Sonora ID - Anda tidak akan pernah bisa memprediksi dengan pasti apa yang akan terjadi selama wawancara kerja.
Perekrut memiliki berbagai pertanyaan yang dikemas dengan berbagai variasi untuk mencari kandidat yang sesuai
Terlepas dari bentuk pertanyaannya, berikut adalah 3 hal utama yang pasti dinilai dalam proses wawancara.
Baca Juga: 5 Tips Bahasa Tubuh yang Benar ala Motivator saat Wawancara Kerja
Kesesuaian Penampilan diri dengan Nilai Perusahaan
Pakaian yang Anda kenakan saat melakukan wawancara dapat membuat kesan pertama jauh sebelum Anda mengucapkan sepatah kata pun.
Meskipun penting untuk mempertahankan selera gaya Anda dan rasa nyaman, pemilihan pakaian wawancara kerja sangat ditentukan oleh budaya perusahaan.
Mengunjungi lewat website resmi atau akun media sosial perusahaan mereka akan membantu memberi Anda gambaran tentang lingkungan kantor, dari yang ketat hingga santai.
Anda juga bisa mengunjungi website khusus ulaan perusahaan untuk melihat apakah budaya atau aturan berpakaian disebutkan.
Carilah nama-nama dan gambar online anggota staf kunci atau pewawancara untuk melihat apa yang mereka kenakan di foto profesional mereka.
Jika mereka mengenakan setelan di headshot (profil) perusahaan, Anda dapat berasumsi bahwa Anda harus memilih pakaian korporat.
Namun, jika mereka mengenakan jeans dan kaos oblong (biasanya pada perusahaan teknologi atau desain), maka perusahaan mungkin memiliki kode berpakaian yang lebih santai dan Anda dapat memilih tampilan smart-casual.
Baca Juga: Penting tapi Sering Dilupakan Oleh Kandidat saat Interview Kerja
Kualitas Jawaban
Dibandingkan kemampuan teknis, beberapa pertanyaan didesain untuk mengetahui kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif pelamar.
Hal ini dilakukan karena pada lingkung ruangan kerja yang nyata, tidak ada cara yang pasti untuk menjawab sebuah masalah.
Pertanyaan biasanya akan dalam bentuk studi kasus, dan pelamar mungkin diberi waktu untuk berpikir.
Untuk bisa memperlihatkan kualitas jawaban dengan maksimal, pelamar disarankan untuk menjawab dengan metode STAR, atau metode Situation, Task, Action, Result.
Baca Juga: Penting tapi Sering Dilupakan Oleh Kandidat saat Interview Kerja
Kemampuan Berkomunikasi Efektif
Apapun jenis pekerjaannya, berkomunikasi dengan efektif adalah salah kemampuan yang paling dicari oleh perekrut.
Komunikasi efektif adalah proses dimana pesan yang diinginkan berhasil disampaikan, diterima dan dipahami.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktekkan jika ingin ingin berpartisipasi dalam komunikasi efektif:
Pastikan untuk menjaga kontak mata secara teratur, sehingga pewawancara tahu Anda terlibat dalam percakapan.
Berbicara dengan tenang dan perlahan membantu pewawancara memahami Anda.
Mendengarkan pertanyaan secara aktif untuk memberikan jawaban yang koheren
Memilih kosakata yang sesuai dalam konteksnya (tidak perlu terlalu rumit)
Baca Juga: 5 Tips Bahasa Tubuh yang Benar ala Motivator saat Wawancara Kerja