40 Contoh Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran 2024, Lengkap dengan Jawaban

5 November 2024 14:00 WIB
40 Contoh Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran 2024, Lengkap dengan Jawaban
40 Contoh Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran 2024, Lengkap dengan Jawaban ( )

Sonora.ID - Berikut ini contoh soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran lengkap dengan kunci jawabannya.

Contoh soal berikut ini bisa jadikan materi belajar sebelum menghadapi soal yang sesungguhnya.

Pengadministrasi Perkantoran termasuk dalam salah satu posisi yang dibuka dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024.

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), khususnya untuk posisi Pengadministrasi Perkantoran, penting bagi calon peserta untuk memahami berbagai jenis Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoranl.

Berikut ini Sonora.ID merangkum contoh soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran dengan kunci jawabannya:

1. Dito melakukan tugasnya untuk melakukan penggusuran di sekitar sungai dekat kantor pemerintahan 1 terjadi sangat ricuh, hal tersebut disebabkan karena banyak warga yang belum setuju untuk dipindahkan. Kemudian mengajukan permohonan memperpanjang masa waktu sebulan untuk menyiapkannya dan ada bersedia untuk ditempatkan di rusun. Permohonan yang dilakukan disebut...

a. Banding
b. Dispensasi
c. Masa remisi
d. Atribbusi

Jawaban: B

2. Saat itu atasan ayah tidak dapat mengikuti rapat dengan perusahaan lain karena ada kepentingan yang 2 mendesak. Kemudian ayah diberi kewenangan dan tanggungjawab untuk mewakili perusahaannya dalam acara tersebut. Tindakan dalam pernyataan diatas disebut...

a. Mandat
b. Dispensasi
c. Konsesi
d. Delegasi

Jawaban: D

3. Untuk kelancaran pemeriksaan, PNS yang diduga melakukan Pelanggaran Disiplin dan kemungkinan akan dijatuhi Hukuman Disiplin berat akan dilakukan...

a. Evaluasi
b. Penyelesaian tugas jabatan
c. Pemutusan hubungan kerja
d. Dibebaskan sementara dari tugas jabatannya
e. Tidak diperbolehkan bepergian keluar negeri

Jawaban: D

4. Kegiatan membandingkan dan mencocokkan data kepegawaian elektronik yang telah disahkan dan diakui sumbernya dengan data kepegawaian PNS kemudian disimpan dalam media elektronik baru dan terpisah yang digunakan antar pemangku kepentingan adalah istilah dari ...

a. Rekonsiliasi Data
b. Backup Data
c. Validasi Data
d. Pengelolaan Data

Jawaban: A

5. Prinsip pelayanan publik yang baik untuk mewujudkan pelayanan prima adalah

a. Partisipatif
b. Transparan
c. Responsif
d. Semua benar

Jawaban: D

Baca Juga: 8 Contoh Soal Wawancara PPPK Teknis Tahun 2024 Beserta Jawabannya

6. Contoh barang/jasa yang memiliki karakter tingkat ekskludabilitas rendah tetapi rivalitasnya rendah adalah..

a. Rumah
b. Jalan tol
c. Udara bersih
d. Fasilitas bandara

Jawaban: C

7. Dalam penyusunan tata naskah dinas memiliki ruang lingkup Pedoman Tata Naskah Dinas yang meliputi ...

a. Untuk
b. Jenis dan format naskah dinas
c. Pembuatan naskah dinas
d. Semua benar

Jawaban: D

8. Yang termasuk jenis Naskah dinas korespondensi intern ...

a. Surat edaran
b. Instruksi
c. Standar operasional prosedur
d. Disposisi

Jawaban: D

9. Yang termasuk jenis naskah dinas arahan, kecuali ....

a. Peraturan
b. Nota dinas
c. Pedoman
d. Instruksi

Jawaban: B

10. Penyerahan penggunaan barang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah atau antar pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentu tanpa menerima imbalan dan setelah jangka waktu tersebut berakhir diserahkan kembali kepada pengelola barang disebut

a. Pemanfaatan
b. Pinjam Pakai
c. Pemusnahan
d. Sewa

Jawaban: B

11. Apa yang menjadi tugas utama seorang pengadministrasi perkantoran?

a. Mengelola keuangan perusahaan
b. Mengatur jadwal dan pengarsipan dokumen
c. Melakukan pemasaran produk
d. Mengawasi produksi barang

Jawaban: B

12. Sistem pengarsipan yang menggunakan urutan abjad disebut ...
a. Pengarsipan numerik
b. Pengarsipan kronologis
c. Pengarsipan alfabetis
d. Pengarsipan tematik

Jawaban: C

13. Media komunikasi internal yang paling umum digunakan di kantor adalah ...

a. Televisi
b. Email
c. Surat kabar
d. Radio

Jawaban: B

14. Apa manfaat utama menggunakan perangkat lunak dalam administrasi perkantoran?

a. Meningkatkan biaya operasional
b. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
c. Mengurangi jumlah pegawai
d. Meningkatkan jumlah dokumen yang perlu disimpan

Jawaban: B

15. Laporan rutin biasanya digunakan untuk ....

a. Mencatat pengeluaran pribadi
b. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan
c. Mengganti rapat tatap muka
d. Mempromosikan produk baru

Jawaban: B

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat Sanggah PPPK 2024 untuk Pendaftar TMS yang Baik dan Tepat

16. Seorang pengadministrasi perkantoran diminta untuk menyusun surat dinas yang ditujukan kepada pejabat eselon II di instansi lain. Bagian manakah yang seharusnya dicantumkan dalam surat tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat dinas yang benar?

a. Salam Pembuka
b. Nomor Indeks
c. Lampiran
d. Perihal

Jawaban: D

17. Seorang pengadministrasi perkantoran sedang menyusun laporan kegiatan dinas. Agar laporan tersebut mudah dipahami dan sesuai dengan kaidah penyusunan laporan yang baik, maka bagian yang sebaiknya ditambahkan adalah...

a. Daftar Pustaka
b. Glosarium
c. Indeks
d. Ilustrasi atau foto

Jawaban: D

18. Untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor, salah satu tindakan yang dapat diambil adalah...

a. Menambah jumlah karyawan
b. Mengurangi waktu istirahat
c. Mengimplementasikan teknologi baru
d. Mengubah struktur organisasi

Jawaban: C

19. Apa yang dimaksud dengan manajemen perkantoran?

a. Pengelolaan anggaran perusahaan
b. Pengaturan dokumen dan arsip
c. Perencanaan dan pengorganisasian tugas administratif
d. Pembuatan laporan keuangan

Jawaban: C

20. Pengawasan dalam manajemen perkantoran bertujuan untuk?

a. Meningkatkan profitabilitas perusahaan
b. Memastikan standar kualitas pekerjaan terpenuhi
c. Mengurangi biaya operasional
d. Mempercepat proses pengadaan barang

Jawaban: B

21. Pada lembar kerja MS Excel apabila menekan tombol Ctrl+End maka akan pindah ke ....

a. Satu sel ke bawah
b. Posisi sel terakhir yang akan digunakan
c. Satu layar ke atas
d. Satu layer ke bawah

Jawaban: B

22. Dana yang bersumber dari pendapatan tertentu APBN yang dialokasikan kepada daerah penghasil berdasarkan angka persentase tertentu dengan tujuan mengurangi ketimpangan kemampuan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah disebut dengan ....

a. Dana Alokasi
b. Dana Alokasi Umum
c. Dana Alokasi Khusus
d. Dana Bagi Hasil

Jawaban: D

23. Dokumen yang menyangkut materi ukuran, tata letak, berat, sarana, prasarana dan lain sebagainya adalah...

a. Dokumen fisik
b. Dokumen aktif
c. Dokumen intelektual
d. Dokumen pasif

Jawaban: A

24. Berikut ini adalah jenis dokumen berdasarkan pemakaiannya, kecuali...

a. Dokumen pribadi
b. Dokumen sejarah
c. Dokumen pemerintah
d. Dokumen biasa

Jawaban: D

25. Kegiatan mencari, mengumpulkan, menyusun, menyelidiki, meneliti, dan mengelola serta memelihara dan menyiapkan dokumen baru sehingga lebih bermanfaat adalah pengertian dari...

a. Surat
b. Arsip
c. Dokumen
d. Dokumentasi

Jawaban: D

Baca Juga: 40+ Contoh Soal Manajerial PPPK 2024, Lengkap dengan Jawabannya

26. Akte kelahiran STTB, piagam, KTP, SIM, surat nikah, dll adalah dari dokumen...

a. Dokumen pribadi
b. Dokumen niaga
c. Dokumen umum
d. Dokumen privat

Jawaban: A

27. Dokumen yang dicetak, ditulis, direkam dan digambar; buku, surat kabar, majalah film, micro film, pita kaset. Biasa jadi koleksi perpustakaan adalah pengertin dokumen...

a. Pribadi
b. Literal
c. Korporil
d. Privat

Jawaban: B

28. Dokumen berupa benda-benda sejarah seperti arca, patung, pakaian tradisional, uang logam kuno, candi dsb. Biasa menjadi koleksi museum adalah contoh dari dokumen...

a. Privat
b. Literal
c. Korporil
d. Privat

Jawaban: C

29. Apa yang dimaksud dengan manajemen perkantoran?

a. Pengelolaan anggaran perusahaan
b. Pengaturan dokumen dan arsip
c. Perencanaan dan pengorganisasian tugas administratif
d. Pembuatan laporan keuangan

Jawaban: C

30. Dalam perencanaan administrasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah?

a. Menyusun jadwal rapat
b. Mengidentifikasi kebutuhan sumber daya
c. Menyusun anggaran tahunan
d. Menganalisis hasil kerja

Jawaban: B

31. Pengawasan dalam manajemen perkantoran bertujuan untuk?

a. Meningkatkan profitabilitas perusahaan
b. Memastikan standar kualitas pekerjaan terpenuhi
c. Mengurangi biaya operasional
d. Mempercepat proses pengadaan barang

Jawaban: B

32. Untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor, salah satu tindakan yang dapat diambil adalah...

a. Menambah jumlah karyawan
b. Mengurangi waktu istirahat
c. Mengimplementasikan teknologi baru
d. Mengubah struktur organisasi

Jawaban: C

33. Dalam pengorganisasian kantor, penugasan tugas harus dilakukan berdasarkan?

a. Kesukaan pribadi
b. Ketersediaan waktu karyawan
c. Kualifikasi dan kemampuan masing-masing karyawan
d. Jumlah gaji yang diterima

Jawaban: C

34. Salah satu metode pengendalian untuk memastikan proyek administratif berjalan sesuai rencana adalah...

a. Menyusun anggaran biaya
b. Mengadakan rapat evaluasi berkala
c. Mengurangi jam kerja karyawan
d. Menambah fasilitas kantor

Jawaban: B

35. Untuk menilai efektivitas kerja, manajer perkantoran perlu?

a. Menghitung jumlah jam lembur
b. Menganalisis hasil kerja terhadap tujuan yang telah ditetapkan
c. Mengurangi biaya pelatihan
d. Meningkatkan anggaran pemasaran

Jawaban: B

36. Untuk melakukan pengendalian kualitas dalam pekerjaan administrasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah...

a. Membuat laporan akhir
b. Menetapkan standar kualitas
c. Melakukan pelatihan karyawan
d. Mengatur ulang jadwal kerja

Jawaban: B

37. Apa yang dimaksud dengan Administrasi Umum?

a. Pengelolaan keuangan perusahaan
b. Pengelolaan dokumen dan surat-menyurat
c. Pengorganisasian dan koordinasi aktivitas kantor
d. Pembuatan laporan keuangan

Jawaban: C

38. Untuk melakukan pengendalian kualitas dalam pekerjaan administrasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah...

a. Membuat laporan akhir
b. Menetapkan standar kualitas
c. Melakukan pelatihan karyawan
d. Mengatur ulang jadwal kerja

Jawaban: B

39. Apa yang dimaksud dengan Administrasi Umum?

a. Pengelolaan keuangan perusahaan
b. Pengelolaan dokumen dan surat-menyurat
c. Pengorganisasian dan koordinasi aktivitas kantor
d. Pembuatan laporan keuangan

Jawaban: C

40. Apa yang harus dilakukan jika ditemukan dokumen yang hilang dari arsip fisik?

a. Mengabaikan dan melanjutkan pekerjaan
b. Menghubungi pihak terkait untuk mencari dokumen
c. Mengganti dokumen dengan yang baru
d. Menyimpan salinan dokumen yang sama

Jawaban: B

Baca Juga: 20 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm