Fasilitasi UMKM Akses E-Commerce, PosIND Raih Penghargaan Dari Universal Postal Union

12 November 2024 10:12 WIB
Foto : Komisaris Pos Indonesia Gunawan Hutagalung bersama VP Marketing Retail Business Pos Indonesia Ari K Wibowo saat menerima Penghargaan Trade Post Awards 2024 di Kantor Pusat UPU di Bern, Swiss
Foto : Komisaris Pos Indonesia Gunawan Hutagalung bersama VP Marketing Retail Business Pos Indonesia Ari K Wibowo saat menerima Penghargaan Trade Post Awards 2024 di Kantor Pusat UPU di Bern, Swiss ( Dok. PosIND)

Bandung, Sonora.ID - Menjadi salah satu bentuk layanan Pos Indonesia (PosIND), yaitu memfasilitasi dan mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta komunitas yang kurang terwakili.

Untuk memperluas akses pasar melalui e-commerce dalam memasarkan produknya agar lebih luas, sekaligus memanfaatkan jaringan logistik Pos Indonesia yang tersebar di seluruh negeri. 

Dengan menyediakan layanan pengiriman yang andal dan terjangkau, PosIND menjadi mitra strategis bagi UMKM dalam menjangkau konsumen di berbagai wilayah, baik domestik maupun global.

Melalui program ini, Pos Indonesia berharap dapat memperkuat daya saing UMKM Indonesia, memperluas kesempatan ekonomi, dan mendorong pertumbuhan bisnis lokal, serta mendukung transformasi digital Pos Indonesia dan menunjukkan komitmen perusahaan untuk memajukan ekonomi berbasis digital.

Atas upaya ini, Pos Indonesia meraih penghargaan bergengsi tingkat internasional dari Trade Post Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union (UPU) pada 31 Oktober 2024 lalu. 

Dalam siaran pers yang diterima Sonora.ID, Senin (11/11/2024), disebutkan penghargaan diberikan bertepatan dengan digelarnya pertemuan Postal Operation Council (POC) pada 28 Oktober hingga 1 November 2024. POC terdiri atas 48 negara anggota dari seluruh dunia. 

Penghargaan Trade Post Awards 2024 diterima langsung oleh Komisaris Pos Indonesia Gunawan Hutagalung bersama VP Marketing Retail Business Pos Indonesia Ari K Wibowo di Kantor Pusat UPU di Bern, Swiss.

Diketahui, Trade Post Awards 2024 diadakan oleh Universal Postal Union (UPU) secara rutin setiap tahunnya.

Ajang ini digelar sebagai bentuk pengakuan atas upaya dan dukungan para entitas terhadap inklusi perdagangan, terutama bagi pelaku UMKM. 

"Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen Pos Indonesia dalam memberikan layanan terbaik, khususnya dalam mendukung UMKM di Indonesia," ucap Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun dalam siaran pers tersebut.

“Kami Pos Indonesia terus berinovasi dengan berbagai layanan untuk membantu UMKM berkembang dan mengakses pasar lebih luas, baik domestik maupun internasional,” ungkapnya.

Selain itu juga dijelaskan beberapa langkah strategis yang telah dilakukan Pos Indonesia dalam mendorong kemajuan UMKM di Indonesia, diantaranya melalui program digitalisasi, e-commerce, layanan logistik dan kurir, mitra PosAja, layanan penyimpanan (Stori), promosi, edukasi, dan lainnya. 

Pada digitalisasi dan e-commerce, PosAja mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital guna memperluas pasar dan menjual produk secara online. 

"Aplikasi ini memberikan kemudahan  transaksi pengiriman barang atau paket, terhubung dengan e-commerce, pemasaran produk, dan lainnya," kata Tonggo.

“Kami juga membuka peluang bagi UMKM menjadi mitra kami, baik menjadi Agen Pos, Drop Point, atau menjadi O-Ranger pada layanan PosAja. Saat ini, ada lebih dari 42.000 pelaku usaha yang bermitra dengan kami," bebernya.

Tak hanya menyediakan platform digital, Pos Indonesia juga menunjukkan komitmennya dalam mendukung logistik nasional. Dimana, melalui layanan logistik dan kurir yang efisien, PosAja mendorong UMKM untuk mengirimkan produk mereka ke berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau dan sistem yang lebih efisien.

Pos Indonesia juga menyiapkan Stori (Cloud Store). Sebuah layanan penyimpanan produk secara gratis yang berfungsi sebagai gudang bagi UMKM yang kesulitan menyimpan produk di rumah. Hal ini membantu menjaga kualitas produk dan mempermudah proses pengiriman saat ada pesanan di kawasan tertentu. 

“Pos Indonesia juga secara aktif memberikan pelatihan kepada UMKM terkait penggunaan aplikasi digital, manajemen transaksi keuangan, serta aturan perdagangan internasional agar mereka dapat bersaing di pasar global,” pungkas Tonggo. 

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pos Indonesia aktif mendorong UMKM menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun sektor swasta, untuk memperluas akses pasar pelaku usaha. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Para Pedagang Tradisional Percayakan Pasangan Farhan-Erwin Beri Solusi Terbaik 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm