Sonora.ID – Berikut ini adalah kunci jawaban Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 8 halaman 50 – 53 Kurikulum Merdeka.
Pendidikan Agama Islam atau PAI merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa-siswi yang beragama Islam.
Dalam pelajaran PAI, terdapat sejumlah materi yang perlu dipelajari dan dipahami oleh siswa.
Sebelum melihat kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 50, 51, 52 dan 53 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan terlebih dahulu menjawab soal secara mandiri.
Mengutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP, Tatik Pudjiani dan Bagus Mustakim (2021), berikut ini adalah latihan soal dan kunci jawaban PAI kelas 8 halaman 50-53 Kurikulum Merdeka yang bisa dijadikan pedoman belajar di rumah.
Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 19 Kurikulum Merdeka: Refleksi
Rajin Berlatih
I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.
1. Perhatikan pernyataan berikut!
Pernyataan yang menunjukkan pengertian iman kepada kitab secara tafsili adalah ....
A. Meyakini bahwa Allah Swt telah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya tanpa harus mengetahui nama kitab dan rasul penerimanya
B. Mengimani penjelasan al-Qur’an dan hadis yang menyebutkan kitab-kitab Allah secara terperinci seperti nama dan nama rasul penerima
C. Beriman kepada semua kitab yang diturunkan oleh Allah Swt baik yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw maupun para nabi terdahulu
D. Membenarkan kitab-kitab Allah di dalam hati, mengikrarkan dengan lisan, dan mengamalkannya dalam perbuatan sehari-hari
Jawaban: B
2. Perhatikan tabel berikut!
Kitab Bahasa
1 Al-Qur’an A Ibrani
2 Taurat B Suryani
3 Injil C Qibti
4 Zabur D Arab
Pasangan kitab Allah dan bahasa kitab yang benar adalah ...
A. 1-D, 2-A, 3-B, 4-C
B. 1-D, 2-B, 3-C, 4-A
C. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B
D. 1-D, 2-A, 3-C, 4-B
Jawaban: A
3. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Diturunkan di Bukit Sinai
(2) Memuat akhlak dan budi pekerti
(3) Diturunkan secara berangsur-angsur
(4) Perintah untuk menyucikan hari Sabtu
(5) Mengandung perintah mengesakan Allah
Pernyataan yang berhubungan dengan kitab al-Qur’an terdapat pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
Jawaban: D
4. Perhatikan narasi berikut!
Kitab ini diturunkan di daerah Yerusalem, sekitar sepuluh abad sebelum masehi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Qibti. Kitab ini berisikan zikir dan penghormatan kepada Allah Swt. dan nasehat-nasehat tentang kebaikan bagi manusia. Kitab yang dimaksud pada narasi tersebut diturunkan kepada Nabi ....
A. Musa a.s.
B. Isa a.s.
C. Dawud a.s.
D. Ibrahim a.s.
Jawaban: C
5. Perhatikan narasi berikut!
Kitab ini diturunkan di daerah Yerusalem, sekitar satu abad sebelum masehi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Suryani. Berikut ini yang menjadi isi pokok kitab pada narasi tersebut adalah ....
A. Perintah menyucikan dari dari perilaku duniawi yang berlebihan
B. Zikir dan penghormatan kepada Allah Swt
C. Pengetahuan tentang alam semesta dan astronomi
D. Menyucikan hari sabtu
Jawaban: A
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 halaman 49 Kurikulum Merdeka
6. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Meyakini kebenaran semua kitab terdahulu
(2) Hanya meyakini isi kandungan yang sesuai dengan al-Qur’an
(3) Meyakini bahwa kandungan yang berbeda dengan al-Qur’an berarti salah
(4) Meyakini bahwa kandungan kitab terdahulu hanya berlaku pada zamannya
(5) Meyakini bahwa semua kandungan kitab terdahulu sudah tidak berlaku lagi
Pernyataan tentang iman kepada kitab terdahulu yang benar terdapat pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
Jawaban: B
7. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengikuti kajian majelis taklim
(2) Membaca terjemah al-Qur’an
(3) Mempelajari ilmu tajwid
(4) Merenungi maknanya
Pernyataan yang berhubungan dengan kegiatan memahami al-Qur’an terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban: C
8. Perhatikan ilustrasi berikut!
Andi rajin membaca al-Qur’an setiap hari. Ia juga aktif di grup sosial media kelompok pengajian. Setiap kali mendapat informasi di grup sosial media, Andi segera mengirimkan informasi itu ke grup sosial media kelas. Suatu ketika Andi mengirim informasi tentang kemurnian al-Qur’an dan kepalsuan kitab Injil di grup kelas. Informasi ini pun diprotes Yohanes, teman satu kelas Andi, yang beragama Kristen. Yohanes merasa kiriman Andi di grup kelas tidak menghargai kitab suci umat Kristen.
Bagaimana pendapatmu tentang permasalahan ini?
A. Sikap Andi sudah benar karena menyampaikan kebenaran al-Qur’an kepada teman-temannya
B. Andi seharusnya tidak membagikan informasi itu ke grup kelas karena ada Yohanes yang beragama Kristen
C. Andi perlu mendalami makna kemurnian al-Qur’an secara moderat sehingga bisa lebih menghargai kitab suci umat beragama lain
D. Andi seharusnya membuat grup khusus untuk peserta didik yang beragama Islam dan membagikan info itu di grup khusus agama Islam
Jawaban: C
9. Perhatikan pernyataan berikut!
Pernyataan-pernyataan berikut ini benar, kecuali ....
A. Tidak ada agama yang sama karena pemahaman dan praktik berbeda
B. Islam, Yahudi, dan Nasrani memiliki sejarah nabi dan kitab suci sama
C. Semua agama sama karena pada dasarnya nabi dan kitabnya sama
D. Meskipun berbeda, ada kesamaan di dalam semua agama
Jawaban: C
10. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mempengaruhi agar Yahudi dan Nasrani masuk Islam
(2) Mengusir Yahudi dari Madinah karena tidak mau memeluk agama Islam
(3) Berhubungan baik dengan Yahudi dan Nasrani dalam kehidupan sehari-hari
(4) Bekerjasama dengan Yahudi dan Nasrani melindungi Madinah dari serangan musuh
Pernyataan tersebut yang dilakukan oleh Rasulullah terhadap Yahudi dan Nasrani di Madinah adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban: D
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 Halaman 90 Kurikulum Merdeka
*) Disclaimer:
- Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
- Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.