Unjuk Rasa Mahasiswa, Gedung DPRD Kalsel Dijaga Ketat Aparat

23 Agustus 2024 19:57 WIB
Aksi Darurat Orde ReforMATI oleh mahasiswa ULM di Banjarmasin
Aksi Darurat Orde ReforMATI oleh mahasiswa ULM di Banjarmasin ( Eva Rizkiyana)

Banjarmasin, Sonora.ID – Pengamanan ketat terlihat di sekitar lokasi Gedung DPRD Kalimantan Selatan di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Jumat (23/08) sore.

Ratusan massa dari kalangan mahasiswa memenuhi ruas jalan dan memaka masuk ke area gedung untuk berunjuk rasa terkait pembahasan RUU Pilkada yang dilakukan DPR RI belum lama tadi.

Aksi Darurat Orde REFORMATI digelar sesuai rencana yang tertuang dalam surat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Dalam flyer yang tersebar, mahasiswa dari dua lokasi kampus ULM, yakni kampus Banjarmasin dan Banjarbaru, bergabung menyuarakan keprihatinan mereka atas kondisi negeri saat ini.

Baca Juga: Kawal Putusan MK, Seribu Mahasiswa Unjuk Rasa Depan Balaikota Solo

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Cuncun Kurniadi, menyebut ketatnya penjagaan untuk mengantisipasi aksi anarkis yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Termasuk potensi pengrusakan objek vital negara yang berada di sekitar lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, aksi baru dimulai sesudah salat Jumat dengan tambahan massa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kalimantan Selatan.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Suripno Sumas, yang menemui para pengunjuk rasa mengapresiasi gerakan penyampaian aspirasi yang dilakukan mahasiswa.

“Sebenarnya apa yang mereka tuntut itu pada prinsipnya sudah selesai dengan tidak memungkinkannya DPR RI merevisi peraturan Pilkada,” jelasnya ditemui di sela-sela aksi.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm