Sonora.ID - Soal UKMPPG 2024 dan kunci jawaban dapat menjadi bahan belajar peserta yang mengikuti Program Profesi Guru (PPG).
Soal UKMPPG 2024 dapat memberikan gambaran materi yang mungkin keluar saat ujian sehingga peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik.
Soal UKMPPG 2024 mencakup berbagai aspek, seperti pemahaman teori belajar, metode pengajaran, dan pendekatan pembelajaran yang efektif.
Berikut ini 30 contoh soal UKMPPG 2024 dan kunci jawaban sebagai referensi dikutip dari berbagai sumber.
1. Pendekatan pembelajaran yang paling tepat diterapkan pada siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah?
A. Inquiry Based Learning
B. Metakognitif
C. Direct Instruction
D. Discovery Learning
Jawaban: C
2. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. Kegiatan ini termasuk?
A. Memberikan Bimbingan
B. Memberikan Tes Awal
C. Memberikan Kaitan
D. Memberikan Pengayaan
Jawaban: C
3. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum memulai pembelajaran, guru sebaiknya memberikan?
A. Post-test
B. Ujian harian
C. Pre-test
D. Tugas kelompok
Jawaban: C
4. Siswa yang memerlukan pengayaan pada ujian IPA dengan nilai lebih dari 70 adalah?
(Nilai ujian: Maya 67, Melani 70, Yoga 90, Andi 70, Nana 85, Sandi 77, Ayu 77, Diana 86)
A. Maya dan Melani
B. Yoga dan Diana
C. Andi dan Melani
D. Nana dan Sandi
Jawaban: B
5. Bu Ani mengetahui betul bahwa siswanya mempunyai gaya belajar kinestetik dan sangat menyukai percobaan dan berkomunikasi intensif. Pada tatap muka tertentu Bu Ani ingin siswanya memiliki kompetensi "mengkomunikasikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan yang paling tepat dan harus diterapkan Bu Ani dalam pembelajaran supaya para siswa mencapai kompetensi tersebut adalah?
A. Saintifik
B. metakognitif
C. Direct instruction
Jawaban: A
Baca Juga: 35 Contoh Soal UP PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawabannya untuk Belajar
6. Pada percobaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, salah satu siswa tersentuh wadah bahan yang panas. Tindakan pertama yang tepat pada bagian tubuh siswa yang terkena benda panas adalah?
A. Mengolesi dengan alkohol
B. Mengoleskan pasta gigi
C. Mendinginkan dengan es
Jawaban: C
7. Teori belajar yang memandang belajar sebagai hasil dari hubungan antara stimulus dan respons disebut?
A. Konstruktivistik
B. Behavioristik
C. Kognitif
D. Humanistik
Jawaban: B
8. Proses pembentukan perilaku melalui bimbingan bertahap hingga mencapai target tertentu dalam teori behavioristik disebut?
A. Reinforcement
B. Conditioning
C. Shaping
D. Extinction
Jawaban: C
9. Teori yang mendukung pendekatan pembelajaran Student Centered Learning adalah?
A. Behavioristik
B. Konstruktivistik
C. Kognitif
D. Humanistik
Jawaban: B
10. Metode pembelajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas bersama disebut?
A. Cooperative Learning
B. Project Based Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry Based Learning
Jawaban: A
11. Pak Budi sedang membuat rencana pembelajaran tentang pembuatan magnet dengan cara induksi elektromagnetik. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Budi adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait?
A. Medan listrik dan kuat arus listrik
B. Rangkaian listrik dan medan listrik
C. Rangkaian listrik dan medan magnet
Jawaban: C
12. Kata kerja operasional berikut ini yang termasuk dalam HOTS?
A. Membuat, menjelaskan, menentukan
B. Membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi
C. Menciptakan, memilih, membandingkan
Jawaban: C
13. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti ketela pohon, ubi jalar, bunga pukul empat, dan pacar air. Pak Ali ingin membelajarkan siswanya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transportasi air dan zat hara yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasi dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang tepat sebagai bahan percobaan. Pasangan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang harus digunakan Pak Ali adalah?
A. Kooperatif-paper and pencil test
B. PBL- test kinerja
C. Inkuiri-test kinerja
Jawaban: C
14. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan?
A. Memberikan Bimbingan
B. Memberikan Tes Awal
C. Memberikan Kaitan
Jawaban: C
15. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa adalah?
A. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
B. Kurangnya sarana belajar yang lengkap di kelas
C. Siswa tidak mendapat bimbingan dari orang tua
D. Guru tidak memberikan umpan balik secara langsung
Jawaban: B
16. Pada pendekatan saintifik, langkah mengasosiasi yang harus dilakukan adalah?
A. Mengumpulkan data dan menganalisis
B. Menganalisis data dan menarik kesimpulan
C. Melakukan percobaan dan mengumpulkan data
D. Mengamati dan menyimpulkan
Jawaban: B
17. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena?
A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
B. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
Jawaban: A
18. Perhatikan kompetensi dasar berikut: "Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui percobaan".
Indikator pencapaian kompetensi aspek keterampilan yang sesuai dengan kompetensi dasar di atas adalah?
A. Menjelaskan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda
B. Mendeskripsikan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda
C. Melaksanakan percobaan untuk membuktikan sifat cahaya yang dibiaskan pada medium yang berbeda
Jawaban: C
19. Seorang guru merancang evaluasi berdasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat adalah?
A. Evaluasi sumatif
B. Evaluasi diagnostic
C. Evaluasi formatif
Jawaban: A
20. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut: "mengkomunikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet disekitar kawat berarus listrik yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah".
Pendekatan yang paling tepat yang harus diterapkan dalam pembelajaran supaya para siswa dapat mencapai tujuan tersebut adalah?
A. Problem based learning
B. Saintifik
C. Direct instruction
Jawaban: B
21. Pada percobaan uji kandungan glukosa pada makanan terjadi kebakaran pada pembakar spiritus yang digunakan untuk memanaskan suspensi bahan makanan yang telah dicampur dengan Fehling A+B. Penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut adalah?
A. Fehling A dan Fehling B mudah terbakar
B. Meniup pembakar spiritus untuk memadamkan
C. Glukosa bereaksi dengan spiritus dan api
Jawaban: B
22. Pak Arman sedang mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif di kelas pada topik/kegiatan menemukan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Arman pada fase ke-5 (evaluasi formatif) adalah?
A. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, kelompok lain cukup mendengarkan saja, guru memberikan umpan balik dan penguatan.
B. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.
C. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai.
Jawaban: B
23. Pak Andi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan listrik dinamis. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Andi pada langkah mengasosiasi (M -4) adalah membimbing?
A. Mengumpulkan data dan menganalisis
B. Menganalisis data dan menarik kesimpulan
C. Melakukan percobaan dan mengumpulkan data
Jawaban: B
24. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah?
A. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan Pendidikan
B. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan
C. Menyusun rubrik
Jawaban: A
25. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam?
A. Silabus
B. RPP
C. Lembar Penilaian
Jawaban: B
26. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat?
A. Kuantitatif
B. Kualitatif
C. Pengujian
Jawaban: A
27. Perhatikan indikator butir soal berikut: "Mendeskripsikan ciri-ciri rangkaian paralel".
Butir soal yang paling sesuai untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut pada paper and pencil test adalah?
A. Tuliskan ciri-ciri rangkaian paralel!
B. Gambarkan ciri-ciri rangkaian paralel!
C. Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel!
Jawaban: A
28. Perhatikan kompetensi dasar berikut ini: "Merancang penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi zat".
Indikator butir soal yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah?
A. Menganalisis data
B. Mengumpulkan data
C. Menentukan variabel penelitian
Jawaban: C
29. Secara rinci, tujuan evaluasi program pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali?
A. Memutuskan seberapa jauh tujuan program berhasil dicapai
B. Mengetahui besarnya biaya yang digunakan untuk pelaksanaan program
C. Mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran
Jawaban: B
30. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah?
A. Penilaian diri
B. Penilaian portofolio
C. Penilaian proyek
Jawaban: C
Demikian 30 contoh soal UKMPPG 2024 dan kunci jawaban agar semakin memahami materi.