Pengertian, Niat, dan Tata Cara Mandi Junub Sesuai Ajaran Islam

15 September 2024 17:00 WIB
Ilustrasi, tata cara mandi junub
Ilustrasi, tata cara mandi junub ( Freepik)

Sonora.ID - Berikut ini adalah pengertian, tata cara mandi junub, beserta dengan bacaan niatnya sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam ajaran Islam, kebersihan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan termasuk dalam bagian dari iman. 

Salah satu cara menjaga kebersihan dan kesucian diri adalah dengan melaksanakan mandi junub atau mandi besar, yang wajib dilakukan ketika seorang Muslim berada dalam keadaan hadas besar. 

Hadas besar dapat terjadi setelah berhubungan suami istri, mimpi basah, atau bagi wanita setelah selesai dari masa haid dan nifas. 

Mengetahui tata cara mandi junub yang benar sangat penting agar ibadah yang kita lakukan sah dan diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid, Wanita Muslim Wajib Tahu!

Mandi junub merupakan syarat sah untuk menjalankan ibadah-ibadah tertentu seperti salat dan puasa, karena orang yang berada dalam keadaan junub dilarang melaksanakan ibadah-ibadah tersebut.

Dalam artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian mandi junub, niat yang harus diucapkan, serta langkah-langkah tata cara mandi junub sesuai dengan tuntunan agama Islam. 

Doa dan Niat Mandi Junub

Niat mandi junub merupakan salah satu syarat sahnya mandi. Niat dilakukan dalam hati, dan mengucapkannya dengan lisan juga dianjurkan. Adapun niat mandi junub adalah sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm