Peran Penting dan Tantangan Media dalam Mewujudkan Pilkada Berintegritas

26 September 2024 15:30 WIB
Media Gathering dengan tema “Sinergitas untuk Pilkada Kota Malang yang Berintegritas” yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang pada Rabu (25/09/2024) di Hotel Zamzam Kota Batu.
Media Gathering dengan tema “Sinergitas untuk Pilkada Kota Malang yang Berintegritas” yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang pada Rabu (25/09/2024) di Hotel Zamzam Kota Batu. ( )

Malang, Sonora.ID – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berintegritas merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga keberlanjutan demokrasi di Indonesia.

Pelaksanaan pilkada yang jujur, adil, transparan, serta penegakan hukum yang ketat menjadi kunci utama untuk mewujudkan demokrasi yang sehat.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk penyelenggara, pasangan calon (paslon), pemilih, pemantau, dan media.

Hal ini disampaikan oleh akademisi Sugeng Winarno, S.Sos., M.A. dalam acara Media Gathering dengan tema “Sinergitas untuk Pilkada Kota Malang yang Berintegritas” yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang pada Rabu (25/09/2024) di Hotel Zamzam Kota Batu.

Menurut Sugeng media memegang peranan penting dalam memastikan integritas pilkada tetap terjaga, antara lain:

  1. Media sebagai Pilar Keempat Demokrasi

Media sering disebut sebagai pilar keempat demokrasi. Setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif, media berfungsi sebagai pengawas dan penyeimbang kekuasaan.

Dalam Pilkada, peran media menjadi sangat vital dalam memberikan pengawasan terhadap seluruh proses yang berlangsung.

Media berperan memastikan setiap tahapan pilkada berjalan sesuai dengan aturan dan meminimalisir potensi kecurangan yang mungkin terjadi.

  1. Penyedia Informasi Akurat dan Objektif

Selain sebagai pengawas, media juga bertugas sebagai penyedia informasi yang akurat dan objektif.

Di tengah derasnya arus informasi, masyarakat membutuhkan pemberitaan yang dapat diandalkan untuk menentukan pilihan secara bijak.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm