Sonora.ID - Pernahkah Anda merasa dilema dan bimbang saat ingin keluar dari pekerjaan atau resign? Merasa sudah tidak cocok dengan pekerjaan atau merasa tidak ada perkembangan yang pasti sehingga Anda ingin resign dan mencari pekerjaan baru.
Namun semua itu tertunda lantaran Anda merasa tidak enak kepada atasan maupun kepada teman kerja?
Sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan ada baiknya untuk melakukan beberapa hal berikut ini.
Sebab, resign dari pekerjaan pun memiliki etika tersendiri. Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan saat ingin keluar dari pekerjaan.
Baca Juga: Begini Cara Nego Gaji Saat Interview Dengan HRD Agar Diterima
1. Tentukan Alasan yang Tepat
Seorang HR Creator, Junar Asunyi mengatakan bahwa hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum resign adalah menentukan alasan.
Alasan tersebut akan Anda paparkan kepada pihak HRD.
"yang pertama harus kalian lakukan adalah menentukan alasan kalian resign itu apa. Apakah alasan kalian resign karena kalian merasa stres lantaran deadlinenya yang terlalu mepet atau kalian merasa gak puas dengan pekerjaan kalian." ujar Junar Asunyi seperti dikutip dari akun sosial media TikToknya.
Baca Juga: Ini Trik Jitu Menjawab Pertanyaan dari HRD ‘Apa Kekurangan Kamu’
2. Beri Tahu Perusahaan
Sebelum keluar dari perusahaan ada baiknya untuk memberi tahu perusahaan minimal sebulan sebelum Anda memutuskan untuk keluar.
"Anda harus memberi tahu perusahaan sebulan sebelumnya. kenapa harus one mount notice sebab perusahaan perlu mencari kandidat baru sebelum kalian benar-benar keluar dari pekerjaan,' ujarnya
3. Kirimkan surat pengunduran diri
Setelah memberi tahu perusahaan ada baiknya untuk mengirim surat pengunduran diri kepada email perusahaan atau email HRD.
"Jangan lupa kasih surat resign kalian bisa kirim ke email perusahaan atau HRD," pungkasnya.
Baca Juga: Lulus Dengan IPK 4 Malah Susah Diterima Perusahaan, Kok Bisa? Begini Penjelasannya