25 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru Tahun 2024 Beserta Kunci Jawaban

18 Oktober 2024 13:00 WIB
25 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru Tahun 2024 Beserta Kunci Jawaban
25 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru Tahun 2024 Beserta Kunci Jawaban ( )

Sonora.ID - Berikut ini contoh soal Asesmen Kompetensi guru (AKG) Tahun 2024 lengkap beserta kunci jawabannya.

Asesmen Kompetensi Guru ini bertujuan untuk kenaikan jabatan guru guna mengukur dan menilai kesesuaian kompetensi untuk naik ke jenang yang lebih tinggi.

Contoh soal berikut ini dapat digunakan sebagai bahan ajar peserta sebelum menghadapi ujian.

Sonora.ID melansir contoh soal asesmen kompetensi guru tahun 2024 lengkap beserta kunci jawaban:

1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah.... 
A. kemampuan berkomunikasi 
B. kemampuan untuk memecahkan masalah* 
C. kemampuan berinteraksi 
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah..... 

A. inspirasi 
B. budaya 
C. inspirasi 
D. pengasuhan dan lingkungan*

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah- kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek- obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia  

A. 0-2 tahun 
B. 2-7 tahun 
C. 7--11/12 tahun* 
D. 11/12/14/15 tahun

4. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan.... 

A. Kognitif 
B. Sosial 
C. Emosional* 
D. Moral

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Modul PPG 2024

5. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. "Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional* 
B. kognitif 
C. moral
D. Spiritual

6. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A. penalaran pascakonvensional* 
B. penalaran konvensional 
C. penalaran prakonvensional 
D. penalaran interkonvensional

7. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal

A. mengemukakan gagasan* 
B. mengaktualisasikan diri 
C. penciptaan hubungan yang baik 
D. menformulasikan tindakan

8. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal .... 

A. kesulitan akademis 
B. gangguan simbolik* 
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

9. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah

A. Behaviorisme* 
B. Humanistik 
C. Sibernetik
D. Konstruktivisme

10. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar

A. Sibernetik* 
B. Konstruktivisme 
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme

11. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus 
B. RPP* 
C. Silabus dan RPP 
D. SKL

12. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:  

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar*  
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan 
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap san pendidikan.

13. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut...... 
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah 
2) Indikator: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah 
3) Tujuan Pembelajaran: setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar 

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut 
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik 
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan*

14. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni

A. Metode mengajar yang digunakan guru 
B. Karakteristik bahan ajar* 
C. Karakteristik bahan ajar 
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran

15. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 - 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan

A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar* 
B. Pemberian tugas yang tersetruktur. 
C. Penggunaan metode bervariasi 
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah

Baca Juga: 70 Latihan Soal ANBK Kelas 5 SD/MI dan Jawaban: Literasi, Numerasi, Karakter

16. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut: 

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi; 
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi* 
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

17. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah....

A. Role Playing 
B. Inquiry 
C. Problem Solving*
D. Picture and Picture

18. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah: 

A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu 
B. Membuat media dan alat bantu sederhana* 
C. Menggunakan media dan alat bantu 
D. Merawat media dan alat bantu

19. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan

A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut* 
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik 
D. Menjawah sendiri pertanyaan tersebut.

20. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria

A. Sahih* 
B. Kebermanfaatan 
C. Layak dipelajari
D. Menarik Minat

21. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan...

A. Naturalis
B. Kinestetis
C. Visual spasial
D. Verbal linguistic
E. Logis matematis

22. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ...

A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Sahih

23. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Ken Arok dan Ken Dedes adalah ...

A. Sejarah tokoh masyarakat Jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes
E. Gambar candi

24. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah ...

A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan

25. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Hal tersebut termasuk kegiatan....

A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Meningkatkan motivasi

Baca Juga: 70 Latihan Soal ANBK Kelas 5 SD/MI dan Jawaban: Literasi, Numerasi, Karakter

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm