7 Contoh Cerita Rakyat Bahasa Jawa yang Singkat serta Artinya

Diperbaharui 16 Mei 2023 15:17 WIB
Contoh cerita rakyat bahasa Jawa dan artinya.
Contoh cerita rakyat bahasa Jawa dan artinya. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Mengutip dari buku berjudul Penokohan dalam Cerita Rakyat Perspektif Linguistik Sistemik Fungsional, cerita rakyat merupakan bagian dari folklore yang mempunyai penggertian yang lebih luas.

Brunvand mendefinisikan cerita rakyat sebagai salah satu jenis budaya tradisional yang tersebar ke seluruh anggota dan beberapa kelompok secara lisan atau melalui contoh budaya dan memiliki banyak versi.

Cerita rakyat ini berfungsi sebagai sistem proyeksi, pencermin angan-angan; alat pengesahan pranata dan lembaga kebudayaan; alat pendidikan anak; dan alat pemaksa serta pengawas norma.

Sama seperti halnya jenis karya sastra lainnya, cerita rakyat memiliki ciri-ciri khusus, contohnya, disebarkan secara lisan, bersifat tradisional, memiliki banyak versi, bersifat anonim, memiliki pola, memiliki fungsi dalam kebersamaan, menjadi cerita bersama, bersifat pralogis, dan bersifat lugu.

Jenis Cerita Rakyat

Selain itu, cerita rakyat juga memiliki jenis yang beragam seperti legenda, dongeng, dan mitos.

  • Mite/mitos: cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang mempunyai cerita. Mite biasanya ditokohi oleh para dewa atau makhluk setengah dewa. Peristiwa yang terjadi di dalam cerita pun menggunakan latar dimensi lain.
  • Legenda: cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi oleh yang mempunyai cerita. Biasanya menceritakan sejarah suatu tempat atau kejadian zaman dulu. Bisa juga menceritakan seorang tokoh yang disegani, tempat keramat, dan lainnya.
  • Dongeng: sebuah cerita yang dianggap sebagai dibuat-buat dan tidak sakral. Tokoh bisa berupa manusia atau makhluk/benda lainnya.

Untuk memahaminya dengan lebih baik berikut ini kami sajikan beberapa contoh cerita rakyat dalam bahasa Jawa yang singkat.

Baca Juga: Contoh Dongeng Bahasa Jawa yang Singkat Lengkap dengan Artinya

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Jawa

Contoh 1

Legenda Mbah Jegot ing Alas Donoloyo

Ing jaman kawitan madege Kasultanan Demak, Raden Patah kang mujudake sultan kapisan ing Kasultanan Demak pengin nggawe masjid agung kanggo sembahyang kawulane.

Kanggo mujudake gegayuhane Sultan Demak ngutus para wali sanga golek kayu jati menyang alas Donoloyo kang ana ing dhaerah Wonogiri.

Sawise prentah ditampa, para wali sanga banjur lunga menyang alas donoloyo.

Tekan kono para wali banjur nembung menyang Ki Ageng Donoloyo. Miturut crita Ki Ageng Donoloyo mujudake pawongan kang duwe alas Donoloyo.

Rampung ngandharake angkah lan tujuane menyang alas Donoloyo. Para wali sanga diijini golek kayu jati sing disenengi lan dianggep pantes kanggo nggawe masjid demak.

Nalika sunan-sunan liyane golek kayu sing gedhe lan lurus wite. Sunan Kalijaga malah nglumpukake kayu sisane wali liyane.

Sisa-sisa kayu kang sinebut tatal kuwi diklumpukake lan disusun nganti dadi saka. Cekake critan sawise ngucapake matur nuwun merga dililani golek kayu jati. Para wali bali menyang tekan Kasultanan Demak maneh.

Satekane wewengkon kasultanan Demak. Kayu-kayu jati iku banjur wiwit digarap kanggo mbangun masjid.

Akeh sing ngrasa nggumun karo apike kayu jati saka alas Donoloyo. Mung emane wektu iku ana kayu siji kang rada aneh wujude.

Senajan wujude gedhe, kayune ora lurus kaya kayu jati liyane. Merga wujude kang beda tinimbang kayu jati liyane.

Banjur para tukang lan para wong sing nonton proses pembangunan Masjid Agung Demak akeh sing maido lan ngilokna kasebut kanthi tetembungan kang ora pantes.

Menawa wae, merga rumangsa dipaido lan dielek-elek merga wujude ora sampurna. Kayu jati iku banjur mabur lan bali maneh menyang alas Donoloyo.

Tekan saiki kayu jati iku isih ana lan manggon ing satengahe alas Donoloyo. Warga sakiwa tengene alas donoloyo ngarani kayu kaseut kanthi sebutan Mbah Jegot.

(Pada masa awal berdirinya Kesultanan Demak, Raden Patah yang merupakan sultan pertama di Kesultanan Demak ingin membangun sebuah masjid besar untuk umatnya berdoa.

Untuk mewujudkan ambisinya, Sultan Demak mengutus sembilan wali untuk mencari kayu jati di Hutan Donoloyo di daerah Wonogiri.

Setelah perintah diterima, sembilan wali pergi ke hutan donoloyo.

Sesampainya di sana, para wali mendatangi Ki Ageng Donoloyo. Menurut cerita Ki Ageng Donoloyo adalah pemilik hutan Donoloyo.

Selesai menjelaskan maksud dan tujuan ke hutan Donoloyo. Kesembilan wali tersebut diperbolehkan mencari kayu jati yang mereka sukai dan dianggap layak untuk membangun masjid demak.

Ketika sunan-sunan lainnya mencari pohon yang besar dan lurus, Sunan Kalijaga justru mengumpulkan sisa kayu wali lainnya.

Sisa-sisa kayu yang disebut tatal dikumpulkan dan disusun hingga menjadi seperti semula. Ceritanya setelah mengucapkan terima kasih sudah diperbolehkan mencari kayu jati. Para wali kembali lagi ke Kesultanan Demak.

Tiba di Kesultanan Demak. Kayu jati tersebut kemudian mulai dikerjakan untuk membangun masjid.

Banyak yang kagum dengan keindahan kayu jati dari hutan Donoloyo. Hanya saat itu ada satu kayu yang bentuknya agak aneh.

Meski bentuknya besar, kayunya tidak lurus seperti kayu jati lainnya. Karena memiliki bentuk yang berbeda dari kayu jati lainnya.

Lalu para tukang bangunan dan masyarakat yang menyaksikan proses pembangunan Masjid Agung Demak banyak sekali para mengkritiknya dengan kata-kata yang tidak senonoh.

Merasa sedang diejek dan diolok-olok karena mereka tidak sempurna, kayu jati tersebut kemudian terbang menjauh dan kembali ke hutan Donoloyo.

Hingga kini kayu jati tersebut masih ada dan hidup di tengah hutan Donoloyo. Masyarakat sekitar hutan donoloyo menyebut kayu itu sebagai Mbah Jegot).

Contoh 2 

Sangkuriang

Ing kono ana wanita ayu jenenge Dayang Sumbi. Dheweke duwe putra lanang sing jenenge Sangkuriang.

Ing sawijining dina Sangkuriang lunga amarga dheweke salah. Sawise puluhan taun dheweke bali.

Nalika bali, dheweke weruh Dayang Sumbi lan kepengin omah-omah. Dheweke ora ngerti manawa wanita iki ibune.

Dayang Sumbi, sing ngerti manawa Sangkuriang iku putrane, nolak. Nanging, Sangkuriang tetep negesake.

Dayang Sumbi uga menehi katrangan kanggo nggawe sendhang lan prau kanthi sewengi.

Nanging, Sangkurain gagal nglakoni. Dheweke uga nendhang prau kasebut dadi gunung sing saiki dikenal kanthi jeneng Tangkuban Perahu.

(Ada seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Ia memiliki seorang putra bernama Sangkuriang.

Suatu hari Sangkuriang pergi karena salah. Setelah puluhan tahun dia kembali.

Ketika dia kembali, dia melihat Dayang Sumbi dan ingin menikahinya. Dia tidak tahu bahwa wanita ini adalah ibunya.

Dayang Sumbi yang mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya menolak. Namun, Sangkuriang bersikeras.

Dayang Sumbi pun memberikan petunjuk untuk membuat danau dan perahu dalam satu malam.

Namun, Sangkurain gagal melakukannya. Ia pun menendang perahu itu hingga menjadi sebuah gunung yang kini dikenal sebagai Tangkuban Perahu).

Contoh 3 

Danau Toba

Ing sawijining dina ana wong lanang jenenge Toba. Dheweke ora duwe kulawarga, mula dheweke mung nyukupi dhahar iwak ing kali Toba.

Kacarita nalika mancing, Toba entuk iwak gedhe. Nanging, dheweke kaget amarga iwak mau malih dadi wanita ayu.

Toba uga mutusake omah-omah karo wanita kasebut. Kahanan kasebut yaiku Toba kudu njaga rahasia identitas wanita kasebut.

Sawise omah-omah, dheweke dikaruniai putra sing jenenge Samosir.

Samosir dijaluk ngirim panganan menyang bapake. Nanging, dheweke ora sengaja ngrampungake amarga luwe.

Kanthi emosi, Toba mbuwang panganan lan sumpah kanthi ujar manawa Samosir minangka iwak.

Samosir nangis lan matur marang ibune. Ibune, sing nesu nesu, marang Samosir supaya munggah gunung lan ngenteni ing kana.

Dumadakan banyu metu saka panggonane garwane. Toba terus mulih lan ing endi ngadeg Samosir wis dadi pulau cilik. Danau Toba karo sawijining pulau cilik sing diarani Samosir ing tengah tlaga.

(Suatu hari ada seorang pria bernama Toba. Ia tidak memiliki keluarga, sehingga ia hidup hanya dengan mencari ikan di sungai Toba.

Dikisahkan saat sedang memancing, Toba mendapatkan ikan besar. Namun, dia terkejut karena ikan itu berubah menjadi wanita cantik.

Toba pun memutuskan untuk menikahi wanita tersebut. Syaratnya, Toba harus merahasiakan identitas perempuan tersebut.

Setelah menikah, ia dikaruniai seorang putra bernama Samosir.

Samosir diminta untuk mengirimkan makanan kepada ayahnya. Namun, dia tidak sengaja menghabiskannya karena dia lapar.

Karena emosi, Toba membuang makanannya dan bersumpah dengan mengatakan bahwa Samosir adalah seekor ikan.

Samosir menangis dan memberitahu ibunya. Ibunya yang geram menyuruh Samosir naik gunung dan menunggu di sana.

Tiba-tiba air keluar dari tempat istrinya. Toba terus pulang dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil. Danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir di tengah danau).

Baca Juga: Dongeng Bawang Merah Bawang Putih: Cerita Rakyat yang Penuh Pesan Moral

Contoh 4 

Asal-usul Desa Mirigambar

Ing jaman biyen ana salah siji prajurite Pangeran Diponegoro kang mlayu ngetan parane merga dioyak pasukan Walanda.

Kocape crita, prajurit mau teka dhaerah Tulungagung sisih kidul kang wektu iku isih wujud alas gung liwang liwung.

Saking kesele prajurit mau leren lungguh semendhe ing sawijining wit miri kang gedhe banget.

Nalika enak-enak leren. Prajurit mau weruh sesawangan kang nggumunake. Ing sacedhake anggene lungguh.

Prajurit mau weruh ana tumpukan watu kang kapendhem lemah. Anehe, tumpukan watu kang kapendhem lemah iku ana gambare kang werna-werna.

Kegawa rasa pengin ngertenine prajurit mau banjur ngadeg lan nyoba ndhukiri lemah kang ngurug tumpukan watu kasebut.

Saiba kagete nalika lemah kang ngurug tumpukan watu kasebut disisihake. Pranyata tumpukan watu sing ana ngarepe mujudake sisa-sisa candhi tinggalan jaman kawuri.

Sesawangan kang ana ing ngarepe iku nduweni penganggep yen papan sing ditekani iku ing jaman biyene mujudake sawijing desa makmur kang wis ditinggalake pendhudhuke.

Ing perangan liya, prajurit mau ngrasa ayem atine manggon ing papan kasebut.

Sanalika tuwuh pepinginane prajurit mau kanggo babad alas ing dhaerah kono. Cekake crita prajurit mau banjur nindakake babad alas ing dhaerah kono.

Sarehne wektu sepisanan teka ing dhaerah kono dheweke weruh ana gambar ing sangisore wit miri kang gedhe banget. Dheweke banjur nengeri dhaerah mau kanthi tetenger Mirigambar.

Wektu terus lumaku. Lan papan kang dibabad dening prajurite pangeran diponegoro mau dadi sawijining desa kang sacara administrasi klebu wewengkone kecamatan Sumbergempol, kabupaten Tulungagung.

Ngenani sapa jenenge prajurit sing babad alas mau akeh versine. Salah sijine ana kang nyebutake prajurit mau pinaringan asma Mbah Margono.

Miturut crita, Mbah Margono manggon ing Mirigambar nganti tekan sedane.

(Suatu ketika ada salah seorang prajurit Pangeran Diponegoro yang melarikan diri karena dikejar pasukan Belanda.

Menurut cerita, prajurit itu datang ke daerah Tulungagung di selatan yang saat itu masih berupa hutan gung liwang liwung.

Prajurit itu kelelahan dan duduk di pohon miri yang sangat besar.

Ketika itu ia memutuskan untuk beristirahat. Prajurit itu melihat pemandangan yang menakjubkan. Dia duduk di dekatnya.

Prajurit itu melihat setumpuk batu terkubur di tanah. Anehnya, tumpukan batu yang terkubur di tanah itu memiliki gambar yang berwarna-warni.

Dengan rasa ingin tahunya prajurit itu lalu berdiri dan mencoba menggali tanah tempat tumpukan batu itu.

Prajurit terkejut ketika tanah yang menutupi tumpukan batu disingkirkan. Tumpukan batu di depannya ternyata merupakan sisa-sisa candi dari zaman Kawuri.

Pemandangan di depannya memiliki kesan bahwa tempat yang dikunjunginya dulunya adalah desa makmur yang ditinggalkan oleh penduduknya.

Di bagian lain, prajurit itu merasakan ketenangan pikiran tinggal di tempat itu.

Segera muncul keinginan prajurit untuk membabat hutan di daerah itu. Singkatnya, prajurit tersebut kemudian membabat hutan itu.

Sejak pertama kali datang ke daerah itu, ia melihat sebuah lukisan di bawah pohon miri yang sangat besar. Dia kemudian menandai area tersebut dengan Mirigambar.

Waktu terus berlalu dan tempat yang dibabat oleh prajurit Pangeran Diponegoro itu menjadi sebuah desa yang secara administratif termasuk dalam wilayah kecamatan Sumbergempol, kabupaten Tulungagung.

Ada banyak versi tentang nama prajurit yang mencatat hutan tersebut. Salah satunya menyebutkan prajurit itu diberi nama Mbah Margono.

Menurut cerita, Nenek Margono tinggal di Mirigambar sampai meninggal).

Contoh 5

Malin Kundang

Ing pinggir pantai, urip ibu karo anake sing jenenge Malin Kundang.

Ing sawijining dina, Malin mutusake arep menyang kutha. Dheweke pengin nulungi ibune sing wis tuwa.

Kanthi ati sing abot, ibune ngeculake Malin. Wis pirang-pirang taun kepungkur, Malin ora nate mulih.

Nganti sawijining dina ana kapal gedhe teka. Warga sing weruh iki nglaporake ibune Malin.

Dheweke ujar manawa wong sing nggawa kapal gedhe kasebut Malin. Ibu menyang pantai.

Nalika ndeleng bocah kasebut, dheweke banjur nyeluk anake. Nanging, Malin ora gelem ngaku yen wanita tuwa kuwi ibune.

Kuciwo karo polah Malin marang dheweke. Ibu ndonga lan ngipat-ipati Malin Kundang supaya watu.

(Di pantai, tinggal seorang ibu bersama anaknya bernama Malin Kundang.

Suatu hari, Malin memutuskan untuk pergi ke kota. Dia ingin membantu ibunya yang sudah tua.

Dengan berat hati, ibunya melepaskan Malin. Bertahun-tahun berlalu, Malin tidak pernah pulang.

Hingga suatu hari sebuah kapal besar datang. Warga yang melihat hal tersebut melaporkan ibu Malin.

Ia mengatakan bahwa orang yang membawa kapal besar itu adalah Malin. Ibu pergi ke pantai.

Ketika dia melihat bocah itu, dia memanggil putranya. Namun Malin menolak untuk mengakui bahwa wanita tua itu adalah ibunya.

Kecewa dengan sikap Malin terhadapnya. Ibu berdoa dan mengutuk Malin Kundang menjadi batu).

Contoh 6 

Keong Mas

Wis setaun suwene mangsa ketiga dialami desa Dhadapan. Krana kuwi uripe warga katula-tula, akeh lelara lan dadi larang pangan. Ing Dhadapan ana wadon tuwa sing lola tanpa dulur, yaiku mbok Randha. Kanggo nyambung uripe, mbok Randha luru krowodan ing alas kewan sabendinane.

Kewan kali kang nyisa ing sawedhing mbebegan. Sanajan kahanan kaya mangono nanging dheweke ora nggresula. 

“Duh Gusthi paringana pepajar ing desa kula mugimugi inggal kalis saking prahara punika.”

Sawijining esuk, mbok Randha golek panganan ing alas. Nalika lagi milang-miling weruh cumlorot cahya saka sak tengahing kali kang asat.

“Kok cumlorot kaya emas, cahya apa kuwi?” ing atine tuwuh pitakon, banjur mbok Randha nyedaki sumber cahya mau. Bareng dicedaki jebul sawijining keong Mas kang nyungsang ing antara watuwatu kali. Keong banjur digawa mulih tekan ngomah dicemplungake genthong.

Mbok Randha menyang alas kaya biyasane, nanging nasibe lagi apes, urung entuk krowodan nganti meh surup, dheweke banjur mulih ngelanthung ora entuk opo-opo.

Sawise leyeh-leyeh ing emperan dheweke menyang pawon menawa wae ana krowodan kang bisa ganjel weteng kang luwe. Mbok Randha kami tenggengen amrgi ngerti panganan kang ana ing pawone. Sopo sing ngeteri panganan kuwi, ing batine kebak pitakon. Sebab mulih saka alas, pawone mbok Randha wis cumepak panganan, mengkono iku kedadeyan ing saben dina. Sawijining dina kanthi sesideman, mbok Randha ndedepi sapa tho wong kang mlebu ing pawone.

Keong Mas mau metu saka genthong lan malih dadi putri kang ayu. Mbok Randha kaget ora kinara. Saben ditinggal lunga mbok Randha, Keong Mas mau malih wujud. Mbok Randha banjur nakoni sapa sejatine putri kang ayu kuwi.

“Nduk wong ayu sliramu iki sapa kok nganti kedarangdarang ing alas lan jilmo Keong Mas?”

“Yung aku iki garwane Raja ing Jenggala, Raja Inukerta, aranku Candrakirana”

“Lho kok bisa dadi Keong Mas lan awakmu bisa tumeka ing alas Dhadapan kuwi larah-larahe kepiye tho cah ayu?”

Banjur, Dewi Candrakirana njlentrehake menawa ing sawijining dina dicidra Raja Jin Sakti kang kareb ngepek garwa. Ananging dheweke wegah, ora gelem nuruti karepe Jin. Jin muntab, Dewi Candrakirana sinebda dadi Keong Mas banjur diguwang adoh saka kraton Jenggala menyang kali.

Tujuane supaya ora bisa ketemu karo garwane Candrakirana, Raja Inukerta. Anehing kahanan ana ing nalikane kali kecemplungan Keong Mas banyune dadi garing, kaline asat. Asate banyu iku mau kang njalari Keong Mas nyungsang ing watu-watu nganti nemahi tiwas. Bejane ditemu, akhire banjur diopeni Mbok Randha Dhadapan.

(Desa Dhadapan telah mengalami musim ketiga selama setahun. Karena itu, kehidupan masyarakatnya sengsara, banyak penyakit dan makanan menjadi mahal. Di Desa Dhadapan hidup seorang wanita tua yatim piatu tanpa saudara kandung, yaitu Mbok Randha. Demi menyambung hidupnya, Mbok Randha berlari liar di hutan setiap hari.

Hewan sungai yang tertinggal di sungai. Meskipun situasinya seperti itu, dia tidak mengeluh. 

"Ya Tuhan, beri aku kedamaian di desaku agar aku bisa selamat dari badai ini."

Suatu pagi, Randha sedang mencari makanan di hutan. Ketika dia melihat sekeliling, dia melihat kilatan cahaya dari tengah sungai.

"Kenapa bersinar seperti emas, cahaya macam apa itu?" sebuah pertanyaan muncul di hatinya, lalu Mbok Randha melihat ke arah sumber cahaya. Saat didekati, ternyata seekor keong emas tergeletak di antara bebatuan sungai. Keong itu kemudian dibawa kembali ke rumah dan diletakkan ke dalam periuk.

Mbok Randha pergi ke hutan seperti biasa, tetapi nasibnya kurang beruntung, dia tidak mendapatkan apa-apa sampai hampir matahari terbenam, jadi dia pulang dengan kelelahan dan tidak mendapatkan apa-apa.

Setelah bersantai di beranda, dia pergi ke dapur untuk melihat apakah ada makanan untuk mengisi perutnya yang lapar. Mbok Randha senang karena dia tahu ada makanan di dapurnya. Siapa yang mengantar makanan itu, hatinya penuh dengan pertanyaan. Ketika dia kembali dari hutan, dapur Mbok Randha penuh dengan makanan, ini terjadi setiap hari. Ngomong-ngomong, suatu hari, Mbok Randha menghadapi siapa pun yang memasuki dapurnya.

Keong Mas keluar dari pohon dan berubah menjadi seorang putri cantik. Mbok Randha terkejut. Setiap Mbok Randha pergi, Keong Mas berubah wujud. Mbok Randha kemudian bertanya siapa sebenarnya putri cantik itu.

"Siapa kamu cantik? Mengapa kamu berada di hutan dan menjelma menjadi Keong Mas?"

“Saya istri Raja Jenggala, Prabu Inukerta, nama saya Candrakirana”

"Aku ingin tahu mengapa kamu bisa menjadi Keong Mas dan kamu bisa datang ke hutan Dhadapan. Bagaimana kabarmu, gadis cantik?"

Kemudian, Dewi Candrakirana menjelaskan bahwa suatu hari ia dikhianati oleh Raja Jin Sakti yang ingin menjamahhnya. Namun ia enggan, ia tidak mau menuruti keinginan Jin. Jin muntab, Dewi Candrakirana dikutuk menjadi Keong Mas kemudian dibuang dari Keraton Jenggala ke sungai.

Tujuannya agar tidak bisa bertemu suami Candrakirana, Raja Inukerta. Anehnya, saat sungai Keong Mas banjir, airnya jadi kering, sungainya kering. Air itulah yang menyebabkan Keong Mas merangkak di bebatuan hingga hampir mati. Untunglah ia ditemukan, dan akhirnya dirawat oleh Mbok Randha Dhadapan).

Contoh 7 

Asal-usul Desa Pandantoyo

Senajan Pangeran Diponegoro kasil diasingake menyang Manado. Nanging pihak Walanda isih ngrasa durung marem.

Pihak Walanda pengin kabeh pengikute Pangeran Diponegoro dirangket lan diukum sing abot banget. Tujuane supaya ora maneh wong Jawa sing wani nglawan Walanda.

Gara-gara kahanan iki akeh banget prajurite Pangeran Walanda sing padha mlayu menyang dhaerah wetane Mataram.

Rancake para prajurit mau padha singidan ing papan kang angker lan gawat. Tujuane supaya ora ana wong sing wani ngoyak playune.

Sawetara prajurite Pangeran Diponegoro kang mlayu mengetan yaiku Mbah Tondo Mantri lan Mbah Seleh Raga.

Pawongan loro iku dicritakake mujudake prajurit kang sekti mandraguna lan pinter gawe siasat perang.

Merga terus dioyak pihak Walanda, Mbah Seleh Raga lan Mbah Tondo Mantri singidan ing sawijining alas kang cedhak karo gunung Kelud.

Playune Mbah Seleh Raga lan Mbah Tondo Mantri iki ora mung kanggo ngendhani pihak Walanda. Nanging uga kanggo golek papan urip kang anyar.

Sawise mlaku pirang-pirang dina. Mbah Seleh Raga ngrasa kesel lan ngelak banget. Piyambake banjur lungguh sumendhe ing sawijining wit kang gedhe banget.

Nalika lungguh kuwi, tanpa sengaja Mbah Seleh Raga weruh yen cedhak saka papan lungguhe iku ana sendhang kang banyune bening banget.

Kegawa rasa ngelake kang banget. Mbah Seleh Raga banjur langsung ngombe nganggo banyu sendhang kuwi.

Sawise rasa ngelake suda. Mbah Seleh Raga banjur tumenga menyang ndhuwur. Sanalika piyambake kaget jalaran wit sing disendheni mau jebul wit pandan kang gedhe banget.

Sawise ngombe banyu sendhang, Mbah Seleh Raga ngrasa pikantuk wisik. Isine wisik yaiku ngakon supaya Mbah Seleh Raga lan Mbah Tondo Mantri manggon ing papan kasebut.

Merga Mbah Seleh Raga lan Mbah Tondo Mantri padha ngrasakake ayem atine nalika leren ing papan kono.

Mbah Seleh Raga lan Mbah Tondo Mantri banjur babad alas papan kasebut. Sawise babad alas dening Mbah Seleh Rogo papan kasebut diwenehi tenger Pandantoyo.

Jeneng iki dijupuk saka kedadeyan sepisanan kang Mbah Seleh Raga alami nalika tekan papan kasebut. Piyambake ngerti ana sendhang ing sangisore wit pandhan kang gedhe banget.

(Meski Pangeran Diponegoro berhasil diasingkan ke Manado. Namun pihak Belanda masih belum puas.

Belanda menginginkan semua pengikut Pangeran Diponegoro ditangkap dan dihukum seberat-beratnya. Tujuannya agar orang Jawa tidak berperang melawan Belanda.

Karena situasi ini, banyak tentara Pangeran Belanda yang pergi ke bagian timur Mataram.

Jajaran prajurit bersembunyi di tempat yang angker dan berbahaya. Tujuannya agar tidak ada yang berani mengejar permainannya.

Beberapa prajurit Pangeran Diponegoro yang berlari ke timur adalah Mbah Tondo Mantri dan Mbah Seleh Raga.

Kedua orang tersebut disebut-sebut sebagai pendekar yang ahli dalam pertempuran dan pandai membuat taktik perang.

Karena dikejar Belanda, Mbah Seleh Raga dan Mbah Tondo Mantri bersembunyi di hutan dekat gunung Kelud.

Permainan Mbah Seleh Raga dan Mbah Tondo Mantri tak hanya untuk menghindari kubu Belanda. Tapi juga untuk mencari tempat tinggal baru.

Setelah berjalan berhari-hari. Mbah Seleh Raga merasa lelah dan sangat haus. Dia kemudian duduk di pohon yang sangat besar.

Saat duduk di sana, Mbah Seleh Raga tanpa sengaja melihat ada sebuah danau dengan air yang sangat jernih di dekat tempatnya duduk.

Dia merasa sangat haus. Nenek Seleh Raga segera meminum air dari telaga tersebut.

Setelah rasa haus mereda. Nenek Seleh Raga lalu mendongak. Seketika ia terkejut karena pohon tempat ia bersandar ternyata adalah pohon pandan yang sangat besar.

Setelah meminum air telaga tersebut, Mbah Seleh Raga merasakan mendapatkan surat. Isi dari surat tersebut adalah agar Mbah Seleh Raga dan Mbah Tondo Mantri dapat tinggal di tempat tersebut.

Karena Eyang Seleh Raga dan Eyang Tondo Mantri merasakan ketenangan jiwa saat beristirahat di tempat tersebut.

Mbah Seleh Raga dan Mbah Tondo Mantri lalu membabat hutan itu. Setelah membabat hutan oleh Mbah Seleh Rogo, tempat itu diberikan nama Pandantoyo.

Nama ini diambil dari kejadian pertama yang dialami Mbah Seleh Raga saat tiba di tempat tersebut. Dia tahu ada danau di bawah pohon pandan yang sangat besar).

Baca Juga: 6 Contoh Geguritan Bahasa Jawa tentang Sekolah Lengkap dengan Artinya

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm