7 Manfaat Sarapan Sehat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

23 Agustus 2024 14:00 WIB
ilustrasi sarapan
ilustrasi sarapan ( )

Sonora.id - Sarapan sering kali dianggap sebagai makanan paling penting dalam sehari, namun banyak orang masih meremehkan manfaatnya.

Padahal, sarapan sehat bukan hanya tentang mengisi perut di pagi hari, tetapi juga memberikan banyak keuntungan yang mungkin belum kamu sadari.

Yuk, kita bahas tujuh manfaat sarapan sehat yang dilansir dari halal.id, yang mungkin belum kamu ketahui dan bisa menjadi alasan kuat untuk memulai hari dengan asupan yang bergizi.

1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Konsentrasi

Apakah kamu sering merasa sulit berkonsentrasi saat bekerja atau belajar di pagi hari? Sarapan sehat bisa menjadi solusi! Menurut dr. Agus Budi Utomo, Sp.N, seorang ahli dalam bidang neurologi dan kesehatan masyarakat, ketika kamu bangun, kadar gula darah tubuhmu berada di level terendah, dan otak membutuhkan glukosa untuk berfungsi dengan baik.

Sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat dapat membantu meningkatkan kadar gula darah secara perlahan, memberikan energi yang stabil untuk otak, sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih dan berkonsentrasi lebih baik.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Banyak orang menghindari sarapan dengan harapan bisa menurunkan berat badan. Padahal, melewatkan sarapan justru bisa menyebabkan kebalikannya.

Saat kamu tidak sarapan, tubuh akan merasa kelaparan dan cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak pada siang hari atau memilih makanan tidak sehat sebagai pengganti.

Sarapan sehat membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari, sehingga kamu lebih mungkin untuk memilih makanan dengan porsi yang wajar dan terhindar dari ngemil yang berlebihan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm