1. Yang mana kah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?
a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara
b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas
c. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan
d. Melakukan perbaikan tiada henti
2. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?
a. Pelaksana kebijakan publik
b. Pelayan publik
c. Pengawas kegiatan publik
d. Perekat dan pemersatu bangsa
3. “Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar” adalah prinsip …
a. Akuntabel
b. Berkeadilan
c. Aksesibel
d. Efektif dan efisien
4. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah sebagai …
a. Masyarakat sebagai wajib pajak
b. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah
c. Masyarakat sebagai elemen adanya negara
d. Masyarakat sebagai penerima layanan
5. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …
a. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen/pelanggan pulang
b. Dimulai saat konsumen/masyarakat menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani
c. Dimulai saat konsumen/masyarakat memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan
d. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan
6. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan, dicontohkan dengan?
a. Mampu, akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan
b. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya
c. Siap sedia 24 jam kapanpun dan di manapun dibutuhkan oleh masyarakat
d. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore
7. Undang-Undang Nomor 25 Tentang Layanan Publik menyebutkan 12 Asas Pelayanan Publik, kecuali
a. Kompetitif
b. Kesamaan hak
c. Keseimbangan hak dan kewajiban
d. Kepastian hokum
8. Berikut ini termasuk Kode Etik dari nilai dasar BerAKHLAK, kecuali …
a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat
b. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi
c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan
d. Loyal kepada atasan
9. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN BerAKHLAK?
a. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien
b. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin dan berintegritas tinggi
c. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi
d. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam
10. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …
a. Akuntabilitas adalah kewajiban mutlak
b. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel
c. Akuntabilitas adalah interaksi, pertukaran sosial dua arah antara yang menuntuk dan yang bertanggungjawabnya
d. Akuntabilitas adalah akumulasi
JAWABAN : C
11. Berikut urutan tingkatan Akuntabilitas?
a. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder
b. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder
c. Personal, individu, kelompok, organisasi, negara, stakeholder
d. Personal, individu, kelompok, pimpinan kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder
JAWABAN : B
12. Pilihlah pernyataan yang paling tepat?
a. Akuntabilitas Personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral, dan etika
b. Akuntabilitas Individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya
c. Akuntabilitas Individu tidak mempengaruhi Akuntabilitas Personal
d. Akuntabilitas Keluarga merupakan pondasi dari Akuntabilitas Kelompok
JAWABAN : A
13. Sesuai Permenpan dan RB 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki tiga jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu …
a. Teknis, Kepemimpinan, dan Sosial Kultural
b. Tugas, Manajerial, dan Sosial Kultural
c. Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural
d. Teknis, Leadership, dan Sosial Kultural
JAWABAN : C
14. Pernyataan di bawah ini menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan/tepat?
a. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan diutamakan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN
b. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN
c. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika disyaratkan dalam tugas jabatannya
d. Semua salah
JAWABAN : C
15. Upaya melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai di bawah ini?
a. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan
b. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan
c. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan
d. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan
JAWABAN : D
16. Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus-menerus, dalam proses belajar yaitu …
a. Learn
b. Unlearn
c. Relearn
d. Self Study
JAWABAN : A
17. Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi?
a. ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjanya
b. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya
c. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kinerjanya
d. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya
JAWABAN : B
18. ASN Pembelajar yang relevan saat ini adalah …
a. Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks
b. Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya
c. Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai
d. Semua benar
JAWABAN : A
19. Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah …
a. Kebyar Kebyar
b. Bendera Merah Putih
c. Garuda Pancasila
d. Dari Sabang sampai Merauke
JAWABAN : D
20. Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis?
a. Suasana bekerja tidak bahagia
b. Kinerja organisasi rendah
c. Kesempatan belajar dan kontribusi rendah
d. Seluruh ASN suka saling membantu
JAWABAN : D
21. Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan sebagai dasar pembentukan NKRI dituangkan dalam Pancasila yaitu pada?
a. Sila Pertama
b. Sila Kedua
c. Sila Ketiga
d. Sila Keempat
JAWABAN : C
22. Manfaat keanekaragaman bangsa Indonesia, yang paling tepat adalah …
a. Adanya pertentangan norma-norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan bagi masyarakat
b. Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki
c. Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar atas norma yang tidak tegas atau lemah
d. Tindakan anggota masyarakat sudah tidak lagi sesuai dengan norma yang berlaku
JAWABAN : B
23. “Anggapan yang dimiliki terhadap suatu kelompok yang bersifat tidak baik. Seperti anggapan suatu kelompok identik dengan kekerasan, sifat suatu suku yang kasar, dan sebagainya, merupakan …”
a. Stereotip suatu kelompok
b. Etnosentrisme
c. Asimilasi
d. Skepticism
JAWABAN : A
24. Hal yang harus ditanamkan dalam mengantisipasi potensi konflik kepada ASN adalah, kecuali …
a. Toleransi
b. Profesionalisme
c. Kebijakan Pemerataan Pembangunan
d. Sikap Mendahulukan Kepentingan diri sendiri
JAWABAN : D
25. Secara etimologis, istilah “loyal” diadaptasi dari bahasa Prancis yaitu “Loial” yang artinya …
a. Mutu dari sikap patuh
b. Mutu dari sikap taat
c. Mutu dari sikap setia
d. Mutu dari sikap hormat
JAWABAN : C
Baca Juga: 5 Soal dan Kunci Jawaban MOOC ASN Berakhlak Materi 7: Adaptif
26. Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui …
a. Ide dan pemikiran
b. Sikap dan tindakan
c. Ketaatan dan pemikiran
d. Integritas dan idealism
JAWABAN : B
27. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka secara otomatis ia akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap organisasinya, yang ditunjukkannya dengan cara …
a. Berhati-hati dan lambat dalam mengerjakan tugas-tugasnya
b. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan
c. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi
d. Loyal terhadap pimpinan
JAWABAN : C
28. Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap …
a. Pimpinan
b. Pekerjaan
c. Profesi
d. NKRI
JAWABAN : D
29. Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai …
a. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi
b. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk negara
c. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi
d. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara
JAWABAN : D
30. Yang tidak termasuk Panduan Perilaku Loyal dalam Core Values ASN adalah …
a. Memegang teguh ideology Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah
b. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi
c. Menjaga nama baik sesame ASN, pimpinan instansi dan negara
d. Menjaga rahasia jabatan dan negara
JAWABAN : B
31. Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut?
a. Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis
b. Mempertahankan dan meningkatkan kinerja
c. Bertahan hidup di tengah persaingan dengan pihak lain
d. Perintah dan mandate dari undang-undang terkait
JAWABAN :B
32. Berikut ini adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali …
a. Memanfaatkan peluang-peluang yang berubah-ubah
b. Memperhatikan kepentingan-kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya
c. Mendorong jiwa kewirausahaan
d. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal
JAWABAN : D
33. Pemimpin sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pemimpin yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu …
a. Perubahan teknis
b. Perubahan misi
c. Kemakmuran
d. Perubahan adaptif
JAWABAN : D
34. Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan?
a. Misi
b. Visi
c. Revisi
d. Remisi
JAWABAN : B
35. Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas system dynamic governance berikut …
a. Thinking ahead
b. Thinking along
c. Thinking again
d. Thinking across
JAWABAN : A
36. Berikut ini adalah beberapa indicator yang menunjukkan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali …
a. Agilitas
b. Status quo
c. Fleksibilitas
d. Responsif
B
37. Negara bukan menjadi satu-satunya penyelenggara pemerintahan dan pelayanan public. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dari konsep?
a. Governance
b. Government
c. Welfare State
d. New Public Service
JAWABAN : A
38. Berikut ini adalah konsep yang mengandung prinsip-prinsip governance, kecuali …
a. Triple Helix
b. Penta Helix
c. Quadruple Helix
d. Collaboration
JAWABAN : D
39. Apabila merujuk pada definisi dari “collaborative governance” yang dikemukakan oleh para ahli, maka di bawah ini adalah kolaborasi aktor yang paling ideal apabila menggunakan prinsip governance?
a. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian
b. Kolaborasi antara Komisi Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara, dan Pemerintah Daerah
c. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian Republik Indonesia, dan Komisi Pemberantasan Korupsi
d. Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi, dan Civil Society
JAWABAN : D
a. Pemerintah tidak menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik
b. Pemerintah menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik
c. Civil Society menjadi salah satu aktor dalam penyelenggaraan pelayanan publik
d. “Triple Helix” merupakan salah satu konsep dalam pendekatan governance
JAWABAN : B
Baca Juga: Kunci Jawaban MOOC ASN Berakhlak Materi 6: ASN Berakhlak Bangga Melayani