Sonora.ID - Berikut ini contoh deskripsi PPPK Guru Agama Islam 3000 karakter seperti yang diminta dalam laman pengisian riwayat.
Pemerintah membuka seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru pada 2024 ini.
PPPK 2024 dibuka khusus bagi tenaga non-ASN (Aparatur Sipil Negara) yang telah bekerja di Pemerintah dengan tujuan menuntaskan penataan pekerja honorer.
Adapun PPPK guru, termasuk guru mata pelajaran Agama Islam, menjadi salah satu formasi yang dibuka dalam seleksi PPPK 2024.
Calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dan melampirkan dokumen lengkap sesuai persyaratan yang ada.
Baca Juga: 3 Contoh Deskripsi Diri PPPK Teknis Administrasi 3000 Karakter
Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam 3000 Karakter
1. Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SD
Dengan latar belakang pendidikan di Universitas Islam Negeri Jakarta jurusan Pendidikan Agama Islam, saya telah mengabdikan diri sebagai guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 07 Bekasi selama 7 tahun. Dalam peran ini, saya telah mengimplementasikan berbagai pendekatan pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka untuk membimbing siswa memahami nilai-nilai Islam secara lebih mendalam dan kontekstual.
Sebagai seorang guru di tingkat SD, saya menyadari pentingnya membentuk karakter siswa sejak usia dini. Oleh karena itu, saya berfokus pada pengajaran yang tidak hanya berbasis pengetahuan agama, tetapi juga penerapan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Saya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang memungkinkan siswa untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam aktivitas nyata. Contohnya, melalui proyek “Peduli Sesama”, siswa diajak untuk belajar tentang pentingnya bersedekah dan berbuat baik kepada lingkungan sekitar mereka.
Dalam pengajaran, saya menggunakan pendekatan berdiferensiasi sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Setiap siswa memiliki potensi dan kecepatan belajar yang berbeda, sehingga saya berusaha menyesuaikan materi dengan kemampuan mereka. Saya juga memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, seperti video interaktif dan aplikasi pendidikan Islam untuk membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Selain mengajar, saya juga aktif dalam kegiatan keagamaan sekolah, seperti menjadi pembimbing ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur'an. Melalui kegiatan ini, saya membantu siswa untuk tidak hanya menghafal Al-Qur'an, tetapi juga memahami maknanya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga terlibat dalam kegiatan keagamaan di luar sekolah, seperti menjadi narasumber dalam pengajian ibu-ibu dan majelis taklim di lingkungan sekitar.
Sebagai guru yang selalu ingin berkembang, saya telah mengikuti berbagai pelatihan terkait implementasi Kurikulum Merdeka dalam pengajaran agama. Saya juga sering mengikuti seminar tentang pendidikan karakter dan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran. Dengan pengalaman ini, saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar sebagai Guru PPPK PAI SD, serta membantu membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, dan memiliki pemahaman agama yang kuat.
2. Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SMP
Selama lebih dari 8 tahun mengajar di SMP Negeri 3 Bogor, saya telah mengabdikan diri sebagai guru Pendidikan Agama Islam yang fokus pada pengajaran berbasis nilai-nilai moral dan spiritual Islam, sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Saya lulus dari Universitas Islam Negeri Bandung pada tahun 2014 dan sejak saat itu, saya terus berusaha membimbing siswa untuk memahami ajaran Islam secara lebih mendalam dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai guru PAI di tingkat SMP, saya mengajarkan siswa tentang pentingnya iman, ibadah, dan akhlak yang baik, sambil tetap memperhatikan perkembangan mereka sebagai remaja yang sedang dalam masa transisi menuju kedewasaan. Saya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) untuk membantu siswa memahami isu-isu kehidupan yang mereka hadapi melalui perspektif Islam. Misalnya, dalam topik muamalah, siswa diajak untuk berdiskusi tentang bagaimana prinsip-prinsip Islam bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bersosialisasi dengan teman dan keluarga.
Saya juga sering melibatkan siswa dalam proyek-proyek sosial, seperti kegiatan bakti sosial atau kajian keislaman, yang tidak hanya menambah wawasan agama mereka, tetapi juga mengasah keterampilan sosial dan kepedulian terhadap sesama. Kurikulum Merdeka memungkinkan saya untuk memberikan fleksibilitas dalam merancang kegiatan-kegiatan ini, sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
Dalam proses pembelajaran, saya mengintegrasikan teknologi sebagai sarana untuk menjelaskan materi agama dengan cara yang lebih menarik. Penggunaan aplikasi digital dan video interaktif tentang sejarah Islam, misalnya, membuat siswa lebih antusias dalam belajar. Selain itu, saya menggunakan platform e-learning untuk memberikan penilaian formatif dan melihat perkembangan siswa secara berkala.
Sebagai guru, saya percaya pentingnya pendidikan karakter. Oleh karena itu, saya selalu menekankan pentingnya nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan rasa hormat dalam setiap pelajaran. Saya juga terlibat dalam pembimbingan kegiatan keagamaan sekolah seperti Rohani Islam (Rohis) di mana saya membantu siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan dan memperkuat iman mereka.
Dengan pengalaman ini, saya yakin bisa memberikan kontribusi lebih besar dalam peran sebagai Guru PPPK PAI di tingkat SMP. Saya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agama dan membimbing siswa menjadi individu yang berakhlak mulia serta memiliki pemahaman yang kuat terhadap ajaran Islam.
Baca Juga: 4 Contoh Deskripsi Diri PPPK Teknis 3000 Karakter untuk Inspirasi
3. Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SMA
Sebagai seorang lulusan Pendidikan Agama Islam dari Universitas Islam Negeri Yogyakarta, saya telah mengajar selama hampir 10 tahun di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Saya berkomitmen untuk mengajarkan ajaran Islam dengan pendekatan yang relevan dan aplikatif, sesuai dengan perkembangan siswa di usia remaja. Dalam mengajar, saya selalu merujuk pada prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang memberikan ruang bagi siswa untuk belajar dengan lebih mandiri dan kreatif.
Pada jenjang SMA, siswa diharapkan sudah memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang agama. Oleh karena itu, saya menekankan pembelajaran berbasis diskusi dan refleksi, di mana siswa diajak untuk memahami bagaimana ajaran-ajaran Islam dapat diterapkan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan tantangan masa kini. Saya sering memfasilitasi diskusi tentang topik-topik kontemporer seperti etika berteknologi dalam Islam, keadilan sosial, dan peran umat Islam dalam menjaga lingkungan.
Untuk membuat pembelajaran lebih dinamis, saya juga mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar. Misalnya, saya menggunakan video pembelajaran tentang sejarah peradaban Islam dan aplikasi interaktif untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Dengan bantuan teknologi, saya juga dapat memberikan tugas-tugas berbasis proyek yang memungkinkan siswa melakukan eksplorasi lebih jauh mengenai isu-isu agama dan sosial.
Selain mengajar di kelas, saya aktif sebagai pembina kegiatan Rohis di sekolah, di mana saya membimbing siswa dalam kegiatan keagamaan seperti kajian rutin, shalat berjamaah, dan pengajian. Saya percaya bahwa pengalaman spiritual yang didapat dari kegiatan ini akan membantu siswa dalam membangun keimanan yang kuat dan menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai pendidik, saya juga selalu terbuka untuk pengembangan diri. Saya telah mengikuti berbagai pelatihan terkait Kurikulum Merdeka dan strategi pembelajaran berdiferensiasi, yang membantu saya menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan setiap siswa. Saya juga aktif mengikuti seminar-seminar pendidikan Islam untuk memperkaya wawasan saya dalam mengajar.
Dengan latar belakang dan pengalaman yang saya miliki, saya optimis dapat memberikan kontribusi yang signifikan sebagai Guru PPPK PAI di tingkat SMA. Saya berharap dapat terus membimbing siswa menjadi generasi yang berakhlak, beriman, dan memiliki pengetahuan agama yang mendalam, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia global yang terus berkembang.
Demikian tadi sejumlah contoh deskripsi diri PPPK guru Agama Islam 3000 karakter. Semoga bermanfaat!