Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional, lengkap dengan jawabannya yang bisa jadikan materi belajar di rumah.
Penata Layanan Operasional menjadi salah satu formasi yang dibuka dalam pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024.
Dalam portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), formasi ini terbuka untuk pelamar dengan latar belakang pendidikan S1/D4.
Formasi Penata Layanan Operasional ini sendiri masuk ke dalam jenis pengadaan PPPK Teknis.
PPPK Teknis adalah jenis pengadaan yang diperuntukkan dalam lingkup fungsional tenaga teknis. PPPK tenaga teknis ini meliputi berbagai instansi kementerian.
Baca Juga: 7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru Honorer yang Profesional
Namun perlu diingat, ini hanyalah contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal yang asli.
1. Tugas utama seorang penata layanan operasional PPPK di instansi pemerintah adalah:
a. Pengelolaan dokumen dan arsip
b. Proses mengatur dan mengendalikan seluruh aktivitas perkantoran
c. Teknik pengarsipan
d. Pengaturan jadwal dan waktu
Jawaban: B
12. Apa tujuan utama dari administrasi perkantoran?
a. Meningkatkan keamanan dokumen
b. Mengatur struktur organisasi
c. Menyediakan layanan efektif dan efisien untuk mendukung operasi kantor
d. Menyusun agenda rapat
Jawaban: C
13. Apa saja fungsi dari administrasi perkantoran?
a. Pengaturan waktu dan jadwal
b. Pengelolaan dokumen dan arsip
c. Manajemen sumber daya manusia
d. Semua jawaban benar
Jawaban: D
14. Bagaimana struktur organisasi perkantoran biasanya disusun?
a. Berdasarkan lokasi
b. Berdasarkan fungsionalitas
c. Berdasarkan urutan abjad
d. Berdasarkan warna
Jawaban: B
15. Apa teknik pengarsipan yang umum digunakan?
a. Pengarsipan horizontal
b. Pengarsipan vertikal
c. Pengarsipan diagonal
d. Pengarsipan bulat
Jawaban: B
16. Apa yang dimaksud dengan sistem pengelolaan dokumen elektronik?
a. Sistem pengarsipan manual
b. Sistem pengaturan jadwal
c. Sistem yang menggunakan teknologi digital untuk menyimpan dan mengelola dokumen
d. Sistem pencatatan keuangan
Jawaban: C
17. Mengapa keamanan dan kerahasiaan dokumen penting dalam administrasi perkantoran?
a. Untuk mengurangi biaya
b. Untuk meningkatkan kecepatan akses
c. Untuk melindungi informasi sensitif dan menjaga privasi
d. Untuk mengatur jadwal rapat
Jawaban: C
18. Teknik apa yang digunakan untuk mengatur jadwal dan waktu?
a. Teknik pengarsipan
b. Teknik penyusunan agenda
c. Teknik manajemen waktu
d. Teknik pengelolaan dokumen
Jawaban: C
19. Apa alat bantu yang umum digunakan dalam manajemen waktu?
a. Kalender dan aplikasi manajemen waktu
b. Mesin fotokopi
c. Proyektor
d. Papan tulis
Jawaban: A
20. Mengapa penyusunan agenda dan rapat penting dalam administrasi perkantoran?
a. Untuk mengatur pengelolaan dokumen
b. Untuk memastikan rapat berjalan dengan terstruktur dan efisien
c. Untuk mengelola keamanan dokumen
d. Untuk mengatur teknik pengarsipan
Jawaban: B