Sonora.ID – Belanja online digemari berbagai kalangan mulai dari remaja sampai orangtua, karyawan sampai Ibu rumah tangga.
Ada geragam alasan mengapa orang-orang zaman sekarang lebih memilih belanja online daripada secara langsung.
Mulai dari barang yang dijual lebih beragam, lebih murah daripada di toko, ada banyak diskon dan promo, hemat waktu dan tenaga, dan masih banyak lagi.
Makanya sekarang, markerplace adalah tempat utama bagi sebagian besar orang di dunia untuk berbelanja.
Di Indonesia sendiri, ada banyak marketplace yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja online, salah satunya adalah Shopee.
Baca Juga: Berikut Ini Cara Mencairkan Shopee Paylater yang Bisa Kamu Coba!
Sebagai salah satu marketplace terpopuler di Indonesia, Shopee memiliki berbagai fitur menarik guna memudahkan pengunjung dalam berbelanja.
Salah satunya adalah fitur membatalkan pesanan yang biasa digunakan karena berbagai alasan, seperti kesalahan memasukan alamat pengiriman hingga tidak memerhatikan detail produk.
Namun terdapat syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan pengguna Shopee.
Salah satunya, cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim hanya dapat dilakukan atas persetujuan seller atau penjual.
Selain itu, pembeli hanya dapat mengajukan satu kali permintaan pembatalan untuk setiap pesanan.
Jika pengajuan pembatalan ditolak oleh seller, maka pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan lagi untuk pesanan yang sama.
Untuk lebih lengkapnya, mari simak cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dirangkum Sonora.ID berikut ini.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Dilansir dari laman Shopee.co.id, cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan dengan mudah.
Bagi Anda yang ingin membatalkan pesanan di Shopee, ada beberapa alternatif alasan yang bisa dipilih, yaitu:
Baca Juga: Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant, Lengkap dengan Syaratnya!
Shopee sendiri memiliki tiga jenis pembatalan pesanan. Pembatalan tersebut meliputi pembatalan instan, pembatalan noninstan, dan pembatalan otomatis.
Pembatalan instan adalah jenis pembatalan yang bisa dilakukan secara langsung sebelum penjual mengatur pengiriman.
Anda dapat mengurungkan pembelianmu maksimal 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.
Adapun pembatalan noninstan adalah pembatalan yang dilakukan ketika penjual telah mengatur pengiriman dan memasukkan nomor resi.
Jenis pembatalan ini mengharuskan pembeli mendapat persetujuan dari seller terlebih dahulu.
Seller dapat menolak pembatalan ini jika barang sudah terlanjur dikirim. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih mengajukan pengembalian barang dengan alasan tertentu jika memang diperlukan.
Sedangkan pembatalan otomatis yaitu apabila barang yang sudah Anda pesan akan otomatis dibatalkan jika penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan resi hingga batas waktu pengemasan berakhir.
Selain itu, jenis pembatalan ini juga bisa terjadi jika seller tidak menyerahkan paket ke kurir setelah dua hari sejak masa pengemasan atau sejak resi keluar.
Cara membatalkan pesanan di Shopee Berikut adalah langkah-langkah atau cara membatalkan pesanan di Shopee melalui aplikasi:
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: Cara Transfer ShopeePay ke DANA, Gak Ribet dan Bebas Biaya Admin