Sonora.ID - Menjadi seorang karyawan dalam sebuah perusahaan sering kali menerima pujian namun tak jarang menerima tantangan dari perusahaan atau dari atasan.
Ketika tantangan itu datang biasanya seorang karyawan kemudian mendiskusikan tantangan itu bersama dengan atasan atau sesame rekan kerja.
Diskusi yang baik yang bisa menciptakan prestasi atau solusi atas sebuah masalah tersebut akhirnya meninggalkan kesan baik antar personal dan muncul rasa loyal atau setia.
Namun, Marketing Director PT Ciputra Residence, Yance Onggo menyampaikan bahwa loyalitas yang terjadi dalam lingkungan kerja haruslah kepada perusahaan tempat bekerja, bukan kepada karyawan yang bekerja di dalamnya.
Baca Juga: Belajar dari Sports Team, Perusahaan juga Butuh Perbedaan Peran
“Jadi loyalitas yang dimiliki harus loyalitas kepada perusahaan bukan kepada personal, sehingga ada atau tidak ada leaders-nya mereka akan stay dengan company,” jelas Yance.
Atas dasar loyalitas kepada perusahaan tersebut, seorang karyawan bisa bekerja dengan baik tanpa adanya pengawasan dari leader sekalipun.
Selain loyal kepada perusahaan, Yance juga menyebutkan beberapa kunci lain yang harus dipegang untuk menjadi pekerja yang baik.
Baca Juga: Penting! Menitikberatkan Growth Mindset dalam Membangun Perusahaan
Kunci selanjutnya adalah menjadi pekerja yang aktif, artinya karyawan bisa bertahan dalam posisi apapun dan bisa dinamis.
Lalu yang kedua adalah jangan menjadi karyawan yang mudah tersinggung atau sensitif, karena karyawan dengan tipe seperti ini akan mudah menyerah dengan keadaan dan mudah bergesekan dengan sesame karyawan atau bahkan client perusahaan.
Kemudian kunci yang terakhir adalah tinggi hati atau sombong, dan merasa bahwa dirinya adalah yang paling berjasa dalam sebuah perusahaan.
Baca Juga: Ciri Best Talent yang Harus Di Attract and Retain oleh Perusahaan
“Karena asal muasal berantem itu karena merasa dia yang paling berjasa. Nah ini enggak boleh, karena sukses itu adalah hasil kerja tim. Ada tim di belakang yang mungkin tidak terlihat yang mendukung, sehingga jangan sampai ada berantem,” jelas Yance.
Semua kunci menjadi karyawan yang bisa bekerja dengan baik ini bisa langsung didapatkan dengan menerapkan peace of mind.
Artinya karyawan harus memiliki pemikiran yang penuh dengan kedamaian baik kepada atasan, sesama rekan kerja, stakeholders, relasi perusahaan lain, dan beberapa pihak lain baik di dalam maupun di luar perusahaan.
Baca Juga: Perusahaan Besar Ternyata Butuh Pemikiran Kreatif Orang ‘Bandel’