Sering Lupa? Ini Tips Jitu Mencatat yang Efektif Sesuai Manajemen Otak

29 Oktober 2019 10:10 WIB
Mencatat yang Efektif
Mencatat yang Efektif ( https://www.freepik.com)

Sonora.ID - Meski perkembang teknologi sudah berkembang pesat, namun cara mencatat masih menjadi cara andalan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini terjadi karena mereka menganggap bahwa dengan mencatat, materi yang disampaikan akan lebih mudah diingat,

Begitu juga yang disampaikan oleh Brain Coach Leader, Sutanto Windura, pihaknya menjelaskan bahwa mencatat berpengaruh terhadap daya ingat penulisnya.

“Memang ada the key of memory, dalam waktu tertentu ingatan akan menurun terus, tapi tidak pernah hilang,” sambung Sutanto.

Baca Juga: Mencintai Orang Lain Tanpa Mencintai Diri Sendiri? Hati-Hati Gombal

Selain menjaga ingatan, mencatat juga berfungsi untuk menjaga konsentrasi seseorang. Tidak hanya itu, mencatat juga bisa mengorganisir ide penulisnya yang kemudian akan berguna untuk keperluan yang akan datang.

Namun, untuk bisa mencatat dengan efektif sesuai dengan manajemen otak, Sutanto memberikan beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut dikenal dengan ‘Cornell Six R’.

Caranya adalah membagi kertas dengan tiga bagian. Bagian pertama adalah dengan mengambil dua sampai tiga senti di bagian bawah untuk mencatat kesimpulan atau summary.

Di atas bagian tersebut, dibagi menjadi dua bagian. Di bagian kiri adalah sepertiga bagian tersebut, sedangkan di bagian kanan adalah dua pertiga dari bagian tersebut.

Baca Juga: Anak di Bangku TK dan SD Ternyata Belum Memerlukan Tes Minat dan Bakat

Pada bagian yang lebih besar itu adalah kolom untuk mencatat catatan yang apa adanya, sedangkan bagian yang lebih kecil untuk mencatat ide penulis yang ingin diselipkan.

“Dua pertiga bagian adalah untuk mencatat apa adanya, atau note taking. Tapi yang sebelah kiri ini yang ditulis dengan cara ‘Six R’ yang akan memberikan nilai tambah pada catatan kita, sekaligus mentransformasi dari note taking menjadi note making,” jelas Sutanto.

‘Six R’ itu sendiri adalah beberapa elemen yang harus diperhatikan. R yang pertama adalah Record, yaitu untuk menulis apa adanya di bagian kanan lembar Cornell.

R yang kedua adalah Reduce atau mengurangi, yaitu dengan memberikan kesimpulan atau summary dari apa yang didengarkan. Hal ini ditulis dalam bagian yang paling bawah.

Baca Juga: Dibuka 11 November 2019, Simak Langkah Berikut Agar Lolos CPNS 2019

Kemudian Recite yang artinya pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat melakukan R yang pertama. R yang keempat adalah Reflex, yakni apa saja yang muncul, refleksi dari apa yang didengar dan dicatat.

R selanjutnya adalah Review, R yang satu ini bisa dicantumkan dibagian mana saja dalam kertas Cornell. Misalnya dengan menambahkan contoh pada bagian kanan kertas.

R terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Recapitulate. Pada bagian ini, pencatat bisa membuat catatan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

Dengan menggunakan pembagian kertas ala Cornell, serta memperhatikan keenam elemen tersebut, maka Anda akan dapatkan catatan yang efektif dan sesuai dengan manajemen otak.

 Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar 'Sesuatu di Jogja' Milik Adhitia Sofyan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm