5 Post Test PPABK-1 Pembelajaran Mandiri Piloting PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawaban

17 Oktober 2024 14:10 WIB
Ilustrasi post test PPABK-1 Pembelajaran Mandiri Piloting PPG Daljab 2024
Ilustrasi post test PPABK-1 Pembelajaran Mandiri Piloting PPG Daljab 2024 ( freepik.com)

Sonora.ID - Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan 5 post test PPABK-1 Pembelajaran Mandiri Piloting PPG Daljab 2024 yang lengkap dengan kunci jawaban.

Para guru dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti ujian Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Terdapat sejumlah soal Pembelajaran Mandiri Piloting PPABK yang dapat dipelajari oleh guru agar lebih siap dalam menghadapi ujian.

Berikut Sonora ID bagikan 5 post test PPABK-1 Pembelajaran Mandiri Piloting PPG Daljab 2024 untuk referensi belajar.

Baca Juga: 10 Contoh Soal Try Out PPG Piloting Guru 2024 dan Kunci Jawaban

[Kumpulan Kunci Jawaban]

1. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan.

Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan anda lakukan?

A. Berusaha Menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar.

B. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli.

C. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat.

D. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut.

E. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.

Jawaban: E

2. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya.

Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru maple IT, apa yang akan anda lakukan Ketika menemui situasi tersebut?

A. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing.

B. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya.

C. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut.

D. Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan.

E. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran

Jawaban: E

3. Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit.

Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

A. Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus pelan-pelan.

B. Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari..

C. Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik.

D. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan.

E. Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga: 20 Contoh Soal UKPPPG PPG Guru Tertentu 2024 Tahap 2 dan Kunci Jawaban

Jawaban: D

4. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien.

Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?

A. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik.

B. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing.

C. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik.

D. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan Q menulis peserta didik.

E. Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan.

Jawaban: C

5. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa.

Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun Bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?

A. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia.

B. Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas.

C. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar.

D. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi.

E. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa.

Jawaban: A

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm