Aplikasi Temu Resmi Diblokir Kemenkominfo, Apa Alasan di Baliknya?

9 Oktober 2024 17:00 WIB
Aplikasi Temu resmi dibloki oleh Kemenkominfo
Aplikasi Temu resmi dibloki oleh Kemenkominfo ( )

Sonora.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi memblokir aplikasi Temu, platform asal China. 

Langkah ini diambil karena aplikasi tersebut tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. 

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa tindakan pemblokiran ini merupakan respons cepat atas kekhawatiran masyarakat, khususnya pelaku UMKM. 

Ia menegaskan bahwa salah satu alasan utama pemblokiran adalah karena Temu belum memenuhi kewajiban pendaftaran sebagai PSE.

Baca Juga: Kemenkominfo Ajak Pelaku UMKM Kuasai Strategi Packaging dan Branding

Aplikasi Temu baru-baru ini menjadi sorotan di Indonesia karena dikhawatirkan bisa merugikan pasar lokal, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). 

Temu adalah platform belanja daring yang dikenal dengan harga produknya yang sangat murah. 

Aplikasi ini dianggap dapat berdampak negatif pada sektor ekonomi Indonesia, mirip dengan masalah yang sebelumnya ditimbulkan oleh TikTok Shop.

Beragam barang, mulai dari aksesori kendaraan, pakaian, hingga peralatan rumah tangga, dapat ditemukan di Temu. 

Meskipun menawarkan layanan serupa, Temu dikenal dengan penawaran harga yang sangat murah dibandingkan dengan aplikasi marketplace lainnya. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm