Kunci Jawaban Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024: Kunci Utama dalam Penerapan Hybrid Learning

20 Agustus 2024 10:20 WIB
Kunci Jawaban Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024: Kunci Utama dalam Penerapan Hybrid Learning
Kunci Jawaban Pretest PembaTIK Level 2 Tahun 2024: Kunci Utama dalam Penerapan Hybrid Learning ( Pixabay/StockSnap)

 

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka

4. Discobery Inquiry Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi aktif dan penemuan pengetahuan oleh siswa melalui proses bertanya, mencari, dan mengeksplorasi informasi. Pendekatan ini sangat berguna untuk mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan keterampilan pemecaan masalah mereka. ketika dikombinasikan dengan sumber belajar digital, pendekatan ini dapat menjadi lebih efektif dan menarik. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A. Membaca buku teks dan mengerjakan soal
B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar
C. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual
D. Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi
E. Menggambar poster pada kertas

Jawaban: B

5. Keterampilan yang diharapkan dari guru mencakup kemampuan untuk menggunakan teknologi digital guna memaksimalkan kelebihan teknologi dalam mengelola proses pembelajaran dengan lebih efisien. Dengan menguasai teknologi digital, guru dapat memanfaatkan berbagai alat dan platform untuk meningkatkan efektivitas dalam perencanaan, penyampaian materi, serta interaksi dengan siswa. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ...

A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
B. Mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
C. Mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
D. Mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
E. Melakukan asesmen diagnostik melalui Platform Merdeka Belajar

Jawaban: A

6. Model pembelajaran Station Learning adalah metode pengajaran yang melibatkan pembagian kelas menjadi beberapa "stasiun" atau area belajar yang berbeda, di mana setiap stasiun memiliki tugas aktivitas pembelajaran yang spesifik. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran aktif, dan memungkinkan variasi dalam cara materi disajikan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah ...

A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak
B. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi
C. Menghafal definisi dari buku catatan
D. Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami
E. Melakuan eksperimen dengan peralatan laboratorium

Jawaban: A

7. Hybrid Learning adalah pendekatan pendidikan yang menggabungkan elemen pembelajaran tatap muka (face-to-face) dan pembelajarand aring (online) dalam satu model pembelajaran. Tujuan dari hybrid learning adalah untuk memanfaatkan kelebihan masing-masing mode pembelajaran, mengoptimalkan fleksibilitas, dan meningkatkan aksesibilitas bagi siswa. Dari pernyataan tersebut, kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A. Assessment
B. Collaboration
C. Live event
D. Self Paced Learning
E. Performance Support Materials

Jawaban: D

8. Pelaksanaan pembelajaran digital melibatkan penerapan teknologi dan komunikasi untuk menyampaikan, mengelola dan meningkatkan proses pembelajaran. Ini mencakup penggunaan berbagai alat dan platform digital untuk mengoptimalkan pengalaman belajar siswa serta mendukung pengajaran yang lebih efektif. Dari pernyataan tersebut, faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah ...

A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunannya
B. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
C. Tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
D. Meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

Jawaban: A

9. Pembelajaran digital, sebagai suatu sistem, terdiri dari berbagai komponen yang berfungsi sebagai subsistem penyusunannya. Komponen-komponen ini mencakup unsur fisik dan non-fisik; unsur fisik meliputi perangkat keras seperti komputer, tablet dan alat multimedia yang mendukung akses dan penggunaan teknologi, sementara unsur non-fisik mencakup platform digital seperti Learning Management System (LMS), sumber daya digital, serta alat kolaborasi dan komunikasi yang mendukung proses belajar dan mengajar secara online, Keduanya saling terintegrasi untuk menciptakan lingkungan pembelajran yang efektif dan dinamis. Dari pernyataan tersebut, yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah ...

A. Regulasi dan kebijakan pendidikan digital
B. Infrastruktur dan metode pembelajaran
C. Infrastruktur dan perangkat TIK
D. Program komputer dan kebijakan
E. Perangkat TIK dan strategi pembelajaran

Jawaban: C

10. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran merujuk pada metode atau strategi yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan pengalaman belajar siswa. Praktik baik ini didasarkan pada penelitian, pengalaman, dan evaluasi yang menunjukkan bahwa pendekatan tertentu dapat menghasilan hasil yang positif dan konsisten. Dari pernyataan tersebut, Pendekatab Praktik Baik dalam pembelajaran melibatkan ...

A. Metode pengajaran yang konvensional
B. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif
C. Fokus pada hasil akhir
D. Prosedur yang belum terbukti berhasil
E. Penilaian sumatif saja

Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban Contoh Soal Guru Penggerak 2024 Pretest Paket Modul 1

11. Dedikasi dan komitmen seseorang untuk melakukan tugas dengan sepenuh hati, memungkinkan evaluasi mendalam terhadap cara dan hasil dari tindakan tersebut. Dengan mengevaluasi kesungguhan ini, individu dapat memahami lebih baik keberhasilan dan tantangan yang dihadapi, serta membuat penyesuaian untuk perbaikan di masa depan. Kesungguhan menjadi dasar penting dalam refleksi karena ia memberikan gambaran tentang seberapa serius seseorang menjalani proses dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil yang dicapai. Dari pernyataan tersebut, kesungguhan dalam bertindakan dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ...

A. Wholeheartedness
B. Open mindedness
C. Consistency
D. Reponsibility
E. Problem Solving

Jawaban: D

12. Menurut Harrington (1996), sikap reeflektif memiliki tiga komponen utama, yaitu open mindedness atau keterbukaan, sebagai refleksi mengenai apa yang diketahui, responsibility atau tanggung jawab, sebagai sikap moral dan komitmen profesional berkenaan dengan dampak pembelajaran pada pebelajar, pembelajaran dan orang lain, dan whole heartedness atau kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas. Dari pernyataan tersebut, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi ...

A. Kreativitas, inovasi, dan kolaborasi
B. Pengetahuan, keterampilan dan sikap
C. Motivasi, apresiasi dan refleksi
D. Keterbukaan, tanggung jawab dan kesungguhan
E. Kritikal, kolaboratif, inovatif

Jawaban: D

13. Lingkungan belajar luring, atau offline, merujuk pada pengaturan pembelajaran yang dilakukan secara langsung dan tatap muka, tanpa memanfaatkan teknologi digital atau internet. Lingkungan ini adalah metode tradisional dari pendidikan di mana interaksi antara guru dan siswa berlangsung secara fisik dalam ruang kelas atau lokasi lainnya. Dari pernyataan tersebut, kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A. Konteks sosial yang kaya
B. Umpan balik langsung
C. Terbuka akan praktik langsung
D. Biaya tinggi untuk fasilitas
E. Kontrol kelas langsung

Jawaban: D

14. Learning Management System (LMS) adalah platform prangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan mengelola prose pembelajaran dan pendidikan secara online. LMS memnungkin penyampaian materi pembelajaran, pengelolaan tugas dan ujian, serta interaksi antara pengajar dan siswa melalui lingkungan digital. Dari pernyataan tersebut, yang bukan merupakan contoh Learning Management System adalah ...

A. Google Classroom
B. Quizizz
C. Microsoft Teams
D. Schoology
E. Canvas

Jawaban: E

15. Dengan memahami dan menerapkan TPACK, guru dapat merancang pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan, meningkatkan keterlibatn siswa, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pencapaian hasil belajar. Integrasi yang sukses dari teknologi, pedagogi, dan konten memerlukan keterampilan, pengetahuan, dan dukungan yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa semua elemen bekerja secara harmonis dalam lingkungan pembelajaran. Ranah atau domain TPACK yang paling dominan pada saat peserta didik belajar di kelas ogotal (LMS) dengan mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran adalah ...

A. PCK (Pedagogical and Content Knowledge)
B. TPK (Technological and Pedagogical Knowledge)
C. TCK (Technological and Content Knowledge)
D. PK (Pedagogical Knowledge)
E. TK (Technological Knowledge)

Jawaban: A

Baca Juga: 3 Contoh Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 Filosofis Ki Hajar Dewantara

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm