Sonora.ID - Mata pelajaran Bahasa Inggris wajib dipelajari di tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.
Mengutip buku Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris, Mulyani, dkk (2023:1), strategi pembelajaran bahasa Inggris yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris.
Berikut ini adalah ringkasan materi Bahasa Inggris Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa dipelajari siswa di kelas.
Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dengan Link Download Buku
Unit 6. Parts of our body that work together
a. Objectives:
Siswa mampu mengenali manfaat dari bagian-bagian tubuh dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa mampu menulis teks pendek yang berkaitan dengan fungsi bagian-bagian tubuh.
b. Language Focus:
Aisyah uses her headset to listen to the music
they use their nose to smell the rose
hair, eyes, nose, chin, cheek
7. Unit 7. How tall are you?
a. Objectives:
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri dari manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
Siswa mampu menggunakan kata sifat dalam mendeskripsikan manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
Siswa mampu menggunakan kata sifat ketika membicarakan tentang manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
b. Language Focus:
the giraffee is tall, but the deer is short
tall, short, old, young, big, small, fast, slow, new, old, expensive, cheap
8. Unit 8. The giraffee is taller than the deer
a. Objectives:
Siswa mampu menggunakan kata sifat perbandingan untuk menjelaskan ciri manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
b. Language Focus:
is the rabbit smaller than the goat? Yes, it is
which animal is bigger?
the goat is bigger than the rabbit
bigger than, smaller than, slower than, faster than
9. Unit 9. The elephant is the biggest
a. Objectives:
Siswa mampu menggunakan ajektiva superlative untuk menjelaskan ciri manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
b. Language Focus:
is the deer the shortest? No, it is not
how is the cat compered to the giraffee? the cat is smaller than the giraffee
which the tallest? The giraffee is the tallest
10. Unit 10. I like playing "balap karung"
a. Objectives:
Siswa mampu menyebutkan tanggal dan bulan.
Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya “When”.
Siswa mampu membuat kalimat tentang tanggal dan bulan.
b. Language Focus:
What month is this? It's October
January, February, March, April, May, June, July, August, September, October, November, December
1st, 2nd, 3rd, 4th, etc.