Bandung, Sonora.ID - Tiket kereta api untuk masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) biasanya sangat diminati karena banyak masyarakat yang merencanakan perjalanan jarak jauh untuk berkumpul dengan keluarga atau berlibur.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung sudah membuka pemesanan tiket sejak jauh hari untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang, di mana tiket ini dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs resmi, atau mitra penjualan resmi.
Selama periode Nataru, KAI juga sering menambah perjalanan ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Penumpang diimbau memesan lebih awal untuk menghindari kehabisan tiket. Selain itu, mematuhi protokol keamanan dan jadwal keberangkatan adalah hal penting untuk perjalanan yang nyaman dan aman.
Untuk Daop 2 Bandung sendiri pun sangat siap melayani kebutuhan perjalanan masyarakat selama periode liburan Nataru 2024/2025.
"Kami siapkan 285 ribu tiket kereta api untuk melayani kebutuhan masyarakat yang akan bepergian selama periode libur Nataru," ucap Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana dalam keterangan resminya, Selasa (3/12/2024).
"Tiket-tiket ini kami sediakan untuk bebagai rute perjalanan, baik jarak jauh maupun menengah, yang menjadi favorit masyarakat pada musim liburan," ungkap Dicky.
Baca Juga: Jelang Nataru, Pemkot Bandung Gelar Bazar Murah di 6 Kecamatan
Lebih lanjut, Dicky mengungkapkan bahwa tiket Nataru yang dipesan dengan keberangkatan mulai 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025.
"Jadi semua tiket nataru untuk keberangkatan dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 atau selama 18 hari dengan total 285.552 tiket KA," jelas Dicky.
"Setiap hari pada masa liburan Nataru kami sediakan 15.864 tiket KA dari Bandung dengan tujuan kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Cirebon, Semarang, Surabaya, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Blitar, dan Kediri," ungkap Dicky.
Dicky juga mengungkapkan mengenai rangkaian persiapan untuk mendukung kelancaran angkutan Nataru, seperti adanya penambahan KA penumpang untuk mengantisipasi lonjakan permintaan perjalanan. Kereta tambahan tersebut disediakan dengan relasi:
- Bandung - Gambir (2 KA)
- Bandung - Solobalapan (2 KA)
- Kiaracondong - Surabaya Gubeng (1 KA)
- Kiaracondong - Kutoarjo (1 KA).
Demi kenyamanan pelanggan, seluruh stasiun di wilayah Daop 2 dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti ruang tunggu yang nyaman, informasi perjalanan yang akurat, dan layanan posko Nataru.
Sedangkan keamanan dan keselamatan di stasiun dan sepanjang jalur kereta juga akan diperketat bekerja sama dengan kewilayahan setempat. Pemeriksaan jalur kereta juga dilakukan secara rutin untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan kereta api.
Dicky memberikan himbauan kepada pelanggan untuk segera memesan tiket lebih awal agar mendapatkan jadwal perjalanan sesuai kebutuhan.
"Berdasarkan data pantauan pada 2 Desember 2024, tiket yang terjual sudah sebanyak 51.113 atau 17,9% dan akan terus bertambah," kata Dicky.
Di akhir, Dicky mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu selama libur Natal dan Tahun Baru.
"Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pelanggan yang melakukan perjalanan dengan kereta api," tutup Dicky.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penjualan tiket pada periode Angkutan Natal dan Tahun 2024/2025, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI di nomor telepon 021-121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI @kai121_ dan @keretaapikita.