Sonora.ID - Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 119, 120 kurikulum Merdeka untuk disimak.
Siswa/i akan mendapatkan materi terkait 'Mengevaluasi Gagasan dan Pandangan dalam Teks Berita yang Dibaca' pada halaman 119-120 buku Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka.
Terdapat sejumlah soal yang dapat dikerjakan oleh siswa/i untuk mengukur pemahaman terkait materi tersebut.
Berikut Sonora ID bagikan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 119, 120 kurikulum Merdeka untuk disimak sebagai referensi koreksi jawaban.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 88 Kurikulum Merdeka
Latihan
Bacalah contoh teks berita berikut.
Judul - Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi
Setelah membaca teks tersebut, kerjakanlah soal-soal di bawah ini.
1. Lakukanlah penilaian terhadap fakta dan opini pada Tabel 4.4. Centanglah pilihan ya atau tidak pada kolom yang disediakan.
Jawaban:
2. Setujukah kalian, jika teks berita "Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi" layak dibaca oleh masyarakat umum?
Jawaban:
Setuju, karena teks tersebut memang layak untuk dibaca masyarakat. Tujuannya agar masyarakat mengetahui jenis kuliner daerah dan merasa bangga terhadap produk masakan dari negeri sendiri.
3. Apa saja gagasan yang terdapat dalam teks berita tersebut? Setujukah kalian dengan gagasan tersebut?
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 107 Kurikulum Merdeka
Jawaban:
Gagasannya adalah memperkenalkan aneka ragam pangan nonberas kepada masyarakat Bayuwangi melalui kegiatan Festival Pangan Nonberas (Fenapora).
Saya setuju dengan gagasan itu, karena gagasan tersebut merupakan sebuah upaya untuk mencintai dan mempromosikan aneka ragam pangan nonberas kepada dunia, dalam hal ini kepada masyarakat Banyuwangi.
4. Apa pandangan penulis teks berita tersebut? Setujukah kalian dengan pandangan tersebut?
Jawaban:
Pandangan penulis dalam teks berita tersebut adalah untuk mendukung gagasan mempromosikan aneka ragam pangan nonberas, masyarakat harus diedukasi agar mengolah lebih banyak ragam jenis makanan karbohidrat yang nonberas.
Saya setuju dengan pandangan tersebut. Dengan mengedukasi masyarakat memproduksi makanan karbohidrat nonberas, maka masyarakat akan makin makmur. Masyarakat tidak akan banyak tergantung pada beras untuk mencukupi kebutuhan makanan berkabohidrat,
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.