Sonora.ID - Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 33 Kurikulum Merdeka meminta siswa mengisi tabel Laporan Observasi Individu tentang perilaku hidup konsumerisme.
Pada tabel tersebut, siswa menjelaskan hasil pengamatan, hasil diskusi, dan juga refleksi atas tugas yang terdapat di halaman sebelumnya, tepatnya halaman 31 dan 32.
Konsumerisme adalah fenomena di mana seseorang melakukan proses konsumsi dengan tidak wajar dan berlebihan, baik secara sadar mau pun tidak sadar.
Saat melakukan sikap konsumerisme, seseorang tidak lagi menilai suatu barang dari kegunaannya, tapi dari merk dan harganya.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 37 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 33 Kurikulum Merdeka
Laporan Observasi Individu
A. Hasil Pengamatan
1. Apakah teman-teman atau orang-orang di sekitarku sudah terpengaruh oleh gaya hidup konsumerisme? Bagaimana pendapat mereka tentang konsumerisme?
Jawaban: Berdasarkan pengamatanku, teman-teman di sekitarku tidak terpengaruhi dengan gaya hidup konsumerisme. Pasalnya, teman-teman dan lingkungan saya masih memegang teguh adat ketimuran khas Indonesia.
Pendapat mereka tentang konsumerisme adalah mereka menyadari bahwa gaya hidup konsumerisme tidak memberi keuntungan, justru sebaliknya. Oleh karenanya, mereka sadar itu tidak baik dan secara sadar menghindari untuk menerapkannya.
2. Apakah aku sendiri selama ini terpengaruh oleh gaya hidup konsumerisme?
Jawaban: Sejauh ini, aku sendiri juga tidak terpengaruhi dengan gaya hidup konsumerisme. Selain karena mawas diri, hal ini mungkin berkat dukungan lingkungan.
B. Hasil Diskusi
Apa dampak-dampak negatif dari konsumerisme dan bagaimana cara kita mengantisipasinya?
Jawaban:
Dampak-dampak negatif dari konsumerisme di antaranya:
Cara mengantisipasi konsumerisme dapat kita lakukan dengan membuat rencana belanja atau anggaran biaya agar pengeluaran terkontrol.
Memiliki pola pikir untuk hidup hemat membantu kita membuat daftar prioritas dan mana yang sebenarnya kita butuhkan, bukan hanya kita inginkan.
C. Refleksi
Apakah aku sudah melakukan tahapan kegiatan observasi ini dengan optimal? Apa yang belum berjalan dengan baik? Apa yang akan aku perbaiki di aktivitas observasi berikutnya?
Jawaban: Aku sudah melakukan tahapan kegiatan ini dengan optimal, termasuk melakukan pengamatan dengan seksama dan mencatat informasi yang relevan.
Apa yang belum berjalan baik pada observasiku kali ini adalah aku kesulitan mengatur waktu untuk berdiskusi dengan teman-teman hingga kehabisan waktu.
Di aktivitas observasi berikutnya, aku akan berusaha untuk lebih melakukan manajemen waktu dengan baik.
Sebagai penafian, artikel kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 33 Kurikulum Merdeka ini dibuat sebagai panduan bagi orang tua/wali dan guru, bukan agar siswa dapat menyontek.
Sonora.ID tidak bertanggung jawab apabila terdapat kekeliruan pada jawaban di atas.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News