Mengapa Kita Sering Berbicara Sendiri Saat Kesepian? Ini Penjelasan Ahli

22 Oktober 2024 18:45 WIB
ilustrasi berbicara sendirian
ilustrasi berbicara sendirian ( )

Penulis : Fahrizal Sanggah Firmansyah

Sonora.ID - Berbicara sendiri saat merasa kesepian mungkin terdengar aneh, tetapi ternyata ini merupakan fenomena yang cukup umum.

Banyak orang yang secara tidak sadar melakukannya ketika berada dalam keadaan terisolasi atau tidak memiliki orang lain untuk diajak berbicara.

Psikolog menyebut perilaku ini sebagai mekanisme alami yang dilakukan untuk mengatasi kesepian atau emosi yang sulit.

Menurut Dr. Linda Sapadin, seorang psikolog klinis, berbicara dengan diri sendiri adalah cara seseorang untuk mengelola dan memahami perasaannya.

Ia menjelaskan bahwa saat seseorang berbicara dengan dirinya sendiri, mereka sedang mencoba meredakan emosi atau mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Tindakan ini juga dapat membantu menenangkan diri dan memfokuskan pikiran yang sedang kacau.

Baca Juga: 5 Ciri Bahasa Tubuh yang Kurang kasih sayang Menurut Psikologi

Penelitian dari University of Michigan yang dipimpin oleh Dr. Ethan Kross menunjukkan bahwa berbicara sendiri dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan dan mengurangi kecemasan.

Berbicara dengan diri sendiri, menurut Kross, membantu memproses informasi dengan lebih baik dan memungkinkan seseorang untuk tetap fokus.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm