Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 72, 73, dan 74 Kurikulum Merdeka: Kegiatan 3.
Kunci jawaban di bawah ini diharapkan bisa menjadi bahan belajar untuk para siswa di rumah sehingga para siswa dapat memahami lebih dalam mengenai materi tersebut.
Para siswa pun dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu lalu mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 Kurikulum Merdeka Kegiatan 3
(1) Arti kosakata sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia
(2) Menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik berdasarkan cerpen “Tukang Cukur” karya Budi Darma.
(a) Tema utama dari cerpen “Tukang Cukur” adalah tentang manusia yang oportunis karena dalam cerita tersebut tokoh Tukang Cukur selalu mengikuti kelompok yang sedang menang.
Pertama, dia bergabung PKI kemudian mengkhianatinya karena PKI kalah melawan TNI (pasukan Siliwangi).
Kedua, dia bergabung dengan TNI (pasukan Siliwangi) walau kemudian TNI mengetahui keculasannya.
Ketiga, dia bergabung dengan Belanda menjadi pasukan KNIL ketika Belanda berhasil menguasai Yogyakarta.
Terakhir, dia menjadi pasukan NII dan mati terbunuh di bekas pabrik rokok. Tema tambahan dari cerpen “Tukang Cukur” adalah penggambaran kemiskinan pada zaman itu.
Hal ini seperti tokoh Gito yang makan seadanya dengan pakaian yang tidak pantas dipakai.
(b) Yang menjadi tokoh utama adalah Tukang Cukur karena dia menjadi pusat perhatian dalam cerita dan banyak hal dalam hidupnya disorot.
Tokoh tambahan yang muncul hanya sesekali, yaitu Gito, ayah, Ibu, Dasuki, Kakek Leman, Ruslan.
(c) Penokohan cerpen “Tukang Cukur” dibagi menjadi 3, yaitu tokoh protagonis (Gito, ayah, dan ibunya). Mereka mewakili kebaikan karena tidak pernah berbuat jahat.
Kedua adalah tokoh antagonis, yaitu tokoh yang mewakili kejahatan (Tukang Cukur yang berpindah-pindah keberpihakan).
Kemudian, tokoh campuran. Tokoh campuran merupakan penggambaran sikap tokoh yang memiliki sisi baik selain sisi buruk.
Hal ini ada pada diri Ruslan yang terlihat ketika dia memberi pertolongan kepada keluarga Gito ketika perang datang tetapi pada akhir cerita justru Ruslan diketahui sebagai salah satu pemberontak.
(d) Sudut pandang pencerita yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga, yaitu sudut pandang dari tokoh Gito.
(e) Tahap-tahap Alur yang digunakan ada lima tahap sebagai berikut.
(f) Latar yang digunakan meliputi latar waktu, tempat, dan suasana.
(g) Gaya bahasa yang digunakan dalam cerpen “Tukang Cukur” ini sangat mewakili suasana dalam cerpen yang penuh ketegangan, seperti penggambaran perang yang memaksa Gito dan ayah ibunya untuk mengungsi.
Hal ini terlihat pada kalimat: Setelah Kudus ditinggal oleh pasukan Siliwangi, pada suatu hari, ketika fajar hampir tiba, seluruh kota Kudus terasa bergetar-getar, langit dilalui pesawat cocor merah yang terbang sangat rendah, datang dan pergi, datang dan pergi lagi.
(h) Amanat yang terkandung dalam cerpen “Tukang Cukur” adalah jangan mempunyai sifat oportunis seperti Tukang Cukur.
Demikianlah paparan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 72, 73, dan 74 Kurikulum Merdeka: Kegiatan 3. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA Halaman 45 46 Kurikulum Merdeka: Ayo Berlatih
Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.