Akta Kelahiran Hilang? Begini Cara Mengurus dan Biayanya di Dukcapil

6 Oktober 2022 13:17 WIB
Ilustrasi cara mengurus akta kelahiran yang hilang
Ilustrasi cara mengurus akta kelahiran yang hilang ( Tribunnews.com)

Sonora.ID - Akta kelahiran hilang? Yuk simak cara mengurus, alur dan biaya yang harus dikeluarkan di Dukcapil.

Dokumen akta kelahiran adalah salah satu dokumen yang sangat penting untuk dimiliki oleh penduduk Indonesia.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, dijelaskan jika setiap kelahiran wajib dilaporkan.

Ini bertujuan untuk memudahkan pemerintah dalam mendata jumlah pendudukya.

Atas laporan ini, pejabat Pencatatan Sipil nantinya akan mencatatkan data sampai menerbitkan sebuah dokumen akta kelahiran.

Selain menjadi hak setiap anak, akta kelahiran juga kerap menjadi salah satu syarat dokumena dalam berbagai kepentingan, seperti membuat KTP, mendaftar sekolah dan lain sebagainya.

Maka dari itu, saking pentingnya akta kelahiran harus dijaga dengan baik agar tidak disalahgunakan.

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Online 2022 yang Terbaru

Nah, apa jadinya kalau akta kelahiran yang kita miliki justru hilang entah kemana?

Tidak usah bingung, kamu bisa mendapatkan akta kelahiranmu kembali dengan mengikuti beberapa alur dan membawa persyaratan di bawah ini.

Yuk kita simak bersama syarat dan cara mengurus akta kelahiran yang hilang.

Sebelum mengajukan, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

Syarat dokumen yang diperlukan untuk urus akta hilang:

  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • Fotokopi e-KTP atau kartu identitas anak
  • Fotokopi e-KTP orang tua
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK
  • Fotokopi akta kelahiran yang hilang (jika ada)

Prosedur pengurusan akta kelahiran yang hilang

Jika syarat dokumen yang di persyaratkan sudah lengkap, maka kamu bisa langsung mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Nantinya di Dispendukcapil, petugas akan mengecek kelengkapan berkas persyaratan yang kamu bawa.

Jika berkas sudah dirasa lengkap, petugas pemeriksa data akan memberikan tanda tangan sebagai tanda kelengkapan dokumen.

Perlu diketahui, ada sejumlah wilayah yang sudah menyediakan layanan pengurusan secara online, sehingga kamu hanya perlu mengirimkan segala berkas yang dibutuhkan secara online.

Baca Juga: Syarat dan Cara Mengurus KTP Hilang Atau Rusak, Gratis dan Bisa Online Nggak Perlu Bolak-balik!

Terlebih, akta kelahiran kini sudah bisa dicetak sendiri.

Permohonan yang sudah diproses oleh Disdukcapil akan disahkan melalui mekanisme tanda tangan elektronik dalam bentuk kode QR.

Bolehkah pengurusan akta kelahiran yang hilang diwakilkan?

Untuk mengurus akta kelahiran ini bisa dilakukan oleh si pemilik akta, namun jika tidak bisa maka bisa diurus oleh orang tua pemilik akta.

Nantinya, akta kelahiran bisa didapatkan kembali melalui pencetakan ulang akta.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengurus akta hilang?

Dikutip dari laman dukcapil.kemendagri.go.id, pengurusan akta kelahiran yang hilang tidak dipungut biaya sama sekali.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh.

"Mengurus kembali akta kelahiran yang hilang dilakukan di Dinas Dukcapil sesuai alamat KTP-el yang terakhir," jelas Arif.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm