Sonora.ID - Berikut ini kunci jawaban Survei Lingkungan Belajar, Sulingjar paket A Tahun 2024 SD/MI.
Para guru dan kepala sekolah jenjang SD-MI diwajibkan mengisi (Sulingjar) periode 2024/2025 yang bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar di sekolah tempat bapak/ibu bertugas.
Ada 2 paket Sulingjar yang dikerjakan bapak/ibu guru yakni Paket A dan Paket B.
Pada artikel kali ini membahas Paket A untuk nomor 1-30.
Berikut ini Sonora.ID melansir kunci jawaban Survei Lingkungan Belajar, Sulingjar paket A Tahun 2024 SD/MI:
1. Apakah Anda memiliki kontrak kerja di luar lingkup sekolah? (misal: mengajar di tempat bimbel; guru les privat; dsb)
Jawaban: Tidak
2. Akses internet mana saja yang Anda miliki di rumah Anda?
Jawaban: Internet dari HP; Wifi
3. Organisasi profesi apa saja yang Anda ikuti?
Jawaban: KKG/MGMP/Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan
4. Apa peran Anda di organisasi tersebut? (Jika Anda mengikuti lebih dari satu organisasi, pilih peran yang paling tinggi)
Jawaban: Anggota
5. Pada akhir tahun ajaran ini, sudah berapa tahun Anda menjadi guru di sekolah ini?
Jawaban: 6-10 tahun
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 41: Tabel Rancangan Penelitian
6. Apakah Anda merupakan guru untuk siswa berkebutuhan khusus?
Jawaban: Tidak
7. Apa langkah yang Anda ambil ketika ada siswa yang mengganggu suasana pembelajaran di dalam kelas?
Memberi peringatan kepada siswa yang mengganggu.
Jawaban: Sangat Sesuai
Memberi nasehat kepada siswa setelah pembelajaran selesai.
Jawaban: Sangat Sesuai
8. Kegiatan tambahan apa yang Anda terapkan untuk mendukung suasana kelas yang lebih kondusif?
Melakukan permainan (game) untuk menstimulasi interaksi antara siswa.
Jawaban: Selalu
Melakukan ice breaking untuk menyegarkan suasana belajar.
Jawaban: Selalu
9. Berikut adalah hal-hal yang Anda lakukan dalam melaksanakan pembelajaran.
Anda membagi siswa dalam anggota kelompok yang berbeda pada tiap pertemuan.
Jawaban: Selalu
Anda berkeliling ke dalam kelompok untuk memastikan seluruh anggota terlibat.
Jawaban: Selalu
10. Apa pendapat Anda tentang setiap siswa memiliki peluang untuk berprestasi di bidang yang ditekuninya?
Setiap siswa memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai prestasi.
Jawaban: Sangat setuju
Kemampuan siswa akan meningkat apabila diberi tantangan yang sesuai.
Jawaban: Sangat setuju
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 55: Identifikasi Perbandingan Informasi
11. Apakah Anda pernah melakukan hal-hal untuk meyakinkan siswa bahwa mereka dapat mengembangkan potensi yang dimiliki berikut ini?
- Memberikan tantangan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Jawaban: Selalu
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi potensi mereka.
Jawaban: Selalu
- Memberi pemahaman bahwa kemampuan setiap orang ada batasnya.
Jawaban: Selalu
- Membangun hubungan yang kuat dan saling percaya antara guru dan siswa.
Jawaban: Selalu
12. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut ? (GTA501-24)
- Saat seorang siswa tiba-tiba menangis di kelas maka saya menyerahkan pada Guru Bimbingan Konseling (BK) untuk menanganinya.
Jawaban: Sangat tidak setuju
- Saat seorang siswa terlihat tidak bersemangat di kelas maka saya akan memberikannya tugas tambahan.
Jawaban: Sangat tidak setuju
- Saat seorang siswa tiba-tiba marah di kelas, maka saya mendekati untuk menenangkannya.
Jawaban: Sangat setuju
- Pembinaan siswa yang memiliki masalah perilaku hanya menjadi tugas Guru Bimbingan Konseling (BK).
Jawaban: Sangat tidak setuju
- Sekalipun pintar, siswa tetap membutuhkan bantuan guru menyelesaikan masalahnya.
Jawaban: Sangat setuju
Guru memiliki tugas mengajar. bukan mendampingi siswa yang memiliki masalah
Jawaban: Sangat tidak setuju
13. Bagaimana pendapat Anda mengenai pernyataan berikut ini?
- Keragaman budaya dari guru dan siswa merupakan hal biasa.
Jawaban: Sangat setuju
- Perbedaan budaya akan menyebabkan konflik pada siswa saat pentas seni.
Jawaban: Sangat tidak setuju
- Seluruh warga sekolah wajib memiliki toleransi yang tinggi.
Jawaban: Sangat setuju
14. Dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, seberapa sering Anda menemukan situasi berikut ini?
- Hanya siswa-siswa tertentu yang mendapatkan kesempatan untuk berkembang.
Jawaban: Tidak pernah
- Siswa mengeluh karena diperlakukan secara berbeda oleh salah satu guru.
Jawaban: Tidak pernah
15. Seberapa sering Anda melakukan hal berikut jika siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu latihan/tugas/pertanyaan?
- Saya mendorong siswa untuk menjelaskan pemikiran dasar mereka ketika menjawab pertanyaan dari teman dalam sesi diskusi.
Jawaban: Selalu
- Saya memberikan waktu tambahan kepada siswa yang menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau latihan.
Jawaban: Selalu
Baca Juga: Kunci Jawaban Sulingjar Paket C 2024 Paling Lengkap
16. Bagaimana pendapat Anda tentang beberapa pernyataan berikut ini?
- Guru seharusnya menunjukkan kepedulian terhadap masalah-masalah pribadi siswa yang dapat mengganggu konsentrasi belajarnya.
Jawaban: Sangat setuju
- Merespon keluhan yang disampaikan oleh siswa terkait dengan materi merupakan salah satu strategi dalam proses pembelajaran yang baik.
Jawaban: Sangat setuju
17. Dalam rangka meningkatkan partisipasi siswa, seberapa sering Anda melakukan hal berikut?
- Memberikan proyek untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa.
Jawaban: Selalu
- Memberikan permasalahan untuk meningkatkan kemampuan interaksi siswa.
Jawaban: Selalu
18. Pada saat kegiatan mengajar di kelas, seberapa sering Anda melakukan hal berikut?
- Saya memberikan contoh kasus atau ilustrasi untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran.
Jawaban: Selalu
- Saya memberikan umpan balik untuk semua pekerjaan siswa.
Jawaban: Selalu
19. Pada kondisi diskusi kelas, apakah siswa di kelas Anda pernah melakukan hal berikut?
- Siswa aktif berpendapat dalam kelompok.
Jawaban: Selalu
- Siswa mengandalkan salah satu anggota kelompok saja ketika presentasi.
Jawaban: Tidak pernah
- Siswa aktif memberikan masukan atau sanggahan terhadap kelompok lain.
Jawaban: Selalu
20. Selama semester kemarin, seberapa sering Anda melakukan hal berikut di kelas (berbagai pelajaran)?
- Saya mengajukan pertanyaan terbuka yang menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran.
Jawaban: Di semua jam pelajaran
- Saya tetap merespon positif meskipun siswa memberikan jawaban yang keliru.
Jawaban: Di semua jam pelajaran
21. Apakah Anda menemukan siswa yang melakukan hal-hal berikut?
- Siswa berani mengajak diskusi tentang cara mengajar Anda.
Jawaban: seluruh siswa
- Siswa jujur ketika merefleksi cara mengajar Anda.
Jawaban: seluruh siswa
22. Seberapa sering hal-hal berikut ini Anda lakukan saat diskusi kelas?
- Menegur siswa yang memberikan pendapat aneh.
Jawaban: Tidak pernah
- Menegur siswa yang memberikan pendapat yang kontroversial
Jawaban: Jarang
23. Selama Anda mengajar di kelas yang Anda ampu sekarang, seberapa sering Anda melakukan hal-hal berikut?
- Menetapkan tata tertib selama proses pembelajaran berdasarkan aturan sebelumnya.
Jawaban: Selalu
- Mendiskusikan dengan siswa jenis sanksi bagi pelanggar aturan belajar di kelas.
Jawaban: Selalu
24. Berikan penilaian Anda terkait pernyataan berikut ini!
- Disabilitas fisik merujuk pada gangguan atau keterbatasan yang memengaruhi mobilitas atau fungsi fisik pada siswa.
Jawaban: Benar
- Tidak mungkin bagi siswa dengan disabilitas fisik untuk berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan fisik di sekolah.
Jawaban: Salah
- Mendukung siswa yang memiliki disabilitas fisik juga termasuk memberikan pelatihan kepada siswa non disabilitas tentang kesadaran dan empati.
Jawaban: Benar
25. Bagaimana pendapat Anda tentang beberapa pernyataan berikut ini?
Menangani siswa disabilitas dapat dilakukan dengan menyusun kurikulum adaptif.
Jawaban: Sangat setuju
Mengajar siswa disabilitas dengan cara yang sama dengan dengan siswa reguler dapat dilakukan tanpa guru pendamping.
Jawaban: Setuju
26. Bagaimana Anda menyikapi pernyataan-pernyataan berikut ini?
- Saya percaya bahwa memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki siswa disabilitas dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang.
Jawaban: Sangat setuju
- Saya yakin bahwa memberikan penguatan positif kepada siswa disabilitas dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian mereka di dalam kelas.
Jawaban: Sangat setuju
- Saya yakin bahwa memberikan dukungan emosional kepada siswa disabilitas penting untuk kesejahteraan mereka di sekolah.
Jawaban: Sangat setuju
- Saya percaya bahwa membangun wawasan tentang disabilitas di antara siswa adalah tanggung jawab saya sebagai guru.
Jawaban: Sangat setuju
27. Jawablah pertanyaan berikut ini!
- Sebagai guru, Anda memiliki memiliki beberapa siswa dengan disabilitas di kelas yang Anda ampu. Salah satu siswa Anda yang memiliki disabilitas fisik, sehingga kesulitan untuk menggapai lemari buku yang terletak di bagian belakang kelas, yang menyebabkan ia terjatuh. Siswa lain banyak yang menertawakannya. Bagaimana sikap Anda?
Jawaban: Saya membantunya secara langsung serta mengingatkan siswa lain untuk tidak menertawakannya.
- Salah satu siswa Anda merasa kesulitan dalam memahami materi yang Anda sampaikan di kelas. la terlihat frustrasi dan mulai menarik perhatian teman- temannya. Siswa tersebut memiliki disabilitas pendengaran. Pada situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban: Saya memintanya dan siswa lain untuk saling membantu dalam memahami pelajaran di kelas.
28. Seberapa sesuaikah pernyataan berikut ini dengan diri Anda?
- Saya memiliki kepercayaan diri dalam menyediakan pembelajaran yang inklusif bagi siswa disabilitas.
Jawaban: Sangat Sesuai
- Saya meluangkan waktu untuk memahami kebutuhan individual siswa disabilitas di kelas saya.
Jawaban: Sangat Sesuai
- Saya aktif untuk melibatkan siswa disabilitas dalam kegiatan kelas dan ekstrakurikuler.
Jawaban: Sangat Sesuai
29. Seberapa setuju Anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini?
Saya merasa kesulitan untuk menyesuaikan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa disabilitas.
Jawaban: Sangat tidak setuju
Saya merasa nyaman ketika harus berinteraksi dengan siswa disabilitas karena cukupnya pemahaman saya tentang kondisi mereka.
Jawaban: Sangat setuju
30. Jawablah pertanyaan berikut ini!
Salah seorang siswa di kelas Anda yang memiliki disabilitas pendengaran. Anda menyadari bahwa ia akan membutuhkan penyesuaian komunikasi dan pendekatan yang berbeda dalam kelas, namun Anda belum mampu menjadi guru yang dapat memfasilitasi hal tersebut. Jika berada di situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban: Saya akan mengembangkan cara dalam mengomunikasikan materi dan menyediakan diri untuk pembelajaran individual.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 7 Halaman 73 Kurikulum Merdeka Section 7