KPU Sulut Gandeng Lantip Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2024

3 Oktober 2024 19:04 WIB
( )

ManadoSonora.ID  Komisi Pemilihan Umum hari inimenggelar kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernurdan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2024 bersama LansiaAktif Peduli Indonesia (Lantip) yang berlokasi di Roger’s Hotel, Manado. Kamis (03/10/24).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara Kenly Poluandalam sambutannya di hadapan ratusan Lantip yang hadirmengatakan bahwa indikator pemilihan adalah semua wargamemilih berdasarkan visi-misi dan rekam jejak dari pasangancalon dan Kenly berharap bantuan dan dukungan dari LantipSulawesi Utara agar proses ini harus diperkuat denganpenguatan pemilih yang rasional di Sulawesi Utara.

Lebih lanjut Kenly Poluan menjelaskan dalam hal pengelolaanlogistik terkait formulir surat suara pencalonan yang rencananyapercetakan surat suara akan di mulai tanggal 07 Oktober 2024yang dalam proses pengadaannya secara e-katalog dikelola olehKPU RI bekerjasama dengan LKPP, kemudian percetakan suratsuara akan dilaksanakan di Pasuruan, Jawa Timur. Sebelumnyaproses pengaadaan ini dikelola dan diawali dengan kontrakpayung antara KPU RI dan LKPP.

Berdasarkan kontrak tersebutKPU Provinsi dan Kabupaten /Kota itu melakukan denganproses pengadaan elektronik tidak seperti pilkada-pilkadasebelumnya yang masih menggunakan proses pengadaanmanual,”tuturnya.

Baca Juga: KPU Pontianak Gelar Sosialisasi DPTb Jelang Pilkada Mendatang

Kenly Poluan menambahkan berdasarkan hasil rekapitulasidaftar pemilih tetap untuk lansia berjumlah 42.606 pemilihlansia atau 2,2%.

Kalau dilihat dari presentase itu kecil namunKenly menerangkan bahwa lansia ini memiliki keluarga yang besar yakni anak dan cucu-cucu bahkan para lansia ini sebagianbesar adalah tokoh, mantan pejabat birokrasi, TNI-Polri, maupun politisi, sehingga dari segi komunikasi memilikiimplikasi yang besar terhadap pemilih yang rasional.”tambahnya.

Sementara itu di lokasi yang sama Ketua Lansia Aktif PeduliIndonesia (Lantip) Dra Roosje Kalangi MSi dalam sambutannyamengatakan bahwa Lantip Sulawesi Utara baru saja dibentukpada tanggal 02 September 2024 dan diteguhkan dan dilantikoleh Ketua Umum Lantip Indonesia KomjenPol PurnawirawanIto Sumardi.

Dra Roosje Kalangi menyampaikan terima kasihkepada penyelenggara pemilu secara khusus KPU Sulut yang memberikan kesempatan untuk mengikuti sosialisasipelaksanaan pilkada serentak 2024 dan berperan sebagai agenuntuk meneruskan kepada anak – cucu yang sudah wajibmemilih.”ungkapnya.

Selanjutnya Anggota Dewan Kehormatan PenyelenggaraanPemilu Republik Indonesia Muhammad Tio Aliansyahmenyampaikan bahwa pilkada serentak ini merupakan yang sesungguhnya karena potensi konfliknya lebih kerasa daripadapelaksanaan pilpres maupun plieg yang lalu.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm