Sonora.ID - Temukan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 46 kurikulum Merdeka pada artikel berikut ini.
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari siswa mulai dari SD hingga SMA bahkan perguruan tinggi.
Di kelas 11, siswa akan mempelajari teks berita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu materinya adalah menganalisis berita hingga vlog.
Pada soal Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 46 Kurikulum Merdeka Kegiatan 2 Bab 2, siswa diminta untuk menganalisis vlog.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 Kurikulum Merdeka Kegiatan 3
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46
Kegiatan 2 Menganalisis Vlog
Perhatikan vlog “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi” di bawah ini. Bentuklah kelompok bersama 3-4 kawan kalian. Diskusikan secara berkelompok beberapa hal terkait dengan inovasi serta keterkaitannya dengan usaha untuk menjaga kota dan komunitas yang keberlanjutan.
VLOG 2
Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi
Berdasarkan tayangan video “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas?
Jawaban:
Perajin dalam vlog tersebut menggeluti produk mainan edukasi anak yang terbuat dari kayu. Mainan tersebut dibuat khusus untuk sekolah Montessori.
2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat.
Jawaban:
Dampak dari pendemi, pesanan mebel ikut menurun sehingga penghasilan perajin mebel turun drastis.
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 68 Kurikulum Merdeka
Setelah perajin beralih memproduksi mainan anak dari kayu, penghasilan meningkat karena pesanan dari sekolah-sekolah meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri seperti Singapura.
Hal itu berdampak positif terhadap kepentingan masyarakat karena roda ekonomi mulai berputar sehingga penghasilan perajin dan penyedia bahan baku kayu meningkat.
3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut. Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kedekatan lokasi.
Jawaban:
Kerajinan mainan anak berbahan kayu ini diproduksi di Malang, Jawa Timur.
Para perajin mengirim produk mainan anak berbahan kayu ke luar negeri, salah satunya Singapura.
Poin menarik dari teks berita yang ada pada vlog tersebut adalah karena perajin berasal dari Malang, Indonesia.
Kedekatan lokasi yang terletak di satu negara yang sama dengan penonton, yaitu Indonesia, menyebabkan teks berita ini menarik bagi penduduk Indonesia.
4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest).
Jawaban:
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 57 Kurikulum Merdeka
Produk ini lebih menarik karena merupakan inovasi paling baru yang dibunakan negara-negara yang lebih berkembang.
Dengan adanya mainan baru ini, diharapkan murid di Indonesia juga akan menerima dampak positifnya.
Pada vlog, terdapat gambar dan informasi yang menunjukkan berbagai macam jenis permainan dari kayu yang dibuat oleh Yusuf Affandi.
Sebagai perajinm Yusuf Affandi menunjukkan kegigihan dan pantang semangat dalam membuat permainan dari bahan kayu.
Hal tersebut merupakan ekspresi emosional yang dapat menarik simpati penonton.
Penonton yang berasal dari kalangan pendidikan atau orang tua memiliki ketertarikan kepada content vlog sebagai salah satu ekspresi emosional dari minat mereka terhadap bidang pendidikan atau edukasi anak.
5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa dan menyimak vlog tersebut?
Jawaban:
Pembuat vlog berharap agar kegigihan, sikap pantang semangat dan selalu berinovasi yang ia lakukan bisa menginspirasi para penonton.
Selain itu, pembuat vlog juga merasa keterbatasan bukanlah sebuah halangan untuk terus maju.