Ciptakan Generasi Yang Unggul Lewat Seni dan Budaya

4 September 2024 16:36 WIB
Keterangan Foto : Sekretaris Daerah Kubu Raya, Yusran Anizam sedan meninjau karya poster dari anak - anak SLTP se Kabupaten Kubu Raya.
Keterangan Foto : Sekretaris Daerah Kubu Raya, Yusran Anizam sedan meninjau karya poster dari anak - anak SLTP se Kabupaten Kubu Raya. ( Sonora.ID/Wilhelmus Triputra)

Kubu Raya, Sonora.ID – Puncak Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Kubu Raya Tahun 2024 Serta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Kubu Raya Tahun 2024 resmi dibuka pada Rabu (4/9/2024), di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga nilai-nilai luhur dalam kehidupan masyarakat yang perlu dilestarikan dan dijaga.

Adapaun yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, Anang Santosa, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Arianto, dan tamu undangan yang hadir.

Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dan Festival Tunas Bahasa Ibu sangat luar biasa, serta merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan.

Ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbudristek dengan Balai Bahasa Kalimantan Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran kepala sekolah, guru – guru, dan anak-anak pelajar tingkat SD dan SLTP se Kabupaten Kubu Raya dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Sangat luar biasa, bagaimana semua elemen menjaga, menumbuhkembangkan nilai – nilai luhur budaya masyarakat kita. Bahasa maupun kesenian ditumbuhkembangkan, tunas – tunas anak kita berikan pemahaman semua terkait nilai – nilai luhur budaya, “ungkap Yusran Anizam.

Menurutnya, karena hal tersebut erat kaitannya dengan karakter dengan bangsa Indonesia dilihat secara global, dan merupakan suatu modal awal untuk menjadikan generasi yang unggul untuk ke depannya.

“Insyaallah, karena nilai – nilai luhur budaya yang diwariskan menyertai mereka, “imbuhnya.

Jika dikaitkan dengan Kurikulum Merdeka Belajar, Yusran menegaskan tentu kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasinya.

Dari 12 SD, dan 10 SLTP, 400 anak mengikuti GSMS dan 150 anak mengikuti FTBI, semua berpartisipasi dan menampilkan karya – karya seni mereka, seperti seni teatrikal, musik, poster, kriya dan kesenian lainnya.

“Saya harap seluruh pihak bisa memasyarakatkan dan menyambut event ini untuk menciptakan generasi yang unggul ke depannya, “tutur Yusran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm