Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Madrasah Bagian 2 MTs PINTAR Kemenag 2024

11 November 2024 14:00 WIB
Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Madrasah Bagian 2 MTs PINTAR Kemenag 2024
Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Madrasah Bagian 2 MTs PINTAR Kemenag 2024 ( Freepik)

Sonora.ID - Simak kunci jawaban modul 3.7 pembelajaran dan asesmen kurikulum madrasah bagian 2 MTs Pintar Kemenag 2024 berikut ini.

Kunci jawaban soal Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah bagian 2 untuk MTs berikut adalah materi Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 di platform Pintar Kemenag.

Berikut ini kunci jawaban modul 3.7 pembelajaran dan asesmen kurikulum madrasah bagian 2 MTs Pintar Kemenag 2024 Pintar Kemenag yang bisa dijadikan referensi:

1. Ibu Lina, guru Matematika, sering memberikan kuis kecil dan tugas harian untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi yang sedang dipelajari. Ia menggunakan hasil tersebut untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan menyesuaikan metode pengajarannya. Apa yang menjadi tujuan utama dari asesmen yang dilakukan oleh Ibu Lina?

A. Menghitung nilai akhir di raport
B. Menentukan kesulitan materi
C. Menilai hasil akhir siswa
D. Memberikan umpan balik untuk meningkatkan proses belajar siswa

Kunci Jawaban: D

2. Jika satuan pendidikan memutuskan untuk tidak menaikkan kelas peserta didik, langkah yang harus diambil adalah ..

A. Memberikan intervensi untuk membantu peserta didik berkembang
B. Memberikan ujian ulang
C. Mengabaikan peserta didik tersebut
D. Menurunkan nilai peserta didik

Kunci Jawaban: A

3. Dalam mengajarkan hiwar, guru perlu menunjukkan mufrodat dan istifham, dan ketika siswa mencobanya, guru hanya butuh membantu. Setelah ini bantuan yang diberikan akan berkurang secara bertahap. Pada akhirnya siswa dapat muhadatsah sendiri. Penyusunan alur tujuan pembelajaran tersebut dilakukan secara …

A. Hierarki
B. Scaffolding
C. Struktural
D. Prosedural

Kunci Jawaban: B

Baca Juga: 35 Contoh Soal AKGTK Kemenag Madrasah 2024 dan Kunci Jawaban

4. Asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran dan menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran dan akhir jenjang disebut …

A. Asesmen kognitif
B. Asesmen diagnostik
C. Asesmen sumatif
D. Asesmen formatif

Kunci Jawaban: C

5. Pengolahan hasil asesmen dilakukan dengan cara…

A. Menganalisis hasil asesmen secara kuantitatif saja
B. Mengabaikan hasil asesmen formatif karena tidak menentukan nilai akhir
C. Mencampur hasil asesmen formatif dan sumatif
D. Menganalisis hasil asesmen secara kuantitatif dan/atau kualitatif*

Kunci Jawaban: D

6. Peran asesmen sumatif dalam proses pembelajaran adalah …

A. Memberikan umpan balik cepat kepada peserta didik
B. Menjadi bagian dari perhitungan nilai akhir semester atau tahun ajaran*
C. Memastikan kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran baru
D. Digunakan untuk mengevaluasi materi ajar yang belum dipelajari

Kunci Jawaban: B

7. Dalam penyusunan dokumen perencanaan pembelajaran terdapat fleksibilitas. Fleksibilitas yang dimaksud adalah …

A. Dokumen disusun berdasarkan format baku tanpa modifikasi
B. Dokumen disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran*
C. Dokumen hanya boleh berisi tujuan belajar tanpa penjelasan tambahan
D. Dokumen harus selalu mengikuti format standar dari pemerintah

Kunci Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 Pintar Kemenag

8. Salah satu contoh penerapan pengurutan prosedural dalam pembelajaran adalah …

A. Guru mengajarkan tahapan zakat mulai dari syarat hingga haul zakat
B. Siswa belajar semua materi sekaligus tanpa urutan yang jelas
C. Siswa belajar bersuci sebelum belajar salat
D. Guru menunjukkan mufrodat dan langsung meminta siswa berdialog

Kunci Jawaban: A

9. Perbedaan utama antara asesmen formatif dan sumatif adalah …

A. Asesmen formatif bertujuan untuk umpan balik, sedangkan asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran*
B. Asesmen sumatif memberikan umpan balik cepat selama proses belajar
C. Asesmen formatif hanya dilakukan di akhir jenjang pendidikan
D. Asesmen formatif digunakan sebagai nilai akhir dalam rapor

Kunci Jawaban: A

10. Asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar disebut …

A. Asesmen kognitif
B. Asesmen diagnostik
C. Asesmen sumatif
D. Asesmen formatif

Kunci Jawaban: D

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 IKM Pintar Kemenag

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm