Sonora.ID – Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban PTK Pintar Kemenag 3.1, bagian Konsep Penelitian Tindakan Kelas.
Soal PTK Pintar Kemenag 3.1 membahas tentang berbagai materi. Materi-materi ini memuat konsep, komponen, dan sistematika publikasi dalam bentuk best practice.
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari mengenai Konsep Penelitian Tindakan Kelas di 3.1. Dan setiap materi tentunya ada soal untuk menguji seberapa jauh kemampuan yang dimiliki.
Pada modul 3.1 Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), para guru akan mengerjakan 10 soal berupa pilihan ganda di platform PINTAR Kementerian Agama (Kemenag), https://pintar.kemenag.go.id/.
PINTAR atau Pusat Informasi Pelatihan & Pembelajaran merupakan salah satu program pelatihan yang diusung oleh Kemenag.
Baca Juga: Kunci Jawaban PTK Pintar Kemenag Modul 3.2, Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas
Program ini terbuka bagi semua ASN Kemenag di Indonesia.
Dikutip dari laman pintar.kemenag.go.id, PINTAR terbagi ke dalam dua kategori pembelajaran, yaitu pelatihan dan pengetahuan.
Semua kategori tersebut tersedia dalam bentuk artikel, video, dan materi untuk meningkatkan skill dan kapasitas SDM Kementerian Agama.
Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban PTK Pintar Kemenag 3.1, bagian Konsep Penelitian Tindakan Kelas.
1. Sebagai pembeda dengan pembelajaran biasa, maka PTK minimal dilaksanakan…siklus…kali pertemuan.
A. 2&2
B. 2&1
C. 1&2
D. 1&1
Jawaban: A
2. Penelitian Tindakan Kelas dapat dimaknai sebagai ...
A. Perpuan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan di kelas untuk menunjukkan profesionalisme guru
B. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri pada proses pembelajaran
C. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara sebagaimana lesson study
D. Proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri guru guna pemenuhan standar isi.
A. Pengaruh Kumon Method terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika pada materi Bahasan Gerak pada Siswa Kelas XI MAN Mandiri Berprestasi Tahun Pelajaran 2021/2022
B. Evaluasi Pemanfaatan Model Pembelajaran JIGSAW dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X, Mata Pelajaran Biologi Materi Perkembangbiakan, Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI Semester I MI Tunas Bangsa
D. Peningkatan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan Alat Peraga Kartu Huruf Melalui Video Pembelajaran Youtube dan Whassap Grup pada Materi Perkenalan diri Bidang Studi Bahasa Inggris Siswa Kelas VII F MTS X, Kabupaten Kutercinta Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
Α. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa MI Kelas V melalui Project Based Learning pada Materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap tahun 2021/2022
B. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning pada Materi Jenishenis Tanah terhadap Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul Jannah Semester Genap tahun 2021/2022
C. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Project Based Learning pada materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap di MI Raudhatul Jannah, tahun 2021/2022
D. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul Jannah, melalui Problem Based Learning pada Jenis-jenis
A. Masalah dapat diselesaikan melalui perubahan metode pembelajaran
B. Terjadinya peningkatan hasil pada variabel masalah penelitian
C. Guru merasa puas dengan hasil penelitian yang dilakukannya
D. Telah ditemukannya masalah riil dikelas guru tersebut
A. meningkatnya ranking peserta didik
B. adanya pemanfaatan media sekaligus model pembelajaran
C. terjadinya perbaikan atau peningkatan mutu pembelajaran
D. berkurangnya beban tim supervisi
A. guru tidak perlu keluar kelas untuk meneliti
B. menggunakan analisis lengkap baik kualitatif mupun kualitatif
C. penggunaan teori dari bermacam referensi ilmiah
D. sampelnya cukup beberapa orang siswa saja di kelas
A. Guru, peserta didik, kolaborator, dan lingkungan
B. Guru, materi ajar, peserta didik, kolaborator
C. Guru, peserta didik, materi ajar, dan lingkungan
D. Guru, materi ajar,kolaborator, dan lingkungan
Baca Juga: 20 Contoh Soal dan Kunci Jawaban IKM Pintar Kemenag, Lengkap!
A. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi.
B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi.
C. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan menggunakan LKPD.
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas.
A. Guru cepat naik pangkat
B. Menjalin kolaborasi antarguru
C. Guru dapat mengumpulkan angka kredit
D. Meningkatkan mutu pembelajaran
AMampu memberikan sebuah perubahan atau perbedaan sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa
B. Menggunakan cara yang sudah ada dalam mengatasi suatu masalah dalam pendidikan khususnya pembelajaran
C. Mampu mengembangkan cara baru dan inovatif dalam memecahkan suatu masalah dalam pendidikan khususnya pembelajaran
D. Mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan (keberhasilan lestari) atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan (tidak sesaat)
A. Proposal penelitian seorang guru/kamad/pengawas yang dilakukan di tempat tugasnya
B. Pengalaman terbaru seorang guru/kamad/pengawas dalam mengatasi berbagai permasalahan di tempat tugas
C. Pengalaman terbaik seorang guru/kamad/pengawas yang dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan di tempat tugas
D. Penelitian terbaik seorang guru/kamad/pengawas sebanyak minimal 2 siklus
A. Aksi
B. Reaksi
C. Refleksi
D. Strategi
Jawaban: A
14. Berikut ini aktifitas pada sikius perencanaan PTK.
A. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi
B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi
C. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan Intrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan menggunakan LKPD
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas
Jawaban: B
15. Pada metode STAR yang digunakan dalam penyusunan best practice, langkah pertama yang dilakukan adalah ….
A. Melihat tantangan yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai
B. Melakukan refleksi dari aksi yang telah dilakukan
C. Melihat situasi atau kondisi yang melatarbelakangi penerapan strategi yang akan digunakan
D. Melaksanakan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapai tantangan yang telah ditemukan
Jawaban: C
16. Pada metode STAR yang digunakan dalam penyusunan best practice, langkah ketiga yang dilakukan adalah ….
A. Melihat situasi atau kondisi yang melatarbelakangi penerapan strategi yang akan digunakan
B. Melaksanakan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang telah ditemukan
C. Melakukan refleksi dari aksi yang telah dilakukan
D. Melihat tantangan yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai
Jawaban: B
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: Kunci Jawaban Metodologi Pembelajaran Pintar Kemenag Modul 3.5