Peran Aktif Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kubu Raya

14 September 2024 15:10 WIB
 Peran Aktif Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kubu Raya.
Peran Aktif Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kubu Raya. ( Istimewa)


Kubu Raya, Sonora.ID - Pada hari ke-2 kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting kali ini Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kubu Raya melibatkan Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan Kabupaten Kubu Raya dalam implementasinya. Rakor tersebut digelar di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (13/9/2024).

Dalam sambutan Pj Bupati Kubu Raya, yang diwakilkan dalam hal ini oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Drs. Supriaji,

M.Si., sekaligus membuka Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Bersama Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan Kabupaten Kubu Raya, menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi dan Akademisi memiliki peranan penting dalam pelaksanaan program penurunan prevalensi stunting.

"Implementasi praktik terhadap penanganan penurunan stunting tingkat daerah dengan melakukan edukasi dan promosi kepada masyarakat melalui pendekatan keluarga sebagai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama pengabdian masyarakat, "ungkapnya.

Baca Juga: Sekda Jabar Sebut Kader Posyandu Berperan Penting Turunkan Stunting

Dalam sambutan juga disampaikan organisasi perempuan merupakan suatu wadah aktualisasi perempuan yang mampu berkontribusi di lingkungan pedesaan seperti Posyandu, Dasa Wisma

dan kelompok kegiatan lainnya seperti Bina Keluarga Balita serta Bina Keluarga Remaja yang memiliki peran strategis dalam 1000 hari pertama kehidupan.

Perempuan sebagai tokoh sentral ketahanan keluarga dalam upaya perbaikan gizi keluarga, upaya pencegahan perkawinan anak, dan berkontribusi terhadap pencegahan kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak yang bermuara pada Zero Stunting.

"Melalui kegiatan koordinasi ini diharapkan dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Kubu Raya dipercepat dengan peran dari berbagai sektor antara lain peran Perguruan Tinggi dan Organisasi Perempuan. Melalui koordinasi lintas sektor yang mungkin lebih ditingkatkan lagi secara masif dan berkelanjutan, "ujarnya.

Kepala DP3KB Kubu Raya, dr. Dyah Tutwuri Handayani, M.Kes., saat ditemui usai pembukaan kegiatan menerangkan tujuan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting kali ini adalah salah satu bagian dari aksi konvergensi percepatan penurunan stunting melalui aktualisasi dari perempuan agar mengefektifkan 1000 hari pertama kehidupan, terutama melalui pengasuhan optimal 1000 hari kehidupan dan untuk Perguruan Tinggi akan bersinergi terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm