25 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

10 Januari 2025 15:00 WIB
25 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka
25 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka ( freepik.com)

Sonora.ID -  Berikut ini contoh soal Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 kurikulum merdekq lengkap dengan jawabannya.

Contoh soal Bahasa Indonesia berikut ini terdiri dari 2 soal pilihan ganda dan 5 essay yang juga dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Dengan begitu dapat digunakan untuk siswa sebagai panduan belajar.

Daripada pensaran, berikut ini soal Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2:

1. Sebuah teks berita harus memiliki unsur-unsur berikut, kecuali?

a. Judul

b. Lead

c. Badan berita

d. Paragraf deskripsi

Jawaban: D

2. Bagaimana cara terbaik untuk mengidentifikasi berita palsu?

a. Mempercayai semua informasi dari sumber yang tidak dikenal

b. Memeriksa berita dari berbagai sumber yang berbeda

c. Mengejar berita sensasional tanpa verifikasi

d. Tidak melakukan pengecekan kebenaran berita sama sekali

Jawaban: B

3. Apa yang termasuk dalam bagian buku?

a. Daftar isi, sampul, dan indeks

b. Hanya daftar isi dan sampul

c. Hanya indeks dan sampul

d. Hanya judul dan badan buku

Jawaban: A

4. Apa yang dimaksud dengan ragam kalimat dalam teks tanggapan?

a. Jenis huruf yang digunakan dalam buku

b. Gaya penulisan yang unik dalam buku

c. Berbagai macam jenis kalimat yang digunakan dalam teks

d. Tidak ada hubungannya dengan kalimat dalam teks tanggapan

Jawaban: C

5. Apa perbedaan utama antara surat pribadi dan surat resmi?

a. Surat pribadi ditulis dengan tangan, sedangkan surat resmi diketik.

b. Surat pribadi berisi informasi resmi, sedangkan surat resmi berisi informasi pribadi.

c. Surat pribadi ditujukan kepada individu, sedangkan surat resmi ditujukan kepada lembaga atau instansi.

 

d. Tidak ada perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi.

Baca Juga: 30 Contoh Soal OSN Biologi SMA 2025, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Jawaban: C

 

 

6. Mengapa penting untuk mengikuti etika dalam penulisan surat?

a. Agar surat menjadi lebih panjang

b. Agar surat terlihat formal

c. Agar surat lebih mudah dipahami

d. Etika dalam penulisan surat tidak penting

Jawaban: C

7. Apa yang dimaksud dengan unsur kebahasaan dalam teks berita?

a. Penggunaan bahasa informal dalam teks berita.

b. Penggunaan bahasa daerah dalam teks berita.

c. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan situasi dan tujuan komunikasi dalam teks berita.

 

d. Tidak ada unsur kebahasaan dalam teks berita.

Jawaban: C

8. Apa yang perlu dipertimbangkan ketika menyajikan tanggapan terhadap buku?

a. Hanya menyampaikan opini pribadi tanpa alasan. 

b. Memberikan ringkasan singkat buku.

c. Memberikan analisis mendalam tentang isi buku.

d. Menyalin ulang seluruh isi buku.

Jawaban: C

9. Unsur berita yang mencakup informasi utama dalam teks berita disebut?

a. Badan berita

b. Judul

c. Lead

d. Foto 

Jawaban: C

 

10. Bagaimana unsur-unsur kaidah kebahasaan dalam teks berita dapat memengaruhi pemahaman pembaca terhadap berita?

a. Unsur kaidah kebahasaan dalam teks berita tidak berpengaruh pada pemahaman pembaca.

b. Unsur kaidah kebahasaan yang tepat dapat membuat berita lebih menarik.

c. Unsur kaidah kebahasaan yang rumit selalu membuat berita sulit dipahami.

d. Tidak ada hubungan antara unsur kaidah kebahasaan dan pemahaman pembaca.

Jawaban: B

11. Apa perbedaan antara kalimat eksplanatif dan kalimat persuasif dalam teks tanggapan?

a. Kalimat eksplanatif bertujuan untuk memberikan informasi, sedangkan kalimat persuasif bertujuan untuk mempengaruhi.

b. Kalimat eksplanatif selalu lebih pendek daripada kalimat persuasif.

c. Kalimat eksplanatif hanya digunakan dalam teks akademik, sedangkan kalimat persuasif digunakan dalam teks umum.

d. Tidak ada perbedaan antara kalimat eksplanatif dan kalimat persuasif.

Jawaban: A

12. Seorang siswa diminta untuk menulis teks berita tentang peristiwa lingkungan di sekolahnya. Apa yang harus menjadi fokus utama dalam teks berita tersebut?

a. Mendeskripsikan kondisi sekolah.

b. Menceritakan pengalaman pribadi siswa.

c. Memberikan informasi fakta tentang peristiwa lingkungan di sekolah.

d. Menyampaikan opini pribadi tentang lingkungan sekolah.

Jawaban: C

13. Seorang siswa membaca teks berita yang tidak memiliki judul. Bagaimana cara siswa tersebut dapat mengidentifikasi judulnya?

a. Membaca semua paragraf dalam teks berita.

b. Melihat pada paragraf pertama dalam teks berita.

c. Mencari kata-kata kunci yang sering muncul dalam teks berita.

d. Mengabaikan pencarian judul karena teks berita tidak memiliki judul.

Jawaban: B

14. Unsur kebahasaan dalam teks berita termasuk hal-hal seperti …

a. Jumlah kata dalam teks berita.

b. Penggunaan bahasa informal dalam teks berita.

c. Pemilihan kata dan frasa yang sesuai dengan tujuan berita.

d. Judul teks berita.

 

Jawaban: C

15. Apa yang harus dilakukan ketika menemui berita palsu di media sosial?

a. Menyebarluaskan berita palsu agar lebih banyak orang tahu.

b. Memeriksa sumber informasi dan mencari berita yang terpercaya.

c. Mempercayai berita palsu tanpa verifikasi.

d. Tidak melakukan apa-apa karena berita di media sosial selalu benar.

Jawaban: B

Baca Juga: 30 Contoh Soal OSN Olimpiade IPA SD 2025 Terbaru dan Jawaban

 
 

16. Buku fiksi seringkali mengandung elemen-elemen seperti…

a. Fakta dan data yang akurat

b. Karakter, plot, dan konflik

c. Informasi ilmiah dan referensi

d. Diagram dan grafik

Jawaban: B

17. Apa yang menjadi fokus utama teks berita ini?

a. Polusi udara di Jakarta

b. Peningkatan jumlah anak-anak di Jakarta

c. Tingkat kesehatan masyarakat Jakarta

d. Kebijakan pemerintah dalam mengatasi polusi

Jawaban: A

 

18. Apa yang disebutkan oleh penelitian terbaru tentang tingkat polusi udara di Jakarta?

a. Polusi udara di Jakarta rendah selama dua tahun terakhir

b. Polusi udara di Jakarta melebihi batas aman WHO selama dua tahun terakhir

c. Polusi udara di Jakarta hanya melebihi batas aman WHO selama satu tahun terakhir

 

d. Polusi udara di Jakarta tidak mencapai batas aman WHO

Jawaban: B

19. Siapa yang akan paling berisiko akibat peningkatan polusi udara?

a. Anak-anak dan lansia

b. Orang dewasa

c. Pemerintah

d. Peneliti

 

Jawaban: A

20. Apa saran yang diberikan oleh para ahli kepada pemerintah?

a. Mengabaikan masalah polusi udara

 

b. Mengambil langkah-langkah konkret dalam mengatasi masalah polusi udara

c. Melakukan penelitian lebih lanjut

d. Menutup kota Jakarta

Jawaban: B

Soal Essay

1. Jelaskan ciri khas berbagai media informasi, seperti surat kabar, televisi, dan media sosial. Bagaimana perbedaan dalam penyampaian berita di berbagai media tersebut?

Jawaban:

Berbagai media informasi memiliki ciri khas yang membedakan mereka satu sama lain.

Surat kabar cenderung menyajikan berita dengan lebih mendalam, dengan latar belakang, analisis, dan opini yang lebih lengkap.

Televisi lebih fokus pada visual dan memiliki batasan waktu yang ketat untuk setiap berita.

Media sosial memungkinkan partisipasi publik dalam menyebarkan berita dan sering kali berfokus pada berita yang bersifat viral atau tren.

2. Apa saja unsur-unsur berita yang harus ada dalam sebuah laporan berita? Jelaskan setiap unsur dengan contoh.

Jawaban:

Unsur-unsur berita meliputi judul, lead, fakta utama, kutipan, dan penutup. Judul memberikan gambaran singkat tentang topik berita. Lead adalah paragraf pembuka yang merangkum inti berita.

Fakta utama adalah informasi penting dalam berita. Kutipan adalah ucapan atau pendapat dari sumber yang relevan.

 

Penutup merangkum berita dan memberikan kesimpulan.

Contohnya, dalam berita tentang sebuah kecelakaan, judulnya mungkin “Kecelakaan Mobil Fatal di Jalan Utama,” dan lead-nya bisa berisi detail dasar tentang insiden tersebut.

3. Apa yang dimaksud dengan berita palsu (hoaks) dan mengapa berita palsu menjadi masalah serius dalam era digital? Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu?

Jawaban:

 

Berita palsu, atau hoaks, adalah informasi yang sengaja disebarkan dengan tujuan menyesatkan dan biasanya tidak berdasar fakta. 

Berita palsu menjadi masalah serius dalam era digital karena mudahnya penyebaran informasi melalui media sosial dan internet.

Cara mengidentifikasi berita palsu meliputi memeriksa sumber, memeriksa apakah berita dikonfirmasi oleh sumber resmi, memeriksa tanda-tanda keaslian seperti gambar atau video.

Serta mencari berita dari beberapa sumber terpercaya sebelum memercayai apalagi membagikannya.

4. Mengapa penting bagi masyarakat untuk menjadi literat media? Apa yang dapat dilakukan individu untuk meningkatkan literasi media mereka?

 

Literasi media penting karena membantu individu untuk mengidentifikasi berita palsu, memahami berbagai sumber informasi, dan mengambil keputusan yang informasi-didukung dengan baik.

Untuk meningkatkan literasi media, kita harus memeriksa sumber, memahami bias media, mengikuti pelatihan literasi media, dan terus-menerus meningkatkan pemahaman bagaimana media bekerja dan diproduksi.

5. Apa yang dimaksud dengan glosarium dalam buku non-fiksi? Mengapa glosarium penting dalam buku seperti ensiklopedia atau buku teks ilmiah?

Jawaban:

Glosarium adalah bagian dalam buku non-fiksi yang berisi daftar kata-kata atau frasa yang dijelaskan atau didefinisikan.

Glosarium penting dalam buku seperti ensiklopedia atau buku teks ilmiah karena membantu pembaca memahami istilah-istilah khusus yang mungkin tidak dikenal.

Ini memungkinkan pembaca untuk merujuk ke daftar istilah saat mereka menemui kata-kata yang tidak mereka pahami, sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang materi yang disajikan.

Baca Juga: 30 Contoh Soal OSN Olimpiade Matematika SD 2025 Terbaru dan Jawaban

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm