Sonora.ID - Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan memberikan penghargaan bintang tiga kepada dua rumah sakit di Yogyakarta, yakni Rumah Sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto dan Rumah Sakit Happy Land pada Rabu, 22 Januari 2025.
Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen rumah sakit dalam memanfaatkan sistem antrean online terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN, i-Care JKN, pemanfaatan surat eligibilitas peserta (SEP) elektronik terintegrasi V-Claim, dan finger print atau face recognition BPJS Kesehatan (FRISTA).
Data per Januari 2025 menunjukkan, pemanfaatan antrean online yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN di Rumah Sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto Yogyakarta mencapai 36,59% dari total peserta rawat jalan.
Adapun di Rumah Sakit Happy Land Yogyakarta, pemanfaatan antrean online sebesar 51,11% dari kunjungan rawat jalan.
"Kami memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan atas dukungan terhadap transformasi digital dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Layanan pada jutaan peserta tidak akan baik jika tidak dibarengi dengan perubahan ke arah digital," kata Edwin Aristiawan.
Melalui menu Pendaftaran Layanan (antrean) pada aplikasi Mobile JKN, peserta dapat menentukan secara mandiri hari rencana kunjungannya ke fasilitas kesehatan.
Jika waktu antrean sudah dekat, peserta bisa datang ke fasilitas kesehatan yang dimaksud. Aplikasi akan menunjukkan pergerakan antrean di fasilitas kesehatan secara real time.
“Tujuannya agar proses antrean bisa lancar. Banyak hal produktif yang bisa dilakukan peserta sembari memantau antreannya lewat aplikasi. Rumah sakit pun bisa efisien, tidak perlu menambah lahan parkir maupun kursi tunggu karena flow kedatangan pasien lancar,” tegas Edwin.
Dari sisi kemudahan tenaga medis, BPJS Kesehatan menyediakan sistem Informasi Pencarian Riwayat Pelayanan Kesehatan JKN (i-Care JKN) untuk melihat riwayat kesehatan pasien.
Baca Juga: Upaya Pemkab Landak Lewat Agen PERISAI Tingkatkan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Dengan i-Care JKN, petugas medis akan lebih mudah mengetahui riwayat pelayanan kesehatan peserta dalam kurun waktu 1 tahun terakhir.
Untuk memudahkan proses administrasi, Rumah Sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto dan Rumah Sakit Happy Land juga berhasil menerapkan SEP elektronik terintegrasi V-Claim.
Sementara itu, finger print dan FRISTA bermanfaat untuk menunjang validasi data peserta melalui sidik jari dan pencocokkan wajah.
Kepala Rumah sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto, Abdul Gani mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi layanan maupun alat kesehatan. Menurutnya, dengan pengembangan teknologi informasi yang dilakukan BPJS Kesehatan terutama antrean online, mampu memberikan rasa nyaman pada pasien.
“Sekarang dengan sistem antrean online, pasien datang sesuai dengan jadwalnya. Poli kami memiliki jadwal beragam dari pagi sampai sore dan pasien datang menyesuaikan jadwal dan antrean sehingga tidak lagi menumpuk. Kami sangat bersyukur, apalagi dengan adanya i-Care JKN, para dokter bisa lebih mudah melihat riwayat pasien,” kata Abdul.
Selaras dengan tujuan BPJS Kesehatan, Direktur RS Happy Land Yogyakarta Noor Istichawari mengatakan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN. Penghargaan ini menjadi pemicu semangat untuk terus memberikan layanan prima bagi peserta.
“Penghargaan ini tentu menjadi penyemangat kami. Terima kasih atas kerja sama dan saling dukung yang kita jalin selama ini. Kami berkomitmen untuk terus berproses menjadi lebih baik dan memberikan layanan prima bagi pasien,” tutupnya.