Daftar Distributor Resmi dan Cara Beli dan Cara Pembubuhan e-Meterai

22 Agustus 2024 15:50 WIB
Cara pembubuhan e-Meterai yang benar
Cara pembubuhan e-Meterai yang benar ( TikTok/@c.irwan10 )

Sonora.ID – Ketika mendaftar CPNS, ada beberapa dokumen yang wajib untuk dibubuhi e-materai. Bagaimana cara pembubuhan e-Meterai?

Meterai telah menjadi segel penting yang ditempatkan pada dokumen resmi atau surat berharga.

Meterai memiliki peranan vital dalam menjaga keabsahan dan keamanan dokumen penting.

Kini meterai telah tersedia dalam bentuk digital, dan memudahkan proses pembelian dan pembubuhan e-meterai untuk dilakukan secara digital.

Baca Juga: 8 Link Beli e-Meterai yang Aman dan Terverifikasi PERURI, Jangan Asal!

Pembubuhan e-meterai ini mengharuskan peletakan meterai sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terdapat beberapa aturan dalam penggunaan materai, antara lain:

  • Wajib menggunakan materai tempel atau kertas materai yang masih baru atau belum pernah digunakan sebelumnya/ materai bekas pakai
  • Tidak diperkenankan menggunakan materai yang bentuk dan cirinya tidak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, misalnya materai berupa hasil unduh atau hasil edit gambar dari internet dan sejenisnya

Terlepas dari kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan, tidak jarang pengguna mengalami pembubuhan e-Meterai yang gagal terus.

Hal ini dapat terjadi meskipun pengguna sudah membeli e-Meterai secara legal dari platform resmi.

Pembubuhan e-Meterai yang gagal dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satunya adalah konsentrasi traffic yang cukup tinggi pada platform pembubuhan meterai digital resmi.

Banyaknya pengguna yang mengakses platform pembubuhan meterai di waktu yang sama membuat kinerja website menjadi lambat. Hal ini memicu terjadinya ketidakstabilan dalam proses pembubuhan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm