10 Contoh Soal Kompetensi Teknis UKKJ Guru Muda Madya Tahun 2024 dan Jawaban

19 Agustus 2024 14:00 WIB
10 Contoh Soal Kompetensi Teknis UKKJ Guru Muda Madya Tahun 2024 dan Jawaban
10 Contoh Soal Kompetensi Teknis UKKJ Guru Muda Madya Tahun 2024 dan Jawaban ( ToughtCo)

Sonora.ID - Berikut ini contoh soal kompetensi teknis UKKJ Guru Muda Madya tahun 2024 lengkap beserta jawabannya.

Kumpulan soal kompetensi teknis Ujian Kompetensi Kenaikan Jabatan guru ini dapat dijadikan referensi.

Inilah kumpulan soal dan kunci jawaban kompetensi teknis UKKJ Guru Muda Madya tahun 2024 lengkap beserta kunci jawabannya:

1. Sebagai koordinator mata pelajaran, Anda meminta seluruh guru mata pelajaran untuk membuat rencana pembelajaran untuk tahun ajaran baru. Namun, Anda melihat ada guru senior yang melimpahkan tugas tersebut kepada guru baru. Guru baru tersebut tampak ragu untuk menolak, tetapi juga merasa kebingungan untuk memulainya. Melihat situasi tersebut apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

A. Bersama-sama dengan seluruh guru untuk menyepakati pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing. (L4) = 5

B. Mendorong guru senior untuk memberikan bimbingan kepada guru baru dalam menyusun rencana pembelajaran. (L2) = 2

C. Membagi tugas secara adil kepada seluruh guru mata pelajaran sesuai dengan target yang ditetapkan. (L3) = 3

D. Memberikan teguran kepada guru senior tersebut agar bersikap lebih profesional terhadap guru baru.(L2) = 1

E. Bersama-sama mengidentifikasi hambatan yang dialami seluruh guru dalam menyusun rencana kerja. (L4) = 4

Kunci Jawaban : Bersama-sama dengan seluruh guru untuk menyepakati pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing

2. Anda mendapati salah satu peserta didik sering tidur ketika pembelajaran dilaksanakan. Anda sudah menegurnya berkali-kali, tetapi ia tidak menunjukkan usaha untuk berubah.

Bahkan tak jarang ia membentak Anda ketika diberi peringatan. Hal itu tentunya menjadikan Anda sulit untuk menahan amarah.

Ternyata peserta didik tersebut juga sering tidur di pembelajaran yang lain, walaupun tidak separah ketika ada di pembelajaran Anda. Apa tindakan Anda?

Pilih salah satu:

A. Mencoba mempelajari kembali pengendalian diri untuk tetap bersikap tenang walaupun terdapat reaksi berontak dari peserta didik. (L3) = 4

B. Meminta saran kepada rekan guru lain mengenai perilaku yang seharusnya Anda lakukan dalam menangani permasalahan tersebut. (L1) = 1

 

C. Mencari tahu penyebab perilaku peserta didik agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk orang tua Ketika memberikan laporan hasil pembelajaran. (L3) = 3

D. Menghimpun pengalaman penanganan para guru tersebut untuk meningkatkan kapasitas diri dalam melakukan manajemen emosi dengan stabil. (L4) = 5

E. Meminta wali kelas terkait untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa perilaku tersebut tidak seharusnya ia lakukan kepada guru. (L2) = 2

Kunci Jawaban : Menghimpun pengalaman penanganan para guru tersebut untuk meningkatkan kapasitas diri dalam melakukan manajemen emosi dengan stabil

Baca Juga: 65 Soal Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban

3. Berdasarkan kesepakatan belajar, ketika ada peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas akan dikenai pengurangan nilai.

Namun, dalam kenyataannya, Anda memberikan toleransi kepada beberapa peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas karena alasan sakit.

Setelah berdiskusi dengan rekan guru, mereka merasa hal tersebut akan membuat peserta didik kurang disiplin. Namur Anda merasa bahwa alasan dari peserta didik tersebut cukup kuat sehingga tidak memberlakukan pengurangan nilai. Apa langkah selanjutnya yang akan Anda ambil?

Pilih salah satu:

A. Memberikan penjelasan kepada rekan guru bahwa hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan melainkan karena kondisi peserta didik yang memang tidak memungkinkan. (L1) = 1

B. Mengingatkan peserta didik mengenai pentingnya menjaga komitmen untuk menaati kesepakatan belajar yang sudah dibuat di awal. (L2) = 2

 

C. Mengevaluasi diri agar bisa bersikap tegas terhadap perilaku pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik sehingga mereka lebih disiplin. (L3) = 4

D. Membuat peraturan yang lebih ketat seperti meminta surat keterangan dokter untuk setiap alasan sakit yang diberikan oleh peserta didik. (L3) = 3

E. merumuskan langkah yang lebih efektif bersama dengan rekan guru lain dalam menindaklanjuti perilaku peserta didik yang melanggar kesepakatan belajar.

Kunci Jawaban : merumuskan langkah yang lebih efektif bersama dengan rekan guru lain dalam menindaklanjuti perilaku peserta didik yang melanggar kesepakatan belajar.

4. Anda memperhatikan salah satu peserta didik yang sering kali membantah salah satu guru mata pelajaran hanya karena guru tersebut kurang tegas.

Anda sudah pernah meminta peserta didik tersebut untuk tidak mengulanginya, tetapi tindakan tersebut masih terus dilakukan. Guru tersebut merasa tidak keberatan dan memaklumi sikap peserta didik tersebut padanya. Apa yang akan Anda lakukan?

Pilih salah satu:

A. Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam Upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik. (L4) = 5

B. Meminta guru tersebut untuk melaporkan tindakan peserta didik tersebut pada pihak sekolah agar bisa ditindaklanjuti. (L2) = 2

C. Memberikan konsekuensi pada peserta didik tersebut agar merasa jera dan tidak mengulangi Tindakan serupa. (L2) = 3

D. Mengatakan pada guru tersebut untuk tidak begitu saja memaklumi tindakan peserta didik yang kurang baik. (L2) = 1

E. Mempelajari lebih lanjut karakter dari peserta didik tersebut untuk bisa lebih memahami alasannya bertindak demikian. (L3) = 4

Kunci Jawaban : Bekerja sama dengan guru tersebut untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan dalam Upaya menindaklanjuti perilaku peserta didik.

5. Anda mengembangkan asesmen bersama guru lain untuk diterapkan di kelas masing-masing sesuai dengan kurikulum merdeka. Namun, terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil yang menurun dari asesmen sebelumnya.

Setelah mengobservasinya, menurut Anda asesmen kali ini cukup sulit untuk dikerjakan. Tindakan Anda adalah ....

Pilih salah satu:

A. Mengubah asesmen yang diberikan karena kurang cocok dengan peserta didik dan mengembangkan kesesuaian asesmennya dengan peserta didik. (L3) = 3

B. Mengajukan pelatihan pembuatan asesmen yang baik dan benar kepada kepala sekolah agar terdapat pemerataan pemahaman antar guru. (L2) = 1

C. Bertukar feedback dengan guru lain terkait hasil asesmen di kelas lainnya serta menganalisis kesesuaian asesmen dengan kemampuan peserta didik. (L4) = 5

D. Meninjau kembali jenis asesmen yang diberikan kepada peserta didik dan menganalisis kesesuaian dengan capaian pembelajarannya. (L3) = 2

E. Berdiskusi lebih dalam dengan guru lain terkait implementasi asesmen kurikulum merdeka sesuai dengan kemampuan peserta didik. (L4) = 4

Kunci Jawaban : Bertukar feedback dengan guru lain terkait hasil asesmen di kelas lainnya serta menganalisis kesesuaian asesmen dengan kemampuan peserta didik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka

6. Untuk mengembangkan bahan materi ajar, Anda menambahkan referensi digital. Akan tetapi, dalam penerapannya koneksi internet di sekolah Anda sering mengalami gangguan.

Hal ini juga dikeluhkan oleh guru lain. Saat ini, Anda dan rekan Anda akan melakukan pembelajaran menggunakan referensi digital kembali. Namun, Anda dan rekan Anda khawatir. Bagaimana Anda mengatasi masalah tersebut?

Pilih salah satu:

A. Memberikan waktu tambahan untuk mengakses beberapa referensi di internet agar memberikan wawasan penggunaan TIK dalam pembelajaran. (L2) = 1

B. Menguji instruksi yang diberikan serta mendiskusikan kendala tersebut kepada kepala sekolah agar dapat memaksimalkan perangkat yang dimiliki. (L3) = 2

C. Mencari solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut bersama guru lain agar tidak terjadi kendala yang sama di kemudian hari. (L4) = 4

D. Bekerja sama dengan guru lain untuk mengembangkan referensi digital yang telah diunggah dan siap digunakan. (L4) = 5

E. Mengubah instruksi pembelajaran dengan menggunakan referensi yang ada terlebih dahulu dan menganalisis referensi tersebut. (L3) = 3

Kunci Jawaban : Bekerja sama dengan guru lain untuk mengembangkan referensi digital yang telah diunggah dan siap digunakan.

7. Rekan Anda keliru dalam menuliskan nilai dalam laporan capaian pembelajaran seluruh peserta didik di kelas. Padahal, Anda harus membagikan nilai keesokan hari pada orang tua peserta didik. Kesalahannya sendiri tidak fatal karena tidak mengubah prestasi akademik secara signifikan. Apa yang akan Anda lakukan? Pilih salah satu:

A. Tetap memberikan laporan capaian pembelajaran sesuai dengan yang sudah ada, tetapi menginformasikan pada orang tua bahwa ada kesalahan pada laporan. (L2) = 3

B. Meminta rekan untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dengan mengomunikasikan masalah ini pada pihak sekolah dan orang tua peserta didik. (L2) = 2

C. Langsung memperbaiki nilai yang ada oleh saya sendiri untuk menghindari pengulangan kesalahan yang sama oleh rekan saya. (L3) = 4

D. Memberikan laporan sesuai dengan yang telah tertulis, mengingat kesalahannya tidak fatal sehingga masih bisa ditoleransi. (L2) = 1

E. Berbagi tugas dengan rekan mengubah nilai meskipun harus menyita waktu atau mungkin mengundur waktu pemberian laporan pada orang tua beberapa jam. (L4) = 5

Kunci Jawaban : Berbagi tugas dengan rekan mengubah nilai meskipun harus menyita waktu atau mungkin mengundur waktu pemberian laporan pada orang tua beberapa jam.

8. Anda adalah guru di sebuah sekolah yang bertanggung jawab untuk mengorganisir kegiatan kolaboratif antarkelas.

Peserta didik dari kelas berbeda akan bekerja secara bersama-sama pada proyek yang melibatkan penggunaan taman sekolah.

Setiap kelompok akan dibimbing oleh guru yang berbeda. Peserta didik pada beberapa kelompok tampak kesulitan dalam memahami konsep proyek yang dapat menghambat proses mereka. Bagaimana solusi Anda?

Pilih salah satu:

A. Menyediakan petunjuk langkah demi langkah yang jelas mengenai bagaimana peserta didik dapat melibatkan diri ke dalam proyek tersebut. (L2) = 3

B. Meminta bantuan tukang kebun sekolah untuk membuat contoh proyek serupa dalam mengimplementasikan konsep untuk memberikan pandangan praktis kepada peserta didik. (L2) = 1

C. Menyelenggarakan rapat tengah proyek bersama guru pembimbing untuk mengidentifikasi masalah setiap kelompok dalam memperbaiki pemahaman konsep proyek peserta didik. (L4) = 5

D. Memfasilitasi diskusi kelompok kecil di antara peserta didik untuk memastikan bahwa setiap anggota kelompok memahami konsep proyek dan dapat saling mendukung. (L3) = 4

E. menyediakan sumber belajar tambahan, seperti artikel, video, atau materi ajar interaktif yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep proyek. (L2) = 2

Kunci Jawaban : Menyelenggarakan rapat tengah proyek bersama guru pembimbing untuk mengidentifikasi masalah setiap kelompok dalam memperbaiki pemahaman konsep proyek peserta didik.

9. Anda baru saja ditugasi untuk pindah membantu kelas inklusi pertama kalinya. Dengan pengalaman dimiliki serta pemahaman berdasarkan literatur tentang pembelajaran inklusif, Anda mendesain pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Namun, dalam pelaksanaannya, ternyata cara Anda mengajar masih terbawa dengan kelas reguler sebelumnya sehingga ada peserta didik yang kesulitan memahami pelajaran. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Pilih salah satu:

A. Melakukan asesmen diagnostik di awal untuk mengenali lebih dalam karakteristik peserta didik dalam jenjang tersebut. (L3) = 2

B. Meminta umpan balik kepada rekan sejawat yang berpengalaman dalam menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (L4) = 5

C. Mengevaluasi metode pembelajaran dengan mengobservasi secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan rekan Anda. (L3) = 4

D. Meninjau kembali kesesuaian metode pembelajaran yang digunakan dengan kondisi kelas yang inklusif sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (L3) = 3

E. Meminta rekan sejawat untuk membantu penyesuaian metode belajar dan mengenali karakteristik peserta didik. (L1) = 1

Kunci Jawaban : Meminta umpan balik kepada rekan sejawat yang berpengalaman dalam menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

10. Berdasarkan telaah materi pembelajaran yang akan Anda rancang, terdapat beberapa Materi yang bisa digunakan proyek.

Namun, berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, tidak semua peserta didik senang dengan pengerjaan proyek karena akan membutuhkan biaya tambahan.

Tidak hanya mata pelajaran Anda saja, tetapi juga mata pelajaran lain pun ada penugasan proyek. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut?

Pilih salah satu:

A. Mencari tahu jumlah proyek yang dilakukan di mata pelajaran lain untuk mengurangi jumlah penugasan proyek di mata pelajaran saya. (L3) = 4

B. Meminta saran dari guru yang berpengalaman dan telah mengikuti pelatihan penerapan pembelajaran proyek. (L2) = 2

C. Berkomunikasi dengan peserta didik untuk memberikan pengertian bahwa proyek dapat dilakukan dengan bahan yang sederhana. (L2) = 3

D. Bekerja sama dengan guru mata pelajaran lain dengan materi yang saling berkaitan untuk pembuatan proyek bersama. (L4) = 5

E. Tetap melaksanakan pembelajaran proyek sesuai telaah yang dilakukan karena menjadi bagian implementasi kurikulum merdeka. (L2) = 1

Kunci Jawaban : Bekerja sama dengan guru mata pelajaran lain dengan materi yang saling berkaitan untuk pembuatan proyek bersama.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 41-42: Tokoh Penting dalam Novel Sejarah

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm