Sonora.ID – Apakah Anda mengenal istilah Doom Spending? Sejatinya sebutan ini berkaitan dengan gaya hidup genarasi Z hingga Milenial.
Yang mana segalanya akan serba mudah terutama di era digital seperti sekrang ini.
Fenomena konsumsi yang tidak terkendali terus terjadi bahkan pada saat ini berbelanja kerap kali dianggap sebagai self care atau self reward.
Yang mana seseorang terus mengeluarkan uang tanpa mempertimbangkan segalanya dan hanya berdasarkan dorongan emosional.
Doom spending adalah sebuah istilah yang popular untuk menggambarkan kebiasaan berbelanja tanpa adanya perhitungan.
Istilah ini kerap kali mengacu pada perilaku yang cenderung konsumtif tidak terkendali.
Baca Juga: 4 Zodiak yang Impulsif dan Boros Belanja, Harus Belajar Kontrol Diri!
Yang mana hal ini terjadi ketika adanya ketidakpastian finansial atau bahkan krisis pribadi. Singkatnya doom spending adalah perilaku belanja yang tidak rasional atau kurang kantrol diri yang mana sering kali didorong oleh emosi negative, layaknya kecemasan, stress, atau bahkan ketakutan dimana salah satu cara menenangkan perasaan adalah dengan cara belanja yang implusif.
Pada dasarnya doom spending terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktor utama terjadinya lantaran terlalu sering membandingkan diri mereka dengan orang lain.
Kemudian gaya hidup mewah dan juga barang-barang mahal yang akan ditampilkan pada beberapa sosial media.