Sonora.ID - Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelola ataupun menghadapi kecemasan saat harus memulai pengalaman baru di tempat yang baru.
Saat berada di luar zona nyaman, umumnya kita akan lebih mudah merasa terintimidasi dan kehilangan kepercaya diri, apalagi jika dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, sementara kita belum pernah kita melakukan tugas itu sebelumnya.
Menurut National Institute of Mental Health (NIMH), Jenis kecemasan yang terjadi di tempat kerja berpotensi menjangkit hingga ke gejala fisik seperti mudah lelah dan ketegangan otot, yang berisiko memengaruhi kinerja kerja kita di kantor yang baru.
Tapi kalian tidak usah khawatir berlebihan, rasa takut, cemas, minder atau tertekan dengan lingkungan kerja baru bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia, selama masih dalam batas normal, selama kalian pasti bisa mengatasinya.
Jika kalian sedang mengalami kondisi kecamasan seperti yang telah dijelaskan di atas, artikel berikut akan membantu untuk memahami penyebab dan menemukan solusi untuk menghadapi rasa cemas dan minder di lingkungan kerja baru, semoga membantu.
Kenapa bisa cemas dan midner?
Banyak faktor yang bisa memicu rasa cemas dan minder, bisa berkaitan dengan pekerjaan itu sendiri, rekan kerja ataupun atasan di kantor.
Pahami faktor-faktor apa saja yang bisa memicu rasa cemas dan minder:
Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?
Setelah mengidentifikasi faktor yang menyebabkan rasa cemas dan minder, langkah selanjutnya adalah memberanikan diri untuk menghadapinya.
Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memulai pertarungan dengan ketakutan atau rasa cemas yang menghantui kalian.
Buat daftar pekerjaan yang lebih terorganisir
Menjadi karyawan baru mungkin membuat Anda ingin selalu terlihat rajin dan serba bisa.
Sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan jangan sampai memaksakan batas kemampuan dan akhirnya justru membuat kalian merasa terbebani.
Urutkan tugas yang akan Anda kerjakan hari ini ke dalam catatan yang bisa terlihat dengan mudah, prioritaskan dan Fokus pada satu tugas dalam satu waktu, akan memudahkan kalian dalam menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang memuaskan.
Luangkan waktu untuk istirahat dan melakukan aktivitas yang bisa membantu kalian untuk meregulasi emosi seperti, mendengarkan lagu, meditasi, membaca buku, dan lain-lain.
Baca Juga: Mengenal 'Lingkaran Setan' antara GERD dan Gangguan Kecemasan
Yakinlah bahwa Anda pasti diterima oleh rekan kerja
Menjadi karyawan baru kerap kali membuat kita merasa dikucilkan oleh orang-orang yang baru kita kenal.
Kunci untuk mengatasi rasa minder ini adalah dengan berpikir positf, yakinlah bahwa cepat atau lambat Anda juga bisa sukses bersosialisasi dengan rekan kerja yang lainnya.
Komunikasikan dengan Manager atau atasan
Meskipun tidak mudah bagi semua orang untuk melakukan hal ini, tetapi percayalah membiarkan manajer atau supervisor mengetahui kecemasan yang Anda alami, mungkin dapat membantu mereka untuk lebih mengerti bahkan dapat memberikan solusi yang dapat membantu agar kedepannya Anda bisa bekerja lebih efektif lagi.
Curhat dengan orang terdekat
Jika kalian butuh waktu untuk mengumpulkan keberanian sebelum menceritakan kendala yang kalian alami kepada atasan ataupun rekan kantor lainnya. Kalian bisa mengutarakan kekhawatiran kalian pada teman atau keluarga dekat terlebih dahulu.
Memiliki seseorang yang dapat memahami dan mendukung kalian melewati masa-masa sulit ini bisa membantu menurunkan tingkat stress, lho.
Istirahat yang cukup hindari bergadang
Nah, setelah melalui hari yang panjang, tubuh kita butuh istirahat untuk memulihkan tenaga agar bisa kembali segar dan bersemangat menghadapi hari esok.
Oleh karena itu, hindari bergadang hingga larut malam di hari bekerja, jauhkan handphone dari jangkauan kemudian redupkan lampu kamar untuk merangsang kantuk.
Baca Juga: Lemah dan Labil! 4 Zodiak Ini Sering Tumbang Menghadapi Rintangan Hidup