Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 87 Kurikulum Merdeka

10 Oktober 2024 15:31 WIB
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 87 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 87 Kurikulum Merdeka ( buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka)

Sonora.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 87 Kurikulum Merdeka dari buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka, yang disusun oleh Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 87 ini dapat digunakan sebagai acuan oleh siswa maupun orang tua ketika mendampingi dan memberikan petunjuk apabila anak kesulitan.

Namun agar dapat menguasai materi dengan baik, anak tetap diharapkan untuk mengerjakan tugasnya dengan kemampuan mereka sendiri terlebih dahulu.

Pada halaman 87 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dari bacaan Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi bersama teman sebangku.

Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 87 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 88 Kurikulum Merdeka

Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi

Membicarakan interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi merupakan sesuatu yang menarik. Peserta didik difabel adalah peserta didik yang mengalami keterbatasan, baik dari segi fisik maupun mental.

Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual.

Mereka disebut difabel karena mempunyai kemampuan yang berbeda dibanding anak-anak lainnya. Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi menggunakan simbol-simbol, seperti dengan puzzle, gambar, dan simbol- simbol pendukung lainnya.

Bersama teman sebangku kalian, diskusikanlah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi?
  2. Mengapa peserta didik difabel memerlukan layanan khusus?
  3. Informasi penting apa yang disampaikan teks tersebut?
  4. Apakah di sekolah kalian juga terdapat peserta didik difabel? Jika ada, bagaimana perlakuan yang mereka terima selama berinteraksi di sekolah?

Jawaban

1. Interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari usaha sekolah untuk memberikan kenyamanan kepada mereka dalam komunikasi maupun pelayanan sekolah.
 
2. Penyebabnya karena mereka adalah siswa yang berkebutuhan khusus, sehingga layanan khusus dibutuhkan agar mereka merasa nyaman saat berada di sekolah.

3. Informasi tentang peserta didik difabel yang perlu diberi perhatian khusus di sekolah.

4. Jawaban disesuaikan dengan kondisi sekolah siswa.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 60 Kurikulum Merdeka 

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm