat, kunci jawaban ini bukan bersifat mutlak dan bisa salah. Kunci jawaban dalam artikel ini dapat digunakan orang tua atau wali murid dalam mengoreksi pekerjaan siswa.
Selain itu, siswa juga harus mengerjakan secara mandiri sebelum melihat kunci jawaban ini.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 Halaman 42 43 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 21 Kurikulum Merdeka
A. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri
Teratai memiliki daun lebar untuk memudahkannya melakukan proses penguapan.
Pohon jati menggugurkan daunnya saat kemarau untuk meminimalisir penguapan.
Daun tumbuhan kaktus berbentuk seperti duri untuk meminimalisir penguapan.
Eceng gondok mempunyai daun berongga agar bisa bernapas dan hidup di permukaan air.
Tumbuhan lidah buaya mempunyai daun dan batang yang tebal untuk menyimpan cadangan air.
B. Cara Tumbuhan Melindungi Diri
Pohon bambu mempunyai bulu halus yang tajam untuk melindungi dirinya sebab bulu tersebut dapat menyebabkan gatal bagi makhluk hidup.
Putri malu akan mengatupkan daunnya saat tersentuh atau menerima rangsangan.
Bunga mawar memiliki duri pada batangnya.
Pohon nangka mempunyai getah yang lengket.
Duri pada kaktus melindunginya dari hewan herbivora.
Jika jawaban siswa tidak sama dengan kunci jawaban di atas, tidak masalah. Hal terpenting adalah siswa mengisinya sesuai dengan kenyataan dan sesuai dengan peta pikiran yang tersedia.
Dikutip dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI, Taufik, dkk. (2018: 89), peta pikiran atau mind map adalah proses mengorganisasikan dan menyajikan konsep dalam bentuk diagram.